10 Cara Memperbaiki Postur Tubuh Bungkuk

by

Postur tubuh Anda memainkan peran kunci dalam bagaimana Anda melihat dan bahkan membantu dalam membentuk kepribadian Anda. Menjaga postur yang baik saat duduk, berdiri, berjalan atau tidur membantu menjaga tubuh Anda tetap tegap. 

10 Cara Memperbaiki Postur Tubuh Bungkuk
Kebiasaan ini juga mengurangi Anda dari risiko jatuh, dan mencegah sakit otot serta leher dan sakit punggung. Di sisi lain, sikap tubuh yang buruk dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan emosional Anda.

Bahkan posisi berjalan maupun duduk yang salah dapat menyebabkan masalah pernapasan, nyeri sendi, kesulitan berjalan, serta meningkatkan risiko jatuh. Berikut adalah 10 cara untuk memperbaiki postur tubuh Anda agar tidak bungkuk.

1. Selalu berjalan dengan kepala tegap

Desain alami tubuh membuat berjalan mudah, tapi tidak benar saat berdiri dan berjalan dapat menyebabkan postur tubuh yang buruk. Hal ini juga dapat menyebabkan masalah seperti kelelahan, kekakuan sendi dan ketat, otot pegal.

Ketika berjalan, cobalah untuk berjalan dengan menjaga kepala Anda tegak dengan mata memandang lurus ke depan, bahu harus lurus, dan berat badan Anda harus seimbang merata pada kedua kaki.

2. Menjaga postur saat tidur

Memang benar bahwa Anda tidak dapat secara sadar menjaga postur tertentu saat tidur, tapi bagaimana Anda tidur dapat memiliki efek pada postur tubuh Anda. Misalnya, tidur telentang dapat membantu memperbaiki postur tubuh Anda.

Ketika tidur telentang, sumsum tulang belakang Anda mendapat dukungan yang tepat dari tempat tidur dan bahu Anda berbaris sempurna dengan tubuh.

3. Istirahat dari duduk selama berjam-jam

Duduk selama berjam-jam dalam posisi yang sama dapat membuat Anda merasa lelah dan tegang, dan bahkan menyebabkan nyeri di leher dan punggung. Hal ini juga dapat menyebabkan berkurangnya aliran darah, peningkatan stres, mengurangi kreativitas dan membuat Anda kurang energik.

Anda perlu ingat bahwa tubuh Anda tidak dirancang untuk duduk sepanjang hari. Jadi, setelah duduk selama satu jam, berdirilah dan meregangkan otot, berjalan-jalan, melakukan olahraga ringan atau hanya berdiri di tempat selama setidaknya 5 menit.

4. Kenakan sepatu beralas datar

Sepatu hak tinggi dan stiletto yang modis memang sangat populer di kalangan wanita. Namun jenis sepatu ini ternyata tidak baik untuk postur tubuh Anda.

Memakai sepatu hak tinggi untuk waktu yang lama berakibat buruk pada tulang belakang Anda, pergelangan kaki, pinggul, dan lutut, yang pada gilirannya mengubah postur tubuh Anda dan gaya berjalan.

5. Yoga

Yoga sangat baik untuk postur tubuh Anda serta kesehatan secara keseluruhan. Ini membantu meningkatkan keseimbangan, memperkuat otot inti Anda, memperpanjang tulang belakang dan meningkatkan fleksibilitas Anda. Semua faktor ini penting untuk meningkatkan postur tubuh Anda.

Baca juga: Ini Pose Yoga Terbaik untuk Memperkuat Tulang

6. Jangan membungkuk saat pakai komputer

Mereka yang menghabiskan beberapa jam sehari bekerja di depan komputer atau menggunakan perangkat ponsel atau tablet tidak sadar mengadopsi kebiasaan postural yang buruk, seperti membungkukkan punggung mereka.

7. Memperkuat otot-otot inti

Cara lain untuk memperbaiki postur tubuh Anda adalah untuk fokus pada latihan yang memperkuat otot-otot inti Anda, yang merupakan otot punggung perut, yang terhubung ke tulang belakang dan panggul.

8. Hindari menyilangkan kaki saat duduk

Menyilangkan satu kaki meningkatkan tekanan pada satu sisi tubuh, yang tidak baik untuk postur tubuh Anda. Plus, duduk dengan kaki disilangkan dapat menyebabkan nyeri punggung bawah.

9. Berenang

Banyak olahraga dapat membantu memperbaiki postur tubuh Anda, dan renang adalah salah satu dari mereka. Kolam membantu memperkuat kembali otot inti dan sangat baik untuk punggung bawah.

10. Dukungan bantal lumbar

Banyak orang memiliki kecenderungan membungkuk sambil duduk untuk jangka waktu yang lama. Membungkuk memberikan tekanan pada daerah lumbal tulang belakang, yang dapat mempengaruhi postur tubuh Anda dari waktu ke waktu.

Bahkan meningkatkan ketegangan di otot punggung, yang pada gilirannya dapat menyebabkan rasa sakit. Selama situasi seperti itu, dukungan bantal lumbar dapat mengoreksi postur duduk Anda dengan mendukung tulang belakang Anda.

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *