10 Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air Saat Berenang

by

Telinga kemasukan air saat berenang biasanya menyebabkan infeksi saluran telinga luar. Hal ini terjadi dalam tabung yang menghubungkan pembukaan telinga pada gendang telinga. Secara medis, hal ini dikenal sebagai otitis externa.

Air yang tersisa di dalam saluran telinga setelah berenang, atau mandi menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri, yang merupakan penyebab utama infeksi telinga luar. Hal ini juga dapat disebabkan oleh jamur atau virus tetapi yang kurang umum.

10 Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air Saat Berenang
Penyebab lainnya bisa jadi karena pembersihan agresif dari kanal telinga, penggunaan berlebihan headphone atau alat bantu dengar, dan alergi atau iritasi dari pewarna perhiasan, hair spray atau rambut. Gejala ringan dari telinga yang kemasukan cairan termasuk pembengkakan, kemerahan, rasa sakit atau ketidaknyamanan, nanah atau debit cairan, gatal dan pendengaran teredam.

Perkembangan sedang atau lanjutan dari infeksi dapat menyebabkan sakit parah di wajah, kepala atau leher bersama dengan gatal lebih intens, kemerahan lebih luas di telinga, penyumbatan saluran telinga, pembengkakan kelenjar getah bening dan demam. Infeksi ini tidak menular, dan biasanya itu bukan masalah serius jika segera diobati.

Namun, keterlambatan dalam pengobatan dapat menyebabkan komplikasi, seperti kurangnya pendengaran, infeksi jangka panjang, infeksi jaringan dalam, dan kerusakan tulang rawan.

Untuk infeksi ringan, ada banyak pengobatan rumah sederhana yang dapat membantu mengurangi infeksi dan memungkinkan saluran telinga untuk sembuh. Berikut adalah 10 solusi untuk mengatasi telinga kemasukan air saat berenang.

1. Cuka putih

Cuka putih adalah salah satu solusi yang paling efektif untuk telinga yang kemasukan air. Sifat asam sedikit membantu melawan infeksi dengan membersihkan telinga dan menghilangkan jejak bakteri.

2. Tetap jaga telinga agar kering

Baik itu debit telinga atau infeksi berat, penting untuk menjaga telinga Anda sekering mungkin. Kelembaban di telinga akan berfungsi sebagai tempat berkembang biak bagi bakteri. Untuk melawan infeksi, penting untuk menjaga pertumbuhan bakteri tetap di cek.

Setelah paparan uap air dari berenang atau mandi, keringkan telinga Anda secara menyeluruh dengan handuk atau kain halus. Miringkan kepala Anda ke samping untuk membantu mengalirkan air dari saluran telinga Anda.

3. Kompres hangat

Jika ada tanda-tanda pembentukan nanah atau debit cairan dari telinga yang terinfeksi, cobalah kompres hangat. Panas akan mempromosikan aliran cairan dan mengurangi rasa sakit. Rendam kain lap dalam air panas dan peras kelebihan air.

Tempatkan kain lap lembab di atas telinga yang terinfeksi selama 2 menit, kemudian miringkan kepala Anda untuk mempromosikan drainase cairan. Ambil istirahat selama 10 menit dan ulangi proses yang diperlukan.

4. Hidrogen peroksida

Obat lain yang efektif yang dapat Anda coba di rumah adalah hidrogen peroksida. Antibakteri alami ini membantu mengeringkan cairan di telinga dan menghilangkan infeksi.

5. Bawang putih

Bawang putih adalah obat yang baik untuk melawan infeksi telinga. Sifat antimikroba dan kualitas penghilang rasa sakit alami membantu membunuh bakteri dan bertanggung jawab untuk infeksi dan mengurangi rasa sakit yang terkait dengan itu.

6. ASI

Penggunaan ASI adalah obat populer untuk infeksi telinga. Antibodi alami di dalamnya membantu melawan infeksi dengan cepat. ASI ini juga meredakan pembengkakan dan nyeri.

7. Jus bawang

Jus bawang adalah pilihan pengobatan yang baik. Jus bertindak sebagai disinfektan yang efektif dan memberikan bantuan dari rasa sakit dalam waktu singkat setelah digunakan.

8. Daun kemangi

Sifat antibiotiknya membantu melawan infeksi dan memberikan bantuan dari rasa sakit. Hal ini juga baik untuk mengobati debit cairan.

9. Hindari makanan yang sebabkan dahak

Untuk mengurangi nanah dan debit cairan, penting untuk mengawasi diet Anda dan menghilangkan makanan yang dapat memproduksi dahak. Makanan seperti itu dapat memperburuk kondisi dan menunda proses penyembuhan.

10. Humidifier

Humidifier dapat membantu banyak ketika menderita infeksi telinga serta infeksi saluran pernapasan atas. Kelembaban rendah dapat memperburuk infeksi telinga tengah dengan menyebabkan pembengkakan hidung dan mengurangi ventilasi dari tabung Eustachian. Hal ini dapat meningkatkan sekresi cairan. Untuk membantu mengurangi masalah ini, menempatkan humidifier di kamar tidur Anda.

Baca juga:

(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • cara mengeluarkan air dari telinga setelah berenang
  • cara mengeluarkan air dari kuping setelah berenang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *