10 Khasiat Ajaib Buah Tomat Untuk Kecantikan

by

Tomat adalah bahan sayuran pokok yang hampir selalu ada setiap hari di dapur. Konsumsi harian tomat berkhasiat meningkatkan kesehatan Anda. Tomat dapat membantu menyehatkan penglihatan, meningkatkan kesehatan pencernaan, menurunkan tekanan darah, mencegah infeksi saluran kemih dan melindungi terhadap penyakit kanker.

10 Khasiat Ajaib Buah Tomat Untuk Kecantikan
Tak hanya itu, selain meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, Anda dapat menggunakan buah ini sebagai perawatan kecantikan alami. Tomat mengandung tingkat tinggi lycopene, antioksidan kuat yang memiliki manfaat luar biasa bagi kulit.

Lycopene melindungi kulit dari sinar (UV) ultraviolet, sehingga menunda penuaan kulit dan melindungi terhadap kanker kulit. Tomat juga mengandung vitamin C dan A serta pendinginan dan sifat zat.

Oleh sebab itu, tak ada salahnya jika Anda mulai rutin memanfaatkan tomat sebagai ramuan untuk treatment kecantikan Anda. Berikut 10 manfaat kecantikan buah tomat.

1. Mengatasi jerawat

Tomat mengandung asam salisilat, yang efektif untuk mengobati jerawat. Asam salisilat membantu mengeringkan jerawat. Sifat zat tomat juga membantu menyerap kelebihan minyak dari kulit Anda, yang membantu mengurangi jerawat. Sebagai bonus tambahan, tomat memiliki sifat pemutih kulit alami yang dapat membantu meringankan bekas jerawat.

2. Mengecilkan pori-pori terbuka

Pori-pori besar menyediakan akses mudah ke kotoran dan debu, mereka meningkatkan peluang noda dan jerawat. Jika Anda memiliki pori-pori besar terbuka pada wajah Anda, gunakan tomat untuk mengecilkannya.

Tomat bekerja sebagai zat alami yang membantu mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori besar. Selain mengurangi ukuran pori-pori kulit, tomat juga dapat membantu meringankan bintik-bintik gelap untuk membuat kulit Anda terlihat lebih cerah dan lebih muda.

3. Mengontrol kelebihan sekresi minyak

Jika Anda memiliki kulit berminyak, Anda dapat mengelola sekresi minyak berlebih di wajah Anda dengan tomat. Tomat mengandung sifat mengurangi minyak dan zat alami yang membantu menghilangkan kelebihan minyak dari kulit Anda. Terlepas dari menghilangkan kelebihan minyak, tomat efektif dalam memerangi jerawat dan memudar noda.

4. Melindungi kulit dari bahaya sinar UV

Kandungan lycopene yang tinggi dalam tomat tidak hanya melindungi kulit Anda dari sinar matahari yang berbahaya, namun juga mendinginkan kulit dan menetralkan permukaan kulit. Sebuah studi tahun 2001 yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition melaporkan bahwa jus tomat melindungi terhadap bahaya sinar ultraviolet.

5. Menghapus noda

Noda dapat terjadi di manapun pada tubuh dalam bentuk perubahan warna kulit atau bintik hitam. Sekarang Anda dapat menghapus noda dengan mudah di rumah dengan menggunakan tomat. Tomat sangat efektif untuk mengobati noda yang disebabkan oleh pori-pori tersumbat karena sifat zat dan pencerah kulitnya.

6. Mencerahkan warna kulit

Tomat dianggap agen pemutihan alami dan sangat membantu dalam mencerahkan warna kulit. Selain itu, kandungan vitamin C mereka membantu produksi kolagen dan melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

7. Menghapus sel kulit mati

Sel-sel kulit mati yang menumpuk pada permukaan kulit dapat menghilangkan cahaya dari kulit Anda. Tomat dapat dengan mudah mengelupaskan sel-sel kulit mati, membuat kulit Anda jelas dan bercahaya.

8. Penundaan penuaan kulit

Properti antioksidan tomat mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh untuk menjaga kulit Anda tampak muda dan sehat. Anda juga harus menyertakan tomat dalam diet Anda. Menjadi sumber yang kaya lycopene, tomat membantu kulit Anda menyerap lebih banyak oksigen, yang menunda penuaan kulit dan membuatnya lebih rentan terhadap keriput.

9. Tomat untuk rambut berminyak

Sifat asam dari tomat membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala, yang penting untuk mengendalikan sekresi minyak berlebih. Bahkan membantu menyingkirkan bau busuk, yang merupakan gejala umum dari rambut berminyak.

10. Mendukung kesehatan rambut

Tomat bahkan dapat membuat rambut Anda terlihat lebih baik. Vitamin di dalamnya dapat membantu memperkuat rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Mereka membantu menyeimbangkan tingkat pH pada rambut Anda, yang penting untuk kesehatan rambut.

Baca juga:
(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *