10 Manfaat Kesehatan dari Tanaman Asparagus

by

Tidak peduli jenis yang Anda pilih, asparagus adalah sayuran lezat yang juga kaya akan vitamin dan mineral. Asparagus ini biasanya disajikan sebagai hidangan pembuka atau lauk. Dikukus, dipanggang, digoreng atau ovenroasting adalah metode memasak yang paling disukai.

Tidak hanya asparagus lezat, itu dikemas dengan manfaat kesehatan. Asparagus mengandung vitamin seperti A, B1, B2, B3, B6, C, E dan K. Asparagus juga memiliki mineral seperti zat besi, asam folat, kalsium, kalium, seng, magnesium, mangan, fosfor dan asam amino. Selain itu, ia memiliki jumlah yang baik dari serat makanan, karbohidrat, protein dan lemak sehat.

10 Manfaat Kesehatan dari Tanaman Asparagus
Satu hal yang baik adalah bahwa asparagus rendah kalori dan sodium dan tinggi kandungan air. Asparagus juga mempunyai sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Salah satu kelemahan dari asparagus adalah bahwa dapat menyebabkan bau yang kuat dan tidak menyenangkan dalam urin.

Selama pencernaan, asam amino sulfur yang terurai menjadi komponen kimia bau, menyebabkan bau dalam urin. Juga, senyawa seperti fruktans dan rafinosa yang hadir dalam asparagus dapat menyebabkan gas perut.

Namun, melihat banyak sisi positifnya dari asparagus, Anda hanya harus memasukkannya dalam diet Anda. Berikut adalah 10 manfaat kesehatan dari asparagus.

1. Mencegah kanker

Memiliki daun hijau yang kaya akan antioksidan, asparagus membantu memecah karsinogen dan senyawa berbahaya lainnya seperti radikal bebas. Hal ini akan mengurangi risiko berbagai jenis kanker, seperti tulang, payudara, usus besar, laring dan paru-paru. 
Baca juga: Daftar Buah Sehat Pencegah Penyakit Kanker

Selain itu, kaya glutathione, senyawa detoksifikasi yang dapat membantu menghancurkan karsinogen. Sebuah studi tahun 2004 yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition melaporkan bahwa kekurangan glutathione memberikan kontribusi terhadap stres oksidatif, yang memainkan peran kunci dalam penuaan dan patogenesis banyak penyakit, termasuk berbagai jenis kanker.

2. Membantu melancarkan pencernaan

Serat makanan dan sifat pencahar asparagus membantu memindahkan makanan melalui usus dan menjaga sistem Anda. Ini merupakan faktor kunci dalam menjaga kembung dan sembelit. Plus, sayuran hijau ini mengandung inulin, prebiotik yang tidak dipecah dan dicerna sampai mencapai usus besar.

3. Menjaga tulang sehat

Tinggi vitamin K, asparagus memainkan peran kunci dalam menjaga kepadatan tulang yang tinggi. Bahkan perbaikan tulang dan sendi yang rusak oleh keausan. Hal ini pada gilirannya akan mengurangi risiko masalah seperti osteoporosis dan osteoarthritis.

4. Mendukung kesehatan jantung

Antioksidan yang sangat baik dan sifat anti-inflamasi asparagus membuatnya sangat bermanfaat bagi jantung Anda. Vitamin B dalam asparagus membantu menjaga kadar sehat homosistein, yang membantu mencegah gangguan jantung serius.

5. Booster otak

Vegetarian yang lezat ini juga membantu otak Anda melawan penurunan kognitif. Tingginya jumlah folat dan vitamin B12 dalam asparagus memainkan peran kunci dalam mencegah penurunan kognitif.

6. Mencegah cacat lahir

Jika Anda sedang hamil atau mencoba untuk hamil, asparagus adalah salah satu makanan yang harus ada dalam diet Anda. Folat merupakan salah satu nutrisi yang paling penting bagi wanita hamil dan asparagus merupakan sumber yang kaya nutrisi ini.

Folat mengatur formasi sel saraf janin dan embrio. Bahkan membantu pembentukan yang tepat dari sel-sel saraf pada janin, mencegah kelahiran prematur dan menurunkan risiko gangguan autis pada bayi.

7. Mengatur tingkat gula darah

Asparagus merupakan senjata kuliner yang kuat untuk menjaga tingkat gula darah di bawah kontrol dan mengelola diabetes. Vitamin B di dalamnya meningkatkan produksi tubuh insulin, hormon yang membantu penyerapan glukosa. Hal ini juga mengandung kromium, sebuah mineral yang meningkatkan kemampuan insulin untuk mengangkut glukosa dari aliran darah ke dalam sel.

8. Berfungsi sebagai diuretik alami

Asparagus adalah diuretik alami yang besar. Ini mendorong produksi urine, yang meningkatkan ekskresi kelebihan garam dan cairan dari tubuh. Hal ini pada gilirannya akan mengurangi risiko infeksi saluran kemih dan kondisi saluran kemih lainnya.

9. Menjaga kesehatan mata

Asparagus juga baik untuk mata Anda. Vitamin A di dalamnya membantu retina Anda menyerap cahaya untuk memproses gambar dan mengirimkannya ke otak. Hal ini penting untuk penglihatan yang sehat.

10. Penundaan penuaan

Asparagus kaya vitamin E, antioksidan lipid-larut yang mencegah tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput, kulit kendur dan garis-garis halus. Bahkan melindungi jaringan dari kerusakan radikal bebas, yang menjaga kulit Anda tampak muda dan sehat.

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *