8 Cara Mencegah Dampak Buruk Duduk Terlalu Lama

by

Lebih dari setengah dari waktu dalam sehari rata-rata orang dihabiskan untuk duduk, entah itu saat menonton TV, bekerja di depan komputer, membaca buku, di dalam kendaraan atau melakukan banyak kegiatan lain.

Duduk lama tidak akan ada gunanya untuk kesehatan Anda. Terlalu lama duduk akan memberikan kontribusi masalah kesehatan seperti lemah otot, tulang lemah, osteoporosis, obesitas, leher tegang, dan bahu sakit.

8 Cara Mencegah Dampak Buruk Duduk Terlalu Lama
Hal ini juga dapat menyebabkan sindrom metabolik, diantaranya tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, kelebihan lemak tubuh di sekitar pinggang dan kadar kolesterol tidak sehat.

Ketika Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda untuk duduk, tubuh Anda membakar lebih sedikit lemak dan darah bersirkulasi buruk. Sirkulasi darah lambat di kaki dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti edema, pergelangan kaki bengkak, varises dan penyumbatan pembuluh darah.

Plus, jika Anda duduk selama berjam-jam melihat komputer, laptop, ponsel atau TV, mata Anda bisa menjadi tegang.

Menurut sebuah studi 2014 yang diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute, kegiatan tidak aktif seperti duduk di kursi untuk jangka waktu yang lama berisiko tinggi memicu diabetes, obesitas dan penyakit kardiovaskular, tetapi juga peningkatan risiko kanker tertentu.

Studi lain 2015 diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine melaporkan bahwa waktu menetap lama secara independen terkait dengan hasil kesehatan yang merugikan terlepas dari aktivitas fisik.

Kendati mungkin terasa sulit untuk menghilangkan kebiasaan duduk terlalu lama, Anda dapat mengambil langkah-langkah pencegahan lebih lanjut dan meningkatkan kesehatan Anda. Berikut adalah beberapa cara untuk membantu memperbaiki dampak buruk akibat duduk sepanjang hari.

1. Luangkan waktu untuk yoga

Jika duduk selama berjam-jam harus Anda lakukan karena tuntutan pekerjaan, maka Anda harus bergabung dengan kelas yoga tanpa berpikir dua kali demi kesehatan Anda. Banyak pose yoga yang bermanfaat untuk meredakan ketegangan dan menghindarkan penyakit yang dipicu duduk terlalu lama.

Sebagai bonus tambahan, yoga membantu menjaga stres dari pekerjaan yang memberikan tekanan tinggi di bawah kontrol. Dua pose yoga, yaitu Marjaryasana dan Bitilasana, ketika berlatih dengan poses tersebut secara bersama-sama akan membantu meregangkan tubuh kembali dan leher, serta membawa fleksibilitas untuk tulang belakang. Hal ini juga membantu memperbaiki postur tubuh dan mencegah sakit punggung dan leher ketika dipraktekkan secara teratur.

2. Luruskan kaki sesering mungkin

Ini adalah fakta yang terkenal bahwa duduk lama tidak baik untuk kesehatan jantung. Hal ini menyebabkan darah berkumpul di kaki dan mempengaruhi fungsi endotel pembuluh darah, atau kemampuan pembuluh darah untuk memperluas dan peningkatan aliran darah.

3. Duduk di atas bola stabilitas

Duduk di bola stabilitas, juga dikenal sebagai yoga atau latihan bola, adalah gerakan yang harus Anda coba. Hal ini akan memaksa otot inti Anda untuk bekerja dan tubuh Anda secara otomatis mencoba untuk menyelaraskan dirinya ke dalam postur tubuh yang tepat. Ini merupakan faktor penting dalam menangkal beberapa efek buruk dari duduk berkepanjangan.

4. Peragangan tubuh

Anda dapat melakukan latihan peregangan untuk membalikkan efek dari duduk yang terlalu lama. Peregangan membantu Anda mengelola rasa sakit dan nyeri yang disebabkan oleh lamanya duduk. Hal ini juga memudahkan leher dan bahu terhindar dari ketegangan.

5. Posisi duduk yang benar

Jika Anda harus duduk selama berjam-jam pada pekerjaan Anda, hal yang paling penting yang perlu Anda lakukan adalah duduk dengan benar. Pose duduk yang benar akan mengurangi kerusakan pada sumsum tulang belakang dan sendi yang disebabkan oleh lamanya duduk.

6. Gunakan Lumbar Support Pillow

Jika Anda memiliki kecenderungan untuk membungkuk sambil duduk, sadari bahwa hal itu dapat memberikan tekanan pada daerah lumbal tulang belakang. Hal ini dapat menyebabkan nyeri punggung bawah dan masalah kesehatan lainnya. Untuk mencegah membungkuk, menggunakan dukungan bantal lumbar adalah pilihan yang sangat baik.

7. Peregangan leher

Beberapa peregangan leher sederhana dapat menawarkan beberapa bantuan. Ini akan membantu meringankan otot-otot tegang di sepanjang bagian belakang leher Anda, serta memperkuat mereka. Hal ini sangat baik untuk seluruh tulang belakang Anda.

8. Gunakan meja berdiri

Sirkulasi darah yang buruk, berat badan dan sakit punggung akibat lama duduk dapat dicegah sampai batas tertentu dengan menggunakan meja berdiri. Bekerja di meja berdiri menjaga otot-otot Anda diaktifkan dan mengurangi stres pada leher, punggung dan tulang belakang. 

Baca juga:
(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *