10 Manfaat Meditasi Bagi Kesehatan Pikiran dan Tubuh

by

Meditasi merupakan olahraga tubuh dan pikiran yang orang bisa dipraktekkan oleh siapapun. Teknik sederhana ini dapat dilakukan di manapun Anda berada dan kapan saja. Namun, latihan yang teratur dan konsisten sangat dibutuhkan untuk mencapai manfaat maksimal.

Para ahli menganggap meditasi sebagai jenis pengobatan komplementer yang menghasilkan keadaan relaksasi dan pikiran yang tenang. Hal ini meningkatkan fisik dan kedamaian emosional. 

10 Manfaat Meditasi Bagi Kesehatan Pikiran dan Tubuh
Ada berbagai jenis meditasi dan semua bertujuan yang sama mencapai kedamaian batin tidak peduli apa yang terjadi di sekitar Anda. Beberapa jenis populer dipandu meditasi, meditasi mantra, meditasi mindfulness, Qi gong, Tai chi, meditasi transendental dan yoga.

Praktik ini masih berkembang dan banyak studi terjadi untuk lebih memahami manfaatnya. Untuk hasil terbaik, belajar proses dari seorang ahli atau instruktur dan latihan meditasi bersertifikat di tempat yang tenang dan damai untuk setidaknya 10 sampai 15 menit setiap hari. Berikut adalah 10 manfaat meditasi bagi pikiran dan tubuh Anda sesuai dengan penelitian.

1. Meringankan stres dan kecemasan

Banyak orang berlatih meditasi untuk mengontrol stres dan mengurangi tingkat kortisol, hormon stres. Sebuah tinjauan penelitian dari para peneliti Johns Hopkins University, yang diterbitkan pada tahun 2014 di JAMA Internal Medicine, menunjukkan bahwa meditasi dapat mengurangi beberapa dimensi negatif dari stres psikologis.

2. Mengatasi insomnia

Jika Anda menderita gangguan tidur seperti memiliki waktu yang sulit tidur, cobalah meditasi untuk memecahkan masalah. Tersebut. Sebuah studi 2009 yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan Associated Professional Sleep Societies menyarankan bahwa meditasi mungkin mengintervensi perilaku yang efektif dalam pengobatan insomnia. Meditasi menunjukkan peningkatan subjektif parameter kualitas tidur.
Baca juga: 10 Penyebab Tidur Tidak Nyenyak di Malam Hari

3. Meningkatkan fungsi kognitif 

Meditasi teratur juga memainkan peran kunci dalam meningkatkan kemampuan otak Anda. Ini membantu orang belajar tiga kali lebih cepat daripada mereka yang memiliki sedikit atau tidak ada pengalaman dengan meditasi.

Sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam Psychological Science, menemukan bahwa pelatihan kesadaran dapat membantu meningkatkan nilai tes standar dan meningkatkan memori kerja.

4. Menurunkan tekanan darah

Anda juga dapat mengontrol tekanan darah tinggi dengan meditasi secara teratur, dan penelitian kini telah membuktikannya. Tekanan darah tinggi, juga disebut hipertensi, adalah “silent killer” karena dalam banyak kasus, tidak menimbulkan gejala dan terlihat tetapi menimbulkan kerusakan yang signifikan pada jantung dan pembuluh darah.

Sebuah studi 2008 oleh University of Kentucky dan dipublikasikan dalam American Journal of Hypertension menunjukkan bahwa meditasi transendental adalah pengobatan yang efektif untuk mengendalikan tekanan darah tinggi. Ia bahkan bisa mengurangi efek samping yang mungkin dan bahaya obat anti-hipertensi.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Meditasi juga dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda dan menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. Sebuah studi 2012 yang diterbitkan dalam Circulation: Cardiovascular Quality menyoroti fakta bahwa meditasi dapat mengurangi serangan jantung, stroke dan bahkan kematian dini akibat penyakit jantung.

6. Penundaan penuaan otak

Meditasi ini juga bagus untuk menunda penuaan otak dan mencegah penyakit neurodegenerative seperti gangguan kognitif ringan, penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson. Dengan usia, beberapa bagian dari otak mulai menyusut, menyebabkan dan penyakit Lou Gehrig.

Dengan meditasi secara teratur, Anda dapat menunda penuaan otak dengan meningkatkan materi abu-abu, neuron unmyelinated dan sel-sel lain dari sistem saraf pusat.

7. Peningkatkan kekebalan

Penelitian menunjukkan bahwa meditasi teratur dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang penting untuk berfungsinya tubuh. Sebuah studi tahun 2003 yang diterbitkan dalam jurnal Psychosomatic menunjukkan bahwa meditasi menyebabkan perubahan positif dalam otak dan fungsi sistem kekebalan tubuh.

8. Mengurangi mood negatif

Bermeditasi secara teratur bahkan dapat membantu Anda melawan suasana hati negatif. Meditasi mengarah ke tingkat yang lebih tinggi dari gelombang otak alfa, yang dapat membantu mengurangi mood negatif dan perasaan termasuk marah, ketegangan dan kesedihan.

9. Mengurangi rasa kesepian

Kesepian, setidaknya di antara orang-orang yang lebih tua, dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan. Anda dapat mengurangi kesepian dengan meditasi. Menurut sebuah studi 2012 yang diterbitkan dalam Brain, Behavior and Immunity jurnal, program meditasi memiliki hubungan positif dengan mengurangi persepsi kesepian pada orang dewasa yang lebih tua.

10. Mencegah kerusakan genetika

Meditasi dapat mengubah ekspresi gen dan mengurangi tingkat gen pro-inflamasi. Hal ini pada gilirannya mendorong pemulihan fisik lebih cepat dari situasi stres. Selain itu, dapat mengubah proses saraf, perilaku dan biokimia dan mencegah penyakit inflamasi.

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *