10 Manfaat Kesehatan Mendengarkan Musik Secara Rutin

by

Musik telah menjadi bagian dari kehidupan selama ribuan tahun, dan terus menjadi aspek penting dari hampir setiap kebudayaan umat manusia. Musik adalah sebuah bentuk seni yang juga menyediakan hiburan dan kesenangan. 

10 Manfaat Kesehatan Mendengarkan Musik Secara Rutin
Selain itu, musik bekerja sebagai obat bagi jiwa dan tubuh. Ketika jenis musik tertentu diperdengarkan, ia memberikan efek yang luar biasa pada kedua pikiran dan tubuh.

Menurut para ahli kesehatan, mendengarkan musik kesukaan secara rutin dapat berpengaruh baik terhadap kesehatan. Berikut adalah 10 manfaat kesehatan dari musik yang Anda harus tahu.

1. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Banyak orang berjuang dengan stres dan kecemasan setiap hari. Untuk menangani masalah ini, salah satu pilihan yang paling mudah adalah mendengarkan musik dengan memperlambat tempo dan rendah tingginya nada, tanpa lirik atau instrumentasi keras.

Musik yang seperti itu dapat menenangkan orang, bahkan selama waktu yang sangat menegangkan. Sebagai bonus tambahan, musik dapat membantu mengurangi kadar kortisol, penanda biologis stres. Ia bahkan bisa mempromosikan relaksasi otot yang tegang dan membantu Anda merasa lebih optimis dan positif.

2. Mengurangi Nyeri

Musik memiliki kemampuan unik untuk menyembuhkan rasa sakit. Ini membantu mengurangi rasa sakit tetapi mekanisme melalui mana hal ini terjadi tidak begitu jelas. Namun, para ahli percaya bahwa dampak musik pada pelepasan dopamin, suatu neurotransmitter yang penting untuk kebahagiaan dan relaksasi, mungkin memainkan peran.

Sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Nursing melaporkan bahwa terapi musik memiliki beberapa efek positif pada tingkat kecemasan dan rasa sakit pada pasien yang menjalani operasi tulang belakang

3. Meningkatkan Fungsi Imun

Manfaat besar lainnya dari mendengarkan musik adalah bahwa hal itu dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh Anda. Ketika Anda mendengarkan musik, tubuh Anda memiliki peningkatan immunoglobulin A.

Antibodi ini memainkan peran penting dalam sistem lendir dan menjaga sel-sel sehat. Bahkan mengurangi hormon kortisol yang berhubungan dengan stres, yang dapat menyebabkan respon kekebalan menurun.

4. Memotivasi untuk Giat Olahraga

Musik dapat membantu meningkatkan kinerja atletik Anda. Hal ini membantu kinerja olahraga Anda melalui pengurangan perasaan kelelahan, meningkatkan tingkat gairah psikologis dan meningkatkan koordinasi motorik.

Sebuah studi tahun 2006 yang diterbitkan dalam Ergonomi melaporkan bahwa musik keras bisa dimainkan untuk meningkatkan optimal berolahraga di treadmill sampai Anda mencapai tingkat kelelahan.

5. Meningkatkan Memori

Musik juga mempromosikan kesehatan kognitif. Ketika Anda mendengarkan musik sambil belajar, hal ini membantu Anda mengingat informasi yang lebih baik. Musik membantu mempromosikan rilis dopamin, yaitu motivasi untuk terus belajar.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Jika Anda mengalami kesulitan tidur nyenyak, mendengarkan musik yang menenangkan sebelum tidur adalah solusinya. Namun, hindari mendengarkan musik keras atau musik retro, yang dapat memiliki efek sebaliknya.

7. Membantu Anda Makan Lebih Sedikit

Mendengarkan musik lembut selama makan dapat membantu orang memperlambat sambil makan. Pada gilirannya ini membuat mereka lebih sadar ketika perut mereka menjadi penuh.

8. Meningkatkan Fungsi Pembuluh Darah

Ketika mendengarkan musik gembira, Anda merasa baik dan bahagia. Emosi ini teralami sambil mendengarkan musik memiliki efek sehat pada jantung dan pembuluh darah Anda.

Dampak musik mempengaruhi fungsi endotel tubuh, yang membentuk lapisan sel darah. Fungsi endotel yang lebih baik adalah kunci di balik sistem vaskular sehat.

9. Menurunkan Tekanan Darah

Dengan mendengarkan musik santai setiap pagi dan sore selama 30 menit, orang yang menderita tekanan darah tinggi dapat melihat peningkatan besar dalam tingkat tekanan darah mereka yang cenderung menurun menuju ke arah normal.

10. Membantu Pemulihan Stroke

Musik juga dapat membantu pasien stroke pulih lebih cepat. Mendengarkan musik sambil beristirahat di tempat tidur setelah terkena stroke membantu rileks pasien dan mengurangi tingkat stres mereka.

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *