10 Gaya Hidup Buruk yang Dapat Memperpendek Usia

by

Anda mungkin sering mendengar ungkapan, ‘Jodoh, umur, dan rezeki itu di tangan Tuhan.’ Pepatah tersebut memang ada benarnya. Namun jika Anda tidak mengupayakan kesehatan Anda sendiri, penyakit akan mudah datang dan efek terburuknya usia Anda tidak akan berlangsung lama.

10 Gaya Hidup Buruk yang Dapat Memperpendek Usia
Orang dengan usia yang panjang biasanya punya gaya hidup yang sehat. Gaya hidup tersebut tidak dilakukan sekali atau dua kali, melainkan setiap hari sejak usia dini. Selain itu, mereka biasanya menghindari kebiasaan negatif yang berpotensi memperpendek usia. Apa saja itu?

Nah, agar Anda tak semakin penasaran, berikut ini adalah 10 gaya hidup yang rupa-rupanya berpotensi besar untuk memperpendek umur Anda, yang bahkan mungkin tak Anda sadari sebelumnya.

1. Isolasi sosial 

Apakah Anda punya kepribadian introvert atau orang pemalu? Kepribadian memang tidak bisa diubah secara instan. Kendati begitu, Anda harus bisa tetap bersosialisasi dengan orang lain. Para ahli mengatakan kurangnya hubungan sosial dapat merusak umur Anda sama seperti merokok atau minum minuman beralkohol. 
Baca juga: 10 Penyebab Wajah Terlihat Tua di Usia Muda

Para peneliti juga percaya kehidupan sosial yang lebih kuat menawarkan manfaat seperti dukungan sosial, pengaruh sosial, keterlibatan sosial, kontak interpersonal dan akses ke sumber daya keuangan dan kesehatan. Efek yang tidak hanya kuat, tetapi mereka cenderung bertahan lama.

2. Tidak ada se/ks 

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam British Medical Journal, orang yang melakukan hubungan se/ks sekali dalam sebulan memiliki dua kali lipat tingkat kematian dibandingkan mereka yang tidak melakukannya.

Manfaat lainnya sangat banyak. Diantaranya membakar kalori, meningkatkan denyut jantung dan merilis mood baik yang menenangkan tubuh dan pikiran. Se/ks juga membantu menurunkan tekanan darah, sehingga lebih rendah.

3. Perilaku ugal-ugalan 

Kebanyakan orang tidak mengelilingi diri mereka dengan ketenangan. Terkadang mereka menyentak berperilaku kasar, perilaku ugal-ugalan dan tidak menghormati orang lain. Para peneliti mengatakan bahwa orang yang ugal-ugalan dan ceroboh benar-benar memperpendek umur mereka sendiri. Itu sebabnya kecelakaan lalu lintas menjadi salah satu penyebab terbesar kematian di dunia.

4. Kurang tidur 

Menurut penelitian, halusinasi dapat ditemukan melayang di kamar tidur mereka yang memiliki kesulitan tidur. Dalam rangka untuk berfungsi pada tingkat optimal, Anda harus mendapatkan setidaknya 7-8 jam tidur setiap malam.

Kurang tidur juga dapat menurunkan fungsi kekebalan tubuh, peningkatan penyakit jantung, tekanan darah tinggi, berat badan dan diabetes, yang semuanya terkait dengan angka kematian.

5. Terlalu lama duduk 

Jika Anda duduk selama lebih dari tiga jam sehari, Anda bisa mengurangi umur Anda kira-kira dua tahun, menurut sebuah studi penelitian yang dipublikasikan dalam British Medical Journal. Duduk meningkatkan kemungkinan kanker, penyakit jantung dan tekanan darah tinggi, yang dapat menyebabkan usia yang lebih pendek.

6. Tidak tertawa 

Para peneliti belum menyimpulkan mengapa hal ini dapat berpotensi memperpendek umur, tetapi tertawa sebenarnya adalah obat yang terbaik, atau setidaknya yang termurah untuk awet muda.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Cardiology mengungkapkan bahwa kecenderungan untuk tertawa dapat melindungi individu dari penyakit jantung. Tertawa juga menurunkan stres, meningkatkan aliran tekanan darah, memberikan energi organ dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

7. Melewatkan sarapan 

Makan berlebihan meningkatkan kemungkinan obesitas, penyakit jantung, stroke dan kanker. Penelitian telah menemukan bahwa orang-orang yang tidak makan sarapan lebih cenderung memiliki masalah berat badan. Kenapa? Tidak makan sarapan mempengaruhi metabolisme. Kebiasaan ini juga dapat menyebabkan cenderung makan camilan asin dan berlemak.
Simak juga: 10 Makanan Ini Tak Baik Dijadikan Menu Sarapan

8. Minum minuman beralkohol

Menurut National Health Service, konsumsi alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan hati, serangan jantung, kehilangan kesuburan, kanker dan tekanan darah tinggi. Jika Anda ingin umur Anda panjang, hindari minuman beralkohol.

9. Takut mati 

Takut mati ternyata malah memperpendek usia. Para peneliti melaporkan bahwa memegang ketakutan akan kematian dikaitkan dengan memperpendek hidup pasien kanker.

10. Pensiun dini

Penelitian mengatakan pensiun dini dapat mempersingkat hidup Anda. Ketika Anda tidak lagi memiliki tenggat waktu mengerjakan sesuatu, tingkat stres Anda menurun dan tubuh Anda mulai untuk mematikan beberapa fungsi dan kebiasaan. Jadi, jika Anda kebetulan untuk pensiun dini, pastikan Anda tetap aktif, baik secara pikiran maupun fisik. 

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *