10 Kebiasaan Sepele Tapi Justru Merusak Kesehatan

by

Menjaga kesehatan adalah penting. Tapi sayangnya, kebanyakan dari kita sering memilih untuk sibuk dalam kehidupan pribadi dan profesional dan cenderung mengabaikan kesehatan. 

10 Kebiasaan Sepele Tapi Justru Merusak Kesehatan
Ingat bahwa kesehatan adalah hubungan antara Anda dan tubuh Anda, dan apa pun yang Anda lakukan dalam rutinitas harian Anda memiliki dampak positif atau negatif pada kesehatan Anda.

Dengan menghilangkan atau mengubah beberapa kebiasaan tidak sehat yang sering Anda lakukan, Anda dapat menjaga tubuh Anda sehat, baik secara fisik dan mental. Berikut adalah 10 hal yang Anda tidak tahu justru merusak kesehatan Anda.

1. Tidur tidak pulas

Jika jadwal sibuk Anda mempengaruhi berapa banyak tidur yang Anda dapatkan setiap malam, Anda harus mengubah jadwal Anda sehingga Anda dapat menikmati tidur yang sangat dibutuhkan.

Menurut National Sleep Foundation, orang dewasa harus tidur setidaknya 7 sampai 8 jam setiap malam. Anak-anak dan remaja membutuhkan lebih banyak tidur, antara 9 sampai 11 jam.

Kurang tidur berhubungan dengan kekebalan serta banyak masalah kesehatan lainnya. Kurang tidur yang teratur meningkatkan risiko infeksi dan kondisi kesehatan serius lainnya, seperti penyakit jantung, stroke, hipertensi, diabetes dan obesitas.

Baca juga: 10 Penyebab Tidur Tidak Nyenyak di Malam Hari

2. Makan makanan cepat saji

Jika Anda tidak punya waktu untuk memasak, memilih makanan cepat saji tampaknya solusi yang terbaik. Tapi makanan cepat saji berkontribusi sedikit atau tidak ada nilai gizi untuk diet Anda. Sebaliknya, makanan ini dikemas dengan kelebihan kalori, lemak, gula dan kadar garam, yang tidak baik untuk kesehatan Anda.

Jenis makan yang tidak sehat berkontribusi terhadap beberapa masalah kesehatan. Obesitas, diabetes tipe 2, penyakit jantung, stroke, kolesterol tinggi, demensia dan berbagai jenis kanker berkaitan erat dengan diet yang tidak sehat.

3. Minum minuman bersoda

Banyak dari kita sering minum soda bukannya air biasa untuk memuaskan dahaga tanpa menyadari betapa berbahaya itu. Minuman soda yang bergula meningkatkan risiko kenaikan berat badan berlebih, diabetes tipe 2, dan penyakit kardiovaskular.

Alih-alih mengendalikan berat badan, mereka justru merangsang nafsu makan. Beberapa soda bahkan mengandung kafein yang memberikan kontribusi untuk dehidrasi. Jadi, memuaskan dahaga Anda dengan minuman tersebut bukan ide yang baik.

4. Ketergantungan terhadap ponsel

Penggunaan yang berlebihan dari ponsel dan headphone menjadi kebiasaan global. Kebiasaan ini memiliki efek negatif yang signifikan pada kesehatan Anda. Sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam BMC Public Health melaporkan bahwa stres, gejala depresi dan gangguan tidur yang terkait dengan penggunaan tinggi ponsel pada orang dewasa muda (berusia 20 sampai 24 tahun) selama 1 tahun.

5. Penyalahgunaan obat antinyeri

Mengandalkan penghilang rasa sakit untuk meringankan sakit umum dan nyeri mungkin tidak tampak menjadi masalah serius tetapi memiliki banyak efek samping. Meskipun mereka membantu meringankan rasa sakit sementara, obat penghilang rasa sakit ini datang dengan beberapa efek samping.

Mereka dapat menyebabkan gangguan pencernaan; merusak ginjal, hati atau fungsi jantung; dan merusak kemampuan darah untuk membeku.

6. Mengabaikan panggilan buang air kecil

Ketika Anda sedang asyik dalam pekerjaan, melakukan sesuatu yang sangat penting, mengemudi atau bepergian, Anda mungkin cenderung menunda panggilan buang air kecil. Tetapi jika Anda mengabaikan dorongan untuk menggunakan toilet, Anda meletakkan beban pada kandung kemih dan ginjal.

Mempertahankan urine untuk jangka waktu yang lama dan secara teratur meningkatkan tekanan urin dan dapat menyebabkan gagal ginjal, batu ginjal dan inkontinensia.

7. Duduk terlalu lama

Terlepas dari apakah Anda sedang duduk di depan layar komputer atau televisi Anda, duduk lama tidak baik untuk kesehatan Anda. Duduk untuk jangka waktu yang lama tanpa mengambil istirahat dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, termasuk obesitas dan sindrom metabolik (sekelompok kondisi yang mencakup peningkatan tekanan darah, gula darah tinggi, kelebihan lemak tubuh di sekitar pinggang dan kadar kolesterol abnormal) .

8. Malas berjalan kaki

Manfaat kesehatan dari berjalan melewati tangga daripada menggunakan lift akan membuat Anda lebh sehat. Berjalan melewtai tangga adalah latihan gratis bagi mereka yang tidak punya waktu untuk berolahraga atau pergi ke gym.

Berjalan melewati tangga baik untuk jantung Anda. Hal ini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik Anda. Juga dapat mengurangi ketegangan, melawan stres, menjaga berat badan dan memperkuat sendi Anda.

9. Menghindari sinar matahari

Dengan meningkatnya kesadaran akan efek berbahaya dari sinar ultraviolet (UV) sinar matahari pada kulit, beberapa orang benar-benar menghindari sinar matahari. Sinar matahari diperlukan bagi tubuh untuk memproduksi vitamin D. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan banyak komplikasi kesehatan.

10. Berpikir negatif dan stres

Pikiran negatif dan stres dapat memiliki dampak negatif pada fisik Anda serta kesehatan psikologis. Stres kronis, khususnya, sangat merugikan kesehatan. Menurut sebuah studi 2012 oleh para peneliti di Carnegie Mellon University, stres psikologis kronis mempengaruhi kemampuan tubuh untuk mengatur peradangan dan mempromosikan pengembangan dan perkembangan penyakit. 

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *