10 Kebiasaan Buruk yang Merusak Kesehatan Rambut

by

Rambut dianggap sebagai mahkota dan pilar keindahan wanita yang perlu dirawat dengan baik. Itulah mengapa produk perawatan rambut bisa bernilai jutaan rupiah. Namun, beberapa orang tak menyadari itu, sehingga melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk yang akhirnya bisa merusak rambut dan membuatnya jadi tak indah lagi.

10 Kebiasaan Buruk yang Merusak Kesehatan Rambut
Nah, untuk menghindari hal yang tak diinginkan tersebut, berikut ini 10 kebiasaan buruk yang merusak rambut alami Anda. Sebaiknya Anda hindari sedini mungkin, ya!

1. Stres

Stres tidak hanya mempengaruhi kesehatan mental dan fisik seseorang, bahkan dapat menyebabkan kerontokan rambut. Ketika Anda stress, rambut Anda akan masuk ke fase telogen, yakni rontok rambut.

2. Kurangnya nutrisi makanan

Bila Anda sedang melakukan proses penurunan berat badan, biasanya Anda hanya fokus pada penurunan berat badan saja, tanpa fokus pada nutrisinya. Nah, hal tersebut juga dapat membuat rambut Anda rontok, karena kurangnya nutrisi. Akibatnya pertumbuhan rambut menjadi terhambat.

3. Alat penata rambut

Kebanyakan perempuan sering bereksperimen dengan alat penata rambut, seperti alat catok, dan lain sebagainya. Alat-alat tersebut rupanya sangat berperan dalam rusaknya sel-sel rambut yang menyebabkan kerontokan.

4. Menggunakan produk kimia

Untuk menjaga rambut sehat, banyak dari Anda mengandalkan sampo berbahan kimia, gel, serum, dan produk styling. Perlu Anda ketahui, produk-produk berbahan kimia tersebut memiliki efek jangka panjang yang buruk untuk rambut Anda.

5. Kolam renang tinggi klorin

Berenang adalah salah satu aktifitas dan olahraga yang menarik dan digemari banyak orang. Namun, Anda harus hati-hati, kandungan klorin dalam kolam renang bila terlalu sering terkena rambut Anda, akan membuat rambut Anda kering, yang nantinya akan membuat rambut Anda mudah patah dan rontok.

6. Backcombing rambut

Kerusakan berbulan-bulan juga dapat disebabkan oleh kebiasaan backcombing rambut. Backcombing rambut dapat menyebabkan kerusakan hingga berbulan-bulan dan membuat rambut kehilangan kilaunya.

7. Memakai gaya rambut yang tak sewajarnya

Tren mode terus bergulir, diikuti oleh tren rambut, jika Anda mengikuti tren tersebut, ada kemungkinan Anda sering bergonta-ganti gaya rambut, hal tersebut akan membuat kerusakan di rambut Anda semakin parah.

8. Menyisir rambut yang masih basah

Karena terburu-buru, mungkin Anda sering menyisir rambut Anda meski masih basah. Hindari hal tersebut karena akan merusak rambut Anda dan membuat rambut Anda rapuh serta mudah patah.

9. Terlalu sering keramas

Sering keramas adalah kesalahan lain yang sangat umum yang membuat rambut rusak. Terlalu banyak keramas dapat menghisap kelembaban alami dari rambut Anda dan mengeringkannya, menyebabkan kerusakan.

10. Mandi air panas

Mandi setiap hari adalah salah satu kebiasaan higienis yang setiap orang harus melakukannya. Tapi, mandi air panas terlalu sering akan merusak rambut Anda. Panas dari mandi air panas dapat menanggalkan minyak rambut

Anda alami (serum), yang membuat rambut menjadi kering dan rapuh. Hal ini dapat membuat rambut Anda lebih rentan terhadap kerusakan dan jatuh.

Baca juga:
(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *