10 Cara Ampuh Menghilangkan Sel Kulit Mati

by

Kulit, organ terbesar tubuh, terus-menerus mengelupaskan sel-sel mati. Hal ini memberikan kesempatan untuk sel-sel hidup baru bergerak ke atas dari lapisan bawah. Pembaharuan terus-menerus tersebut membuat kulit tampak lebih muda, halus dan lebih bersinar.

Seiring bertambahnya usia, siklus alami kulit ini melambat. Akibatnya terjadi akumulasi sel-sel kulit mati pada lapisan kulit luar. Penumpukan ini membuat kulit Anda terlihat kusam dan gelap, dan mengarah ke noda dan garis-garis halus tanda penuaan.

10 Cara Ampuh Menghilangkan Sel Kulit Mati
Mandi saja tidak cukup untuk membersihkan lapisan kulit mati. Pengelupasan mingguan adalah salah satu cara terbaik untuk menyingkirkan sel-sel mati dan menjaga kulit Anda lembut dan halus. Hal ini juga membantu produk pelembab menembus lebih dalam ke kulit dan bahkan meningkatkan sirkulasi darah.

Pengelupasan diperlukan untuk semua jenis kulit, entah itu kulit berminyak, sensitif atau kering. Ini harus dilakukan di muka serta siku, lutut, kaki dan daerah lain yang cenderung menjadi kusam dan gelap.

Jika Anda tak sempat melakukan perawatan untuk pengelupasan lapisan kulit mati, Anda masih bisa mengandalkan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan. Berikut adalah 10 bahan alami untuk membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati.

1. Oatmeal

Tekstur kasar dari oatmeal bekerja sebagai agen pengelupas alami untuk semua jenis kulit. Saponin di dalamnya membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, sebum berlebih dan kotoran lainnya. Vitamin dan mineral dalam oatmeal baik untuk kulit Anda, sementara kandungan proteinnya mencegah kehilangan air untuk menjaga kulit Anda lembap lagi.

2. Gula dan Minyak Zaitun

Kombinasi gula dan minyak zaitun dapat menjadi scrub untuk semua jenis kulit. Sedangkan partikel gula halus membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, minyak zaitun bekerja sebagai pelembab yang bagus untuk kulit Anda.

3. Teh Hijau

Jika Anda minum teh hijau karena alasan kesehatan, Anda bisa mendapatkan manfaat ganda dari itu dengan mendaur ulang kantong teh yang digunakan menjadi scrub kulit buatan sendiri. Tekstur yang agak kasar dari daun teh hijau dapat membantu mengelupaskan kulit Anda sehingga mengangkat sel kulit mati dan kotoran lainnya. Selain itu, teh hijau mampu meningkatkan warna kulit, meningkatkan elastisitas kulit dan membuat kulit Anda sehat.

4. Kopi

Bila Anda membutuhkan exfoliator yang baik untuk semua sel kulit mati, kopi bisa dijadikan pilihan. Bubuk kopi membantu menghilangkan kulit mati dan mendukung produksi tubuh Anda dari sel-sel kulit baru. Selain itu, flavonol dalam bubuk kopi membantu memperbaiki tekstur kulit, memperbaiki kerusakan kulit dan mempertahankan kulit tetap bercahaya.

5. Almond

Almond adalah bahan yang bagus untuk memanjakan kulit Anda. Kaya vitamin antioksidan A dan E. Selain itu, almond juga mengandung lemak sehat yang membantu menjaga kesehatan kulit dan tampak lebih muda.

6. Kulit Jeruk

Setelah makan jeruk, sebaiknya jangan membuang kulitnya. Sebaliknya, keringkan kulit di bawah sinar matahari selama beberapa hari, kemudian giling mereka ke dalam bentuk bubuk yang dapat Anda gunakan dalam rutinitas perawatan kulit Anda.

7. Tepung Gram

Tepung gram adalah bahan alami lain yang efektif yang membantu mengangkat sel kulit mati, sehingga membuat kulit Anda tampak bersinar. Bahan ini juga menghilangkan kelebihan minyak dari kulit Anda dan mencegah masalah seperti jerawat dan komedo.

8. Air Hangat dam Batu apung

Kelupas kulit mati di kaki Anda, terutama tumit dengan cara rendam dengan air hangat diikuti dengan menggosok daerah melunak dengan batu apung. Cara ini akan menyingkirkan sel-sel kulit mati dan juga mengurangi risiko kaki pecah-pecah.

9. Biji Alpukat 

Meskipun sangat umum untuk menggunakan biji alpukat untuk membuat masker wajah, Anda juga dapat menggunakan biji untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati. Bahkan membantu menghilangkan kelebihan sebum dan kotoran lainnya dari kulit. Biji alpukat merupakan sumber yang kaya antioksidan yang membantu memperbaiki dan memelihara kulit kering dan rusak.

10. Sikat Kering

Menyikat kering juga membantu mengangkat sel kulit mati. Hal ini dapat efektif mengelupaskan sel-sel mati dan membuka pori-pori Anda. Manfaat tambahan adalah mengencangkan kulit dan memperbaiki teksturnya.
Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *