10 Cara Alami Mengobati Penyakit Sirosis Hati

by

Sirosis hati adalah penyakit kronis yang terjadi sebagai akibat dari kerusakan pada hati selama beberapa tahun. Ini adalah penyakit progresif di mana jaringan hati yang sehat hancur dan digantikan oleh jaringan parut, mengakibatkan fungsi hati menurun.

Penyebab utama dari sirosis hati adalah mengonsumsi alkohol, penyakit hati berlemak terkait dengan obesitas dan diabetes, dan virus hepatitis B dan C. Pria yang mengonsumsi 3 hingga 4 minuman beralkohol dan wanita yang mengkonsumsi 2 sampai 3 minuman beralkohol per hari berada pada peningkatan risiko untuk terkena sirosis hati.

10 Cara Alami Mengobati Penyakit Sirosis Hati
Penyakit ini juga dapat disebabkan oleh kondisi seperti sirosis utama empedu, hepatitis autoimun, hepatitis toksik, hemochromatosis (penumpukan zat besi dalam tubuh), serangan berulang dari gagal jantung dengan kongesti hati, cystic fibrosis dan lain-lain.

Gejala sirosis termasuk kehilangan nafsu makan, kelelahan, mual dan muntah, penurunan berat badan, kulit gatal, sakit kuning, edema, kram otot, kecenderungan untuk berdarah dan memar lebih mudah.

Tidak ada obat untuk penyakit ini. Ketika mengobati sirosis, adalah penting untuk menentukan penyebab yang mendasari. Pengobatan biasanya ditujukan untuk mencegah kerusakan hati lebih lanjut dan mengurangi komplikasi.

Seiring dengan pengobatan yang diresepkan dokter, Anda akan perlu untuk menjaga pola makan dan perubahan gaya hidup. Plus, Anda dapat menggunakan beberapa pengobatan rumah untuk membantu memperbaiki kondisi Anda.

Namun, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mencoba setiap obat herbal dan suplemen. Berikut adalah 10 cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi sirosis hati.

1. Berhenti minum alkohol

Berhenti minum minuman beralkohol sama sekali, bahkan jika sirosis Anda tidak disebabkan oleh alkohol. Alkohol merusak sel-sel hati, sehingga dapat membuat kondisi penyakit sirosis hati Anda lebih parah.

2. Milk thistle

Milk thistle adalah obat lain yang berguna untuk menghentikan sirosis. Meskipun tidak akan memulihkan kerusakan hati, obat dapat membantu melindungi terhadap kerusakan hati lebih lanjut. Ini berisi bahan aktif yang disebut silibinin dengan sifat antioksidan yang kuat dan detoksifikasi dan efek hepatoprotektif.

3. Biji pepaya

Biji pepaya dapat membantu dalam pengobatan sirosis hati dengan membantu detoksifikasi hati. Konsumsi piji papaya dalam bentuk serbuk yang diseduh dengan air panas secara rutin dan rasakan manfaatnya.

4. Eclipta

Jus semua bagian tanaman Eclipta alba karena berguna dalam mengobati masalah hati. Jus daun, khususnya, digunakan untuk sirosis hati dan hepatitis.

5. Picrorhiza

Picrorhiza kurroa dapat berguna dalam mengobati sirosis hati, terutama ketika hal itu disebabkan oleh virus hepatitis. Ini mengurangi stres oksidatif, mempromosikan sekresi cairan empedu dan meningkatkan fungsi hati. Plus, merangsang nafsu makan dan bertindak sebagai pencahar yang kuat.

6. Schisandra

Tanaman ini digunakan dalam pengobatan tradisional Cina untuk membersihkan hati, melindungi sel hati dari kerusakan lebih lanjut dan membantu regenerasi jaringan hati. Studi telah menemukan bahwa hal itu dapat membantu melindungi terhadap kerusakan hati terkait obat.

7. Teh hijau

Teh hijau sarat dengan antioksidan yang mengurangi stres oksidatif, yang memulai sirosis jaringan. Plus, ia memiliki efek perlindungan terhadap penyakit hati dan memiliki sifat antivirus yang membantu melawan virus hepatitis. Teh hijau bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan, juga.

8. Vitamin C

Vitamin C memiliki efek protektif terhadap kerusakan oksidatif hati. Hal ini juga mencegah penumpukan lemak dan sirosis. Vitamin C dapat Anda peroleh dari berbagai jenis buah-buahan, seperti jeruk dan strawberry.

9. Antioksidan

Selain vitamin C, antioksidan lain juga membantu sirosis mengobati hati. Misalnya, vitamin E membantu mengurangi produksi jaringan parut dan membantu dalam regenerasi sel-sel hati. Penelitian menunjukkan bahwa antioksidan seperti vitamin E dan selenium dapat membantu mengobati primary biliary cirrhosis.

10. Akupunktur

Akupunktur baik untuk menghilangkan ketidaknyamanan, seperti kelelahan, yang disebabkan oleh sirosis hati. Selain itu, dapat membantu Anda berhenti minum minuman beralkohol.

Dalam sebuah penelitian tahun 2009, para peneliti Cina menemukan bahwa akupunktur dikombinasikan dengan rebusan herbal Cina dan pengobatan barat membantu meningkatkan gejala klinis kompensasi sirosis hati lebih baik dari pengobatan barat yang sederhana. 


(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *