10 Makanan Ini Baik Dikonsumsi Saat Musim Kemarau

by

Saat musim kemarau tiba, Anda akan mudah berkeringat dan haus. Hal itu disebabkan oleh kondisi lingkungan yang panas. Nah, untuk mencegah tubuh Anda mengalami dehidrasi, sangat dianjurkan untuk mencukup kebutuhan air putih.

Selain itu, mengonsumsi makanan dan buah-buahan yang tinggi cairan juga sangat disarankan ketika musim kemarau tiba. Dengan membuat pilihan makanan yang cerdas, Anda dapat menangkal masalah kesehatan yang disebabkan dehidarsi. Berikut adalah 10 makanan super yang baik Anda konsumsi di musim kemarau.

1. Semangka

Semangka adalah makanan pokok musim kemarau. Mengandung sekitar 92 persen air, semangka kontribusi untuk asupan cairan untuk membantu menjaga tubuh terhidrasi dengan baik. Dengan tetap terhidrasi, Anda dapat menyimpan memori Anda tetap tajam dan suasana hati Anda stabil.

Selain itu, semangka menyediakan banyak antioksidan termasuk vitamin A dan C dan lycopene, yang membantu mengurangi risiko komplikasi diabetes, penyakit jantung, kanker, tekanan darah tinggi, degenerasi makula dan arthritis.

2. Mentimun

Mentimun adalah makanan ideal yang berfungsi sebagai pendinginan tubuh saat musim kemarau. Buah ini memiliki kandungan air yang tinggi dan membantu menjaga tubuh Anda tetap segar. Enzim yang disebut erepsin ditemukan di mentimun membantu menjaga saluran usus tetap sehat.

Enzim ini berguna mencegah masalah pencernaan yang biasanya muncul saat kemarau. Mentimun juga mengandung vitamin C yang membantu melindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV) matahari dan mencegah keriput, kerusakan akibat sinar matahari dan banyak lagi.

3. Infused water

Buah adalah sumber besar vitamin antioksidan C dan A. Buah juga menyediakan vitamin B yang berfungsi untuk meningkatkan energi. Beberapa komponen di buah saat musim kemarau ini juga membantu menjaga metabolisme insulin dan tingkat gula darah dalam kondisi seimbang.

4. Yogurt

Yogurt adalah minuman sempurna di musim kemarau untuk mendinginkan tubuh dan membantu panas tubuh berkurang. Seiring dengan protein dan kalsium, yogurt mengandung probiotik, bakteri menguntungkan yang menjaga sistem pencernaan Anda berjalan lancar serta meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah infeksi jamur.

5. Buttermilk

Minum buttermilk pada akhir hari yang panjang atau saat panas di bawah matahari adalah cara terbaik untuk memerangi dehidrasi dan kelelahan. Dikemas dengan elektrolit dan banyak air, segelas buttermilk dapat membantu rehydrate tubuh Anda.

Buttermilk juga membantu menenangkan perut setelah makan pedas dan membantu pencernaan. Berkeringat, kelelahan, kram otot, mual dan sakit kepala juga dapat hilang secara signifikan dengan menambahkan buttermilk untuk diet Anda. Plus, buttermilk merupakan makanan untuk kulit sehat.

6. Mangga

Mangga sering tersedia sepanjang musim kemarau. Efek menenangkan dan pendinginan mangga yang akan membuat Anda berenergi selama hari-hari musim kemarau. Plus, mangga kaya akan vitamin A, C dan E yang penting untuk menjaga kesehatan yang baik.

7. Lemon manis

Lemon yang manis dapat membantu Anda mendapatkan kembali air dan elektrolit yang hilang karena berkeringat musim kemarau Ini juga merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin C, tembaga dan besi.

Lemon juga bagus untuk menangkal masalah pencernaan yang umum di musim kemarau. Selain itu, lemon manis juga mencegah hiperpigmentasi kulit, bintik-bintik hitam dan jerawat serta mengurangi efek terbakar sinar matahari.

8. Air kelapa

Air kelapa, cairan paling murni setelah air, merupakan salah satu makanan sehat yang perlu Anda konsumsi saat musim kemarau tiba. Kandungan ion dan elektrolik di dalamnya sangat cepat mengembalikan kebugaran tubuh setelah dehidrasi.

9. Tomat

Tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran, tomat adalah tambahan bergizi dan lezat untuk setiap makan musim kemarau. Satu tomat ukuran sedang mengandung sekitar 95 persen air dan membantu menjaga tubuh terhidrasi.

Tomat juga tinggi lycopene, sebuah fitokimia yang memiliki sifat antioksidan kuat yang melindungi kulit Anda dari sinar UV yang berbahaya. Nutrisi penting lainnya dalam tomat termasuk potasium, folat, serat makanan, mangan, magnesium, niasin, dan vitamin B6, C, A, K, dan E.

10. Jagung

Kaya dua antioksidan kuat yang dikenal sebagai lutein dan zeaxanthin, jagung membantu melindungi kulit Anda terhadap sinar UV matahari yang berbahaya. Antioksidan ini juga mengurangi risiko mengembangkan degenerasi makula.

Jagung juga mengandung thiamin dan asam folat yang menyediakan energi untuk tubuh. Tak hanya itu, jagung memiliki vitamin B yang menurunkan tingkat stres dan kolesterol.


Baca juga:
(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • makanan yang cocok di musim kemarau
  • Makanan yg baik di konsumsi saat kemarau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *