10 Tanda dan Gejala Kekurangan Zat Besi

by

Zat besi merupakan mineral makanan penting yang terlibat dalam berbagai fungsi tubuh. Hal ini umumnya dikenal untuk membantu produksi hemoglobin, protein yang membantu sel-sel darah merah mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh Anda.

Zat besi juga bertindak sebagai media transportasi untuk elektron untuk melakukan perjalanan di dalam sel dan diperlukan bagi banyak enzim untuk berfungsi secara normal.

10 Tanda dan Gejala Kekurangan Zat Besi
Mempertahankan tingkat yang sehat zat besi dalam tubuh Anda adalah penting. Namun kekurangan zat besi adalah kekurangan gizi yang paling umum di dunia. Jika tidak dikendalikan, dapat menyebabkan anemia defisiensi besi.

Beberapa penyebab umum dari kekurangan zat besi pada orang dewasa adalah kurangnya asupan zat besi melalui diet, kehilangan darah kronis, peningkatan kebutuhan zat besi oleh tubuh seperti selama kehamilan, dan ketidakmampuan menyerap zat besi. 

Baca juga: Cara Ampuh Mengatasi Anemia Secara Alami

Selama kehamilan, wanita harus mengkonsumsi 27 mg zat besi per hari. Di sisi lain, direkomendasikan asupan makanan harian zat besi untuk pria adalah sekitar 8 mg. Berikut adalah 10 tanda-tanda dan gejala kekurangan zat besi.

1. Kelelahan

Kelelahan adalah gejala umum pada orang yang memiliki tingkat zat besi yang rendah. Besi penting untuk menjaga tingkat optimal dari hemoglobin, yang merupakan bahan kimia pembawa oksigen dalam aliran darah. Kekurangan oksigen dalam tubuh menyebabkan kelelahan konstan.

2. Sesak napas

Karena tingkat zat besi yang rendah, kurang oksigen mencapai berbagai bagian tubuh Anda. Ketika tingkat oksigen tubuh rendah, maka akan menyebabkan sesak napas, tidak peduli seberapa dalam Anda bernapas.

3. Kulit pucat

Tanda lain umum yang terkait dengan kekurangan zat besi adalah kulit pucat. Karena tingkat zat besi yang rendah, tubuh Anda tidak dapat memproduksi hemoglobin yang cukup. Fungsi hemoglobin adalah memberikan darah Anda warna merah dan kulit Anda rona kemerahan.

4. Kuku rapuh

Jika kuku Anda terlihat pucat dan rapuh, itu bisa menjadi tanda kemungkinan kekurangan zat besi. Seiring dengan kuku rapuh, depresi cekung atau berbentuk lengkung di kuku dapat mengindikasikan tingkat zat besi yang kurang dalam tubuh.

Tingkat zat besi yang rendah menghambat kemampuan tubuh Anda untuk menghasilkan cukup hemoglobin, yang membantu membawa oksigen ke seluruh sistem anda, termasuk untuk kuku Anda.

5. Rambut rontok

Ada banyak kemungkinan penyebab rambut rontok dan kekurangan zat besi adalah salah satunya. Sebuah studi tahun 2006 yang diterbitkan dalam Journal of American Academy of Dermatology menunjukkan bahwa asupan zat besi yang cukup dapat menjadi kunci untuk memulihkan pertumbuhan rambut.

6. Kondisi Pica

Pica adalah suatu kondisi di mana seseorang memiliki keinginan yang tidak biasa untuk zat non gizi yang dapat menyebabkan risiko kesehatan yang signifikan. Kondisi ini bisa menjadi tanda dari rendahnya tingkat zat besi atau nutrisi lain dalam tubuh.

7. Sensitif terhadap suhu dingin

Zat besi membantu sel-sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh Anda, yang pada gilirannya membawa panas dan nutrisi lain untuk setiap sel dalam sistem Anda.

Tanpa zat besi yang cukup, sel-sel darah merah tidak dapat melakukan pekerjaan mereka dengan cara yang benar. Hal ini menyebabkan peningkatan sensitivitas terhadap dingin dan Anda menggigil lebih sering.

8. Sering sakit kepala

Kekurangan zat besi mencegah oksigen yang cukup untuk mencapai otak Anda. Hal ini menyebabkan pembengkakan di arteri otak, yang menyebabkan sakit kepala. Sakit kepala jenis ini dapat membuat sangat sulit untuk berkonsentrasi.

9. Depresi

Mempertahankan tingkat zat besi yang tepat dalam tubuh adalah penting untuk kesehatan mental dan emosional Anda. Tingkat zat besi yang sehat sangat penting bagi kognitif, sensor motorik dan emosional sosial perkembangan dan fungsi, karena membantu membawa oksigen ke seluruh aliran darah Anda.

10. Restless Legs Syndrome

Jika Anda tidak bisa berhenti gelisah ketika mencoba untuk tidur dan menghambat kualitas tidur Anda, maka Anda mungkin memiliki Restless Legs Syndrome. Orang yang memiliki kekurangan zat besi seluler lebih rentan menderita sindrom ini.

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *