10 Bahan Rumahan Ini Ampuh Mengatasi Infeksi Telinga

by

Infeksi telinga lebih sering terjadi pada anak-anak daripada orang dewasa. Penyebabnya bisa karena bakteri atau virus di telinga tengah atau beberapa faktor lainnya. Diantaranya adalah penumpukan lilin, infeksi saluran pernapasan atas, alergi makanan, alergi lingkungan, sindrom alkohol janin, genetika, kekurangan gizi dan luka.

Beberapa tanda umum bahwa seseorang menderita infeksi telinga adalah nyeri di telinga, telinga terasa kencang, sulit tidur, sakit kepala, respon yang buruk terhadap suara, demam tinggi, cairan mengalir dari telinga, muntah, diare dan sebagainya.

10 Bahan Rumahan Ini Ampuh Mengatasi Infeksi Telinga
Infeksi telinga dapat terjadi pada salah satu dari tiga bagian telinga yaitu bagian luar, tengah dan bagian dalam. Namun infeksi telinga bagian dalam adalah yang paling serius. Penting untuk mengobati infeksi telinga dan mencegah komplikasi, termasuk merusak atau pecahnya gendang telinga.

Infeksi telinga yang tidak diobati juga dapat menyebabkan kekambuhan kronis dan bahkan dapat menyebabkan ketulian. Hal ini penting untuk berkonsultasi dengan dokter, tetapi untuk bantuan segera Anda dapat mencoba beberapa perawatan alami.

Ada banyak, pengobatan rumahan sederhana dan mudah yang cukup dapat membantu untuk menyingkirkan rasa sakit dan gejala lain dari infeksi telinga. Berikut 10 bahan yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di rumah untuk mengatasi infeksi telinga.

1. Garam

Garam adalah obat rumah yang paling Anda dapatkan. Cara untuk mengatasi infeksi telinga dengan garam adalah dengan memanaskan satu cangkir garam di panci di atas api kecil selama beberapa menit.

Anda juga dapat memanaskannya dalam microwave atau double-boiler. Tempatkan garam panas pada kain dan menutup ujung terbuka dengan band karet (atau mengikat simpul). Letakkan kain di telinga yang terkena selama 5 sampai 10 menit.

2. Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat antimikroba dan menghilangkan rasa sakit alami, sehingga sangat efektif dalam pengobatan infeksi telinga. Ada beberapa cara untuk menggunakan bawang putih sebagai pengobatan rumah.

Buat minyak bawang putih dengan memasak dua siung bawang putih di dua sendok makan minyak wijen atau minyak mustard sampai berubah kehitaman. Gunakan 2-4 tetes minyak ini di telinga yang terinfeksi sebagai tetes telinga.

3. Daun kemangi

Anda juga dapat menggunakan kemangi untuk mengobati infeksi sakit telinga. Hal ini dapat mengurangi rasa sakit telinga serta mengurangi infeksi.

4. Cuka sari apel

Untuk menghilangkan jamur yang dapat menyebabkan infeksi telinga, cuka sari apel adalah pilihan yang baik. Campurkan satu bagian cuka sari apel dengan jumlah yang sama. Rendam bola kapas dalam larutan. Tempatkan bola kapas di telinga Anda seperti plug dan biarkan selama sekitar lima menit.

5. Minyak zaitun

Salah satu penyebab utama infeksi telinga adalah lilin di telinga menangkap beberapa pertumbuhan jamur atau bakteri yang menyebabkan penyumbatan di saluran eustachius.

6. Botol air hangat

Sesegera mungkin, tempelkan botol yang telah diisi air hangat ke telinga yang terinfeksi. Ini akan cepat meringankan rasa sakit dan juga akan mencegah mikro-organisme.

7. Bawang merah

Bawang merah merupakan bahan yang sangat umum digunakan dalam memasak. Selain itu juga dapat digunakan untuk mengatasi infeksi telinga. Caranya, potong satu bawang merah kecil, masukkan ke dalam mangkuk dan microwave selama satu sampai dua menit.

Biarkan hingga dingin dan kemudian saring keluar jus bawang. Masukan 2-3 tetes jus di telinga yang terinfeksi, biarkan selama beberapa waktu dan kemudian putar kepala untuk membiarkannya mengalir keluar dari telinga Anda.

8. Tea tree oil

Sifat antibakteri ringan hadir dalam tea tree oil dapat memberikan bantuan instan dari sakit telinga. Teteskan tea tree oil ke dalam telinga lalu biarkan selama beberapa menit.

9. Ekstrak daun mangga

Ekstrak daun mangga adalah pengobatan yang cepat dan efektif untuk mengatasi infeksi telinga yang menganggu. Hancurkan atau giling 2-3 daun mangga yang lembut untuk mengekstrak jus.

Gunakan pipet, tempatkan tiga sampai empat tetes jus ke dalam telinga yang terinfeksi. Dalam beberapa menit, Anda akan merasa lega dari rasa sakit.

10. ASI

ASI memiliki antibodi alami yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan setiap jenis infeksi telinga. Ini akan meringankan pembengkakan dan ketidaknyamanan dan dapat menyingkirkan infeksi telinga dalam satu atau dua hari. Obat ini bekerja untuk anak-anak dan orang dewasa.

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *