10 Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet

by

Menurunkan berat badan memang tidak mudah, tapi kesadaran akan dampak kesehatan dari kelebihan berat badan membuat banyak orang untuk melakukan upaya menurunkan berat badan mereka.

10 Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet
Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas lebih mungkin untuk terkena masalah kesehatan seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, sindrom metabolik, depresi, dan kanker. 
Salah satu cara menghindari penyakit-penyakit tersebut adalah dengan menjaga berat badan tetap ideal. Nah, berikut adalah 10 makanan yang harus Anda hindari jika Anda ingin menurunkan berat badan.

1. Sereal manis

Makan sarapan yang sehat dapat membantu dalam upaya penurunan berat badan Anda dengan mengurangi rasa lapar sepanjang hari. Ketika Anda melewatkan sarapan, Anda tergoda untuk makan makanan ringan yang tidak sehat.

Namun, jika Anda memulai hari Anda dengan semangkuk sereal manis, perut Anda akan mudah keroncongan dan ingin makan dan makan. Sereal juga memiliki kandungan gula yang diubah tubuh menjadi lemak.

2. Keripik kentang

Keripik kentang dan kentang goreng adalah dua jenis junk food yang kadang bikin ketagihan. Padahal kentang goreng tinggi kalori dan lemak, membuat makanan ini sangat tidak diajurkan jika Anda berniat melakukan diet.

Selain itu, kentang goreng juga menyebabkan kenaikan pesat gula darah dan tingkat insulin. Dampaknya, nafsu makan dan berat badan Anda semakin naik.

3. Diet soda

Pemanis buatan dalam soda diet dapat merangsang nafsu makan yang membuat Anda ingin terus-terusan makan. Bahkan, sebuah studi 2015 yang diterbitkan dalam Journal of American Geriatrics Society melaporkan bahwa orang yang minum diet soda menguat sekitar tiga kali lipat lemak perut lebih dari sembilan tahun dibandingkan mereka yang tidak.

4. Daging bakar

Daging olahan, seperti daging bakar, adalah jenis panganan yang Anda harus menghindari sepenuhnya jika Anda ingin menurunkan berat badan. Daging bakar kaya akan lemak jenuh serta natrium, nitrat dan nitrit.

Asupan lemak jenuh berlebih tidak baik untuk berat badan Anda. Selain itu, kelebihan garam di dalamnya dapat menyebabkan retensi air dan kembung.

5. Salad dressing

Sayuran dan buah-buahan yang sangat sehat, yang sarat dengan nutrisi, antioksidan, serat larut, rendah kalori dan berbagai nutrisi lainnya yang baik untuk kesehatan dan penurunan berat badan.

Namun makanan sehat ini ternyata menjadi salah satu yang terburuk untuk menurunkan berat badan ketika Anda menggunakan dressing salad komersial untuk menghilangkan rasa hambar.

6. Popcorn goreng

Popcorn adalah makanan ringan yang lezat dan sehat. Karbohidrat kompleks memberikan energi dan stamina dan kadar serat yang tinggi mengisi Anda. Popcorn juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Sayangnya, popcorn yang diolah dengan digoreng juga mengandung minyak yang menjadikannya bukan pilihan yang sehat, terutama ketika Anda sedang berjuang untuk menurunkan berat badan. Tak hanya itu, popcorn juga mengandung kalori, lemak dan natrium yang tinggi.

7. Margarin

Kerap dianggap sebagai alternatif sehat mentega, margarin adalah bahan yang padat kalori dan lemak makanan lain yang perlu Anda hindari. Mengandung lemak terhidrogenasi yang lebih berbahaya daripada lemak jenuh hadir dalam mentega. Bahkan, mengandung hampir 3 gram lemak trans per sendok makan.

8. Roti tawar

Roti tawar kini sudah menjadi makanan pokok bagi banyak orang. Karbohidrat dalam roti tawar bersifat menggemukkan, karena mereka memiliki indeks glikemik tinggi makanan. 
Ini berarti roti tawar tidak membuat Anda kenyang. Setelah makan beberapa iris roti tawar, Anda akan merasa lapar lebih cepat dan berakhir dengan makan lagi.

9. Minuman beralkohol

Minuman beralkohol mengandung kalori kosong yang tidak mengisi Anda atau memberikan nutrisi apapun. Ketika kalori kosong dicampur dengan karbohidrat, lemak dan protein, mereka akan menunda proses pembakaran lemak dan berkontribusi untuk meningkatkan penyimpanan lemak.

10. Jus buah kemasan

Jus buah kerap digunakan dalam program penurunan berat badan. Itu karena jus buah yang penuh dengan nutrisi membuat kita berenergi dan segar. Namun, minum jus buah kemasan ternyata tidak baik untuk kesehatan Anda. Serat bergizi buah hilang dalam proses jus dan Anda hanya akan berakhir dengan mengkonsumsi gula murni dalam bentuk fruktosa. 
Baca juga:
(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *