10 Kebiasaan yang Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh

by

Apakah Anda sering mengalami pilek atau sakit-sakitan? Jika i ya, kemungkinan besar sistem kekebalan tubuh Anda sedang dalam kondisi lemah. Sistem kekebalan tubuh atau imunitas melibatkan banyak struktur biologis dan proses dalam tubuh Anda.

10 Kebiasaan yang Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh
Ketika berfungsi dengan baik, sistem imun membantu melawan mikroba atau organisme berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit dan infeksi. Inilah manfaat dan tugas utama sistem pertahanan tubuh Anda. Sistem kekebalan tubuh yang lemah membuat tubuh tak berdaya melawan kuman dan bakteri. Alhasil, Anda lebih rentan terhadap penyakit.

Setiap orang sebenarnya lahir dengan berbagai tingkat kekebalan. Beberapa memiliki sistem kekebalan tubuh lebih kuat daripada yang lain. Namun faktor lingkungan serta kebiasaan tertentu ternyata memiliki peran terhadap kekuatan sistem imun Anda. Berikut 10 kebiasaan berbahaya yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda.

1. Mengonsumsi minuman beralkohol

Minum minuman beralkohol memiliki efek merusak pada sistem kekebalan tubuh Anda. Alkohol dapat menghancurkan sel-sel antibodi Anda yang diperlukan untuk melawan sel yang terinfeksi oleh virus. Plus, menjadi agen dehidrasi, yaitu agen yang mengekstrak air dari sel, menyebabkan sel akhirnya mati.

2. Merokok dan paparan asap rokok

Menghirup asap, baik dari tembakau atau pembakaran kayu, memiliki dampak langsung pada fungsi kekebalan tubuh Anda. Asap rokok meningkatkan produksi berbagai sitokin pro-inflamasi dan bahkan meningkatkan reaksi hipersensitivitas imun. Bahan kimia berbahaya dalam asap rokok melemahkan pertahanan bawaan terhadap patogen dan mempromosikan autoimunitas.

3. Menghindari sinar matahari

Berlebihan terpapar sinar matahari memang berbahaya. Sinar ultraviolet (UV) dari sinar matahari dapat merusak kulit serta kesehatan Anda secara keseluruhan. Untuk alasan ini, banyak orang menghindari sinar matahari sepenuhnya.

Namun menghindari sinar matahari sama sekali juga berbahaya. Sinar matahari membantu membangun sistem kekebalan tubuh. Saat terkena sinar matahari, tubuh membuat vitamin D, yang diperlukan untuk berfungsinya sel T yang berkontribusi terhadap pertahanan kekebalan. Plus, vitamin D memainkan peran penting dalam metabolisme kalsium dan tulang.

4. Membawa emosi negatif

Emosi negatif, seperti stres, sedih, takut, marah dan khawatir, menurukan kekebalan sistem tubuh Anda. Ketika Anda stres, maka akan ada peningkatan kadar kortisol dalam tubuh. Kortisol mengubah respon sistem kekebalan tubuh serta menekan sistem pencernaan, sistem reproduksi dan proses pertumbuhan.

5. Mengabaikan kebersihan diri

Kurangnya menjaga kebersihan diri secara tidak langsung mempengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda. Gaya hidup yang tidak higienis mengekspos tubuh Anda terhadap kuman yang lebih berbahaya, sehingga membuat Anda rentan terhadap infeksi lebih dan penyakit.

6. Menggunakan makeup berlebihan

Kebanyakan orang menggunakan makeup dan produk kebersihan setiap hari. Beberapa dari produk ini, seperti sabun, lotion, sampo, kosmetik dan bahkan pasta gigi, adalah bahan tinggi racun dan bahan kimia berbahaya yang dapat melemahkan kekebalan Anda.

7. Kurang tidur

Karena gaya hidup yang sibuk, banyak orang mengabaikan pentingnya tidur, yang memiliki dampak langsung pada imunitas. Kurang tidur dikaitkan dengan fungsi sistem kekebalan tubuh yang berkurang. Karena pada saat tidur, tubuh Anda bekerja membersihkan dan membuang racun keluar dari tubuh.

8. Kurangnya aktivitas fisik

Jika Anda seorang yang tidak memasukkan segala bentuk latihan atau olahraga dalam rutinitas harian Anda, sistem kekebalan tubuh Anda pun tidak akan dapat bekerja secara optimal.

Olahraga sangat bagus untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Selama Anda berolahraga, aliran darah akan meningkat, yang mempromosikan proses pengeluaran limbah beracun dari tubuh Anda.

9. Kurangnya asupan air putih

Hidrasi yang tepat sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan serta kekebalan tubuh yang kuat. Tanpa air, tubuh dan kekebalan sistem anda tidak akan berfungsi dengan baik.
Simak juga: 10 Bahaya Dehidrasi Bagi Kesehatan

10. Penyalahgunaan antibiotik

Antibiotik adalah kunci dari pengobatan modern. Namun penyalahgunaan obat-obatan ini dapat menghasilkan efek samping yang tidak diinginkan, seperti sakit perut dan diare atau bahkan reaksi alergi. 
Baca juga: 8 Antibiotik Alami untuk Mengatasi Infeksi Bakteri

Sering menggunakan antibiotik yang tidak tepat dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh, bahkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Sebab penggunaan antibiotic dengan dosis yang tidak tepat justru memperkuat virus dan bakteri sehingga tubuh Anda rentan terhadap penyakit. 


(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *