10 Penyebab Kenapa Kaki Sering Terasa Sakit

by

Rasa sakit di kaki merupakan salah satu gangguan kesehatan sering dialami banyak orang. Dalam sebuah penelitian tahun 2008, satu dari lima orang dewasa mengalami masalah sakit di kaki. Studi yang diterbitkan dalam Journal of Foot and Ankle menemukan bahwa sakit kaki lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria dan sebagian besar berhubungan dengan peningkatan usia, obesitas dan nyeri di daerah lain dari tubuh.

10 Penyebab Kenapa Kaki Sering Terasa Sakit
Sakit kaki memiliki dampak merugikan yang signifikan terhadap kualitas hidup terkait kesehatan. Apalagi, banyak orang yang kurang peduli terhadap kesehatan kaki. Jika dibiarkan, tentu akan menyebabkan masalah serius.

Rasa sakit atau ketidaknyamanan dapat terjadi pada jari-jari kaki, tumit, lengkungan, sendi atau bagian lain dari kaki. Nyeri pada kaki juga dapat disebabkan oleh beberapa alasan, baik faktor gaya hidup dan masalah kesehatan yang serius. Berikut adalah 10 penyebab mengapa kaki Anda terasa sakit terus menerus.

1. Mengenakan sepatu berhak sangat tinggi

Salah satu penyebab utama nyeri kaki adalah memakai sepatu hak tinggi, karena sepatu berhak tinggi menaruh banyak tekanan pada jari-jari kaki. Setiap yang berhak lebih dari 2,5 inci dapat menempatkan banyak tekanan pada bola kaki dan menyempitkan bentuk alami kaki Anda, sehingga menimbulkan rasa nyeri.

2. Mengenakan sepatu yang tidak sesuai ukuran

Memakai sepatu tidak sesuai ukuran juga dapat menyebabkan nyeri kaki. Ketika sepatu yang terlalu ketat atau terlalu sempit, jari-jari kaki Anda harus menanggung banyak tekanan. Jari-jari kaki mulai bergesekan dengan sepatu Anda, menyebabkan iritasi dan rasa sakit.

3. Kehamilan

Sakit kaki adalah keluhan umum selama kehamilan, seperti morning sickness, kelelahan dan kelesuan. Kaki cenderung untuk mendapatkan rasa lelah karena meningkatnya berat badan yang ditopang.

4. Kuku kaki yang tumbuh ke dalam 

Kuku kaki yang tumbuh ke dalam menyebabkan kaki berdenyut, sensasi yang menyakitkan, dan biasanya mempengaruhi jari kaki. Kuku yang tumbuh ke dalam terjadi ketika tepi sisi kuku yang melengkung ke bawah dan menusuk ke dalam kulit kaki, menyebabkan rasa sakit. Memakai sepatu yang terlalu ketat atau terlalu sempit dapat memperburuk kuku tumbuh ke dalam.

5. Berdiri dalam jangka waktu yang lama

Berdiri sebenarnya kondisi normal pada tubuh manusia. Namun bekerja dalam posisi berdiri secara teratur selama berjam-jam dapat menyebabkan kaki sakit, bengkak di kaki serta nyeri. Bahkan meningkatkan risiko berbagai masalah kaki, karena meningkatnya ketegangan pada tulang, sendi, tendon, otot dan ligamen.

6. Permukaan kaki yang datar

Bagi mereka yang memiliki alas kaki yang datar, ketidaknyamanan dan rasa sakit adalah masalah kesehatan yang akan sering muncul. Kaki datar sering menjadi cacat bawaan dari kaki yang menghilangkan lengkungan. Namun, masalah ini dapat semakin parah karena memakai sepatu hak tinggi untuk jangka waktu yang lama atau berulang-ulang berdiri.

7. Tingginya kadar asam urat

Tingkat asam urat tinggi dalam tubuh adalah penyebab lain dari sakit kaki. Asam urat adalah produk limbah dari oksidasi purin dan biasanya diekskresikan dalam urin. Jumlah tinggi asam urat dalam tubuh adalah salah satu penyebab utama asam urat, di mana kristal asam urat deposito di bagian pendingin tubuh seperti sendi tangan atau kaki.

8. Bunion

Bunion adalah penyebab umum lain dari nyeri kaki. Dalam istilah sederhana, bunion adalah suatu kelainan yang berkembang pada jempol kaki. Hal ini dapat mempengaruhi satu atau kedua kaki.

Orang yang memiliki bunions cenderung mengalami rasa sakit di kaki serta pinggul, lutut dan pinggang. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit yang hebat saat berjalan serta mengurangi fleksibilitas dari jempol kaki.

9. Diabetes

Jika Anda berada pada risiko yang lebih tinggi mengembangkan neuropati diabetes yang menyebabkan kerusakan saraf di kaki, maka Anda pun akan mengalami sakit kaki. Gejala neuropati diabetes meliputi terbakar atau kesemutan, nyeri dan kadang-kadang mati rasa.

10. Plantar Fasciitis

Plantar fasciitis, juga dikenal sebagai radang tumit, adalah penyebab umum lain dari nyeri kaki. Hal ini menyebabkan nyeri akut pada tumit dan telapak kaki. Rasa sakit ini sering kambuh di pagi hari ketika Anda mengambil langkah pertama Anda dari tempat tidur, atau jika Anda telah duduk atau berbaring untuk waktu yang lama.
Baca juga:
(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • kaki sering bengkak dan berdenyut
  • kaki sering sakit com
  • kenapa kaki sakit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *