10 Cara Alami Mengobati Bengkak Pada Jari

by

Jika Anda sering menggunakan jari-jari Anda terus-menerus untuk bekerja, seperti mengetik, jari Anda mungkin akan mengalami pembengkakan. Jari membengkak terjadi karena beberapa penyebab dan umumnya tidak berbahaya.

Biasanya, itu adalah hasil dari peradangan atau penumpukan cairan. Hal ini dapat disebabkan oleh gigitan serangga, luka seperti jari terkilir, ruam, retensi cairan, infeksi, paparan suhu ekstrim, asupan garam tinggi atau perubahan hormon dalam tubuh.

10 Cara Alami Mengobati Bengkak Pada Jari
Kondisi ini juga dapat menjadi hasil dari masalah kesehatan yang mendasarinya, seperti bursitis, carpal tunnel syndrome, selulitis, kista ganglion, infeksi jamur di sekitar kuku, osteoarthritis, rheumatoid arthritis dan artritis septik.

Selain pembengkakan, gejala lain yang terjadi biasanya disertai kemerahan, memar, kelelahan, nyeri, benjolan di sepanjang jari, mati rasa atau kesemutan, mengurangi rentang gerak, kekakuan dan bengkak sendi.

Baca juga: 10 Cara Cepat Menyembuhkan Kran Secara Alami

Jari bengkak ringan biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Untuk mengurangi pembengkakan dan rasa sakit, Anda dapat mencoba beberapa pengobatan alami.

Namun, jika pembengkakan disertai dengan sakit parah, pegangan lemah atau demam, segeralah berkonsultasi ke dokter karena dapat disebabkan oleh trauma berat atau masalah mendasar yang serius. Berikut adalah 10 cara untuk mengobati jari bengkak.

1. Hydrotherapy

Perawatan air dingin dan hangat, dikenal sebagai hidroterapi, dapat mengurangi pembengkakan jari. Air hangat membantu meningkatkan sirkulasi dan air dingin memainkan peran kunci dalam mengurangi pembengkakan dan peradangan.

2. Meninggikan tangan dan jari di atas dada

Untuk mengurangi pembengkakan akibat sirkulasi yang buruk, tinggikan tangan dan jari di atas permukaan dada Anda. Hal ini akan membantu meningkatkan sirkulasi darah dan memberikan bantuan dari ketidaknyamanan seperti pembengkakan, peradangan dan nyeri.

3. Pijat

Pijat menggunakan minyak dapat sangat membantu dalam mengurangi pembengkakan. Pijat melemaskan otot pegal, merangsang otot-otot dan meningkatkan sirkulasi darah ke daerah yang terkena. Sebagai bonus, pijat mendorong drainase kelebihan cairan, yang merupakan penyebab utama pembengkakan.

4. Olahraga jari 

Jika jari-jari Anda bengkak karena sirkulasi yang buruk, ketegangan atau retensi cairan, coba berolahraga jari untuk mengurangi pembengkakan. Olahraga jari menyebabkan aliran darah lebih ke daerah yang bengkak, yang merangsang tekanan untuk mengurangi retensi cairan. Olahraga juga akan mengurangi ketegangan pada otot-otot di sekitar daerah yang terkena.

5. Kompresi

Untuk membantu menghentikan pembengkakan, kompres jari bengkak sesegera mungkin. Mengompresi pergelangan tangan dan tangan membantu mencegah cairan dari terakumulasi di jari-jari. Hal ini pada gilirannya berhenti pembengkakan serta rasa sakit di jari-jari Anda.

6. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin bahan aktif, yang menawarkan sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Ini membantu dengan kondisi seperti arthritis, keseleo otot dan luka lain yang menyebabkan pembengkakan pada jari-jari.

7. Garam epsom

Garam epsom terbuat dari magnesium sulfat, mineral alami yang membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit. Peradangan menyebabkan penipisan magnesium, sehingga ketika bagian tubuh yang terkena direndam dalam garam Epsom, tubuh menyerap magnesium dan memerangi peradangan.

8. Cuka sari apel

Cuka sari apel juga memberikan bantuan dari ketidaknyamanan jari bengkak. Kandungan kalium yang tinggi membantu mengurangi retensi cairan, penyebab umum dari pembengkakan.

9. Kantung teh hitam

Kantong teh hitam yang sarat dengan antioksidan dan banyak tanin yang membantu mengurangi pembengkakan dan penumpukan cairan di sekitar daerah yang terkena. Kantong teh juga membantu mengecilkan pembuluh darah dan mengencangkan kulit.

10. Makan lebih sedikit garam

Garam tinggi atau asupan natrium tinggi adalah faktor lain yang berkontribusi balik pembengkakan di bagian tubuh yang berbeda, termasuk jari-jari. Jumlah tinggi sodium membuat tubuh Anda mempertahankan kelebihan cairan, yang pada gilirannya menyebabkan pembengkakan karena edema. 

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *