10 Kebiasaan Sehat Sebelum dan Sesudah Makan Malam

by

Penting untuk mempertahankan gaya hidup yang baik untuk menjaga tubuh Anda fit dan sehat. Sama seperti sarapan, makan malam juga merupakan kebiasaan yang penting. Makan malam memberikan tubuh nutrisi penting yang dibutuhkan untuk berfungsi saat Anda sedang tidur. Selain itu, makan malam yang sehat dan ringan juga membantu Anda menikmati tidur nyenyak dan tenang.

10 Kebiasaan Sehat Sebelum dan Sesudah Makan Malam
Orang sering mengabaikan pentingnya makan sehat, atau mereka membuat pilihan yang buruk untuk menu makan malam. Para ahli kesehatan merekomendasikan makan malam setidaknya 2 jam sebelum tidur. Makan secukupnya dan menghindari minuman berkafein atau minuman beralkohol saat makan malam.

Selain itu, ada banyak hal yang perlu Anda lakukan sebelum dan setelah makan malam untuk menjaga kesehatan tetap optimal. Berikut adalah 10 kebiasaan sehat yang harus Anda praktekkan sebelum dan setelah makan malam.

1. Minum Air Hangat

Minum segelas air hangat 30 menit sebelum makan bagus untuk pencernaan. Selain itu, air akan membuat Anda kenyang dan mencegah makan berlebihan saat makan malam.

Anda dapat minum sedikit air selama makan untuk membantu menelan makanan. Hindari minum terlalu banyak air karena dapat mengganggu pencernaan.

2. Jangan Langsung Tidur

Setelah menikmati makan malam yang, banyak orang tergoda untuk pergi tidur segera. Namun, hal tersebut dapat merugikan. Berbaring setelah makan dapat memperlambat proses pencernaan. 


Baca juga: 10 Penyebab Tidur Tidak Nyenyak di Malam Hari

Cara ini juga dapat membuat Anda merasa kembung dan dapat menyebabkan mulas. Tunggu minimal 2 jam sebelum pergi ke tempat tidur. Selama waktu ini, Anda dapat berjalan-jalan, atau setidaknya bergerak.

3. Jalan-Jalan

Setelah makan malam dan sebelum tidur, tunggu 30 menit dan berjalan-jalan. Tidak perlu selama satu jam panjang Anda berjalan. Anda dapat menikmati 15 sampai 20 menit berjalan di dekat rumah Anda.

4. Hindari Latihan Berat

Berjalan adalah latihan yang ideal setelah makan malam. Latihan berat larut malam, terutama sesi cardio, meningkatkan suhu tubuh secara signifikan, mencegah pelepasan melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur. Latihan atau olahraga larut malam dapat mengganggu kemampuan Anda untuk tertidur.

5. Hindari Langsung Menyikat Gigi

Sangat penting untuk menyikat gigi dengan benar segera setelah makan tetapi tidak segera. Tunggu 30 menit dan kemudian sikat gigi Anda. Untuk kesehatan mulut secara keseluruhan, American Dental Association merekomendasikan menyikat gigi sebelum tidur. Ini akan membantu menghilangkan plak dan menetralkan pH mulut, menjaga gigi Anda bersih dan sehat

6. Jangan Merokok

Perokok mungkin tergoda untuk merokok setelah makan malam, tapi lebih baik untuk menahan diri. Merokok setelah makan mendorong mulas oleh sfingter esofagus bagian bawah Anda.

Selain itu, merokok memperburuk gejala sindrom iritasi usus besar serta kolitis ulserativa (ulkus lambung). Merokok juga memiliki efek buruk pada otot usus.

7. Hindari Langsung Mandi

Mandi setelah makan malam dapat mengganggu proses pencernaan. Pencernaan membutuhkan banyak energi dan jumlah aliran darah ke perut. Ketika Anda mandi tepat setelah makan malam, hal itu menyebabkan sedikit penurunan suhu tubuh. Dianjurkan untuk menunggu setidaknya 30 sampai 45 menit setelah setiap makan sebelum mandi.

8. Pakai Pakaian Longgar

Jika Anda makan malam di rumah, pakailah pakaian longgar dan nyaman. pakaian pas ketat akan menekan perut Anda yang dapat berkontribusi untuk sakit maag. Jika Anda makan malam keluar, segera berganti pakaian nyaman ketika Anda tiba di rumah.

9. Jangan Longgarkan Ikat Pinggang

Jika Anda merasa perlu untuk melonggarkan ikat pinggang Anda selama atau setelah makan malam, itu hanya menunjukkan bahwa Anda telah kekenyangan. Kebiasaan melonggarkan ikat pinggang Anda setelah makan berat dapat mengendurkan otot-otot perut Anda, yang mengarah ke perut menggembung besar.

10. Hindari Buah Usai Makan Malam

Buah-buahan memang merupakan makanan menyehatkan. Namun makan buah-buahan setelah makan malam tidak sehat. Sulit bagi tubuh untuk mencerna buah benar jika Anda makan mereka segera setelah makan malam. Juga, kandungan gula dalam buah kemungkinan akan membuat Anda terjaga dan menghambat pencernaan.

(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • kebiasaan baik sebelum dan sesudah makan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *