10 Tips Penting Meditasi Bagi Para Pemula

by

Meditasi adalah jenis latihan menakjubkan yang meningkatkan perasaan kedamaian dan kepuasan batin dan pikiran. Pada tingkat yang lebih dalam, meditasi adalah pintu yang membantu Anda memecahkan misteri siapa diri Anda sebenarnya.

Meditasi teratur dapat menguntungkan Anda secara fisik dan psikologis, diantaranya mengurangi ketegangan fisik, melawan stres, mengurangi kecemasan, tekanan darah rendah, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan tingkat energi dalam tubuh Anda.

10 Tips Penting Meditasi Bagi Para Pemula
Selain itu, meditasi juga bermanfaat dalam membantu mengontrol amarah, membuat pikiran Anda lebih tenang, menanamkan kepercayaan dan membantu Anda tidur lebih baik. Plus, membantu menghilangkan pikiran negatif yang dapat mencegah Anda dari perasaan bahagia dan menikmati hidup Anda.

Meditasi bekerja sebagai resep alami untuk orang-orang yang ingin memiliki kontrol atas pikiran mereka. Latihan ampuh ini adalah gratis dan dapat dipraktekkan oleh siapa saja, di mana saja.

Anda memang akan memakan waktu cukup lama untuk menguasainya seni meditasi. Akan tetapi sekali Anda melakukannya, Anda akan melihat betapa tenang tubuh dan pikiran. Meditasi tidak mudah tapi bukan sama sekali tidak mungkin. Berikut adalah 10 tips tentang cara untuk bermeditasi untuk pemula.

1. Pilih Tempat dan Waktu yang Tepat

Terutama ketika Anda seorang pemula, sangat penting untuk memilih tempat yang tepat untuk meditasi. Anda membutuhkan tempat yang nyaman dan bebas dari gangguan.

Misalnya, jika Anda ingin mulai berlatih meditasi di dalam ruangan, memilih sebuah ruangan yang sejuk dan berventilasi baik. Meredupkan cahaya, matikan TV dan radio, menutup jendela untuk memblokir suara jalan dan menutup pintu untuk privasi.

2. Menjaga Postur yang Tepat

Postur penting untuk meditasi karena postur tubuh yang tepat akan membantu Anda duduk dengan nyaman. Postur tubuh yang benar juga akan memungkinkan Anda untuk tetap fokus dan tetap waspada dan sadar. Di sisi lain, postur yang salah dapat membuat Anda lebih mungkin untuk tertidur dan bahkan menyebabkan obstruksi pada pernapasan Anda.

Ketika bermeditasi, duduk dengan kaki disilangkan dan menjaga tulang belakang Anda lurus dan tegak. Postur tegak ini akan membantu Anda berkonsentrasi pada pernapasan Anda saat Anda menghirup dan menghembuskan napas secara perlahan dan mendalam.

3. Lepaskan Potensi Gangguan

Sebagai pemula, Anda mungkin melihat banyak gangguan saat bermeditasi. Suara air yang menetes dari keran, yang berputar dari AC atau kipas angin, anjing menggonggong atau suara kendaraan yang bergerak di luar ini hanya beberapa contoh dari banyak hal yang bisa mengalihkan perhatian Anda.

Meskipun tidak mungkin untuk menyingkirkan semua jenis gangguan, Anda dapat mengontrol banyak hal. Cobalah untuk menghapus gangguan seperti sebelum Anda duduk untuk bermeditasi.

4. Kenakan Pakaian Nyaman

Mengenakan pakaian yang tepat untuk meditasi adalah sama pentingnya dengan memilih suasana yang tepat dan waktu yang tepat. Jika Anda memakai pakaian ketat seperti jeans, Anda mungkin tidak nyaman secara fisik. Ini akan membuat sulit untuk tetap tenang dan bermeditasi.

5. Melakukan Peregangan

Meditasi membutuhkan duduk di satu tempat untuk jangka waktu tertentu. Bahkan, mereka yang baru untuk meditasi sering merasa sangat sulit atau tidak nyaman untuk duduk diam selama beberapa menit.

Inilah sebabnya mengapa dianjurkan untuk melakukan beberapa peregangan ringan sebelum memulai sesi meditasi Anda untuk meminimalkan ketegangan atau sesak.

6. Ikuti Pola Pernapasan

Ketika bermeditasi, berikan diri Anda sesuatu yang positif untuk fokus pada, seperti napas Anda. Segera setelah Anda mulai berkonsentrasi pada penarikan dan embusan napas, pikiran tentang dunia luar terjatuh sendiri. Ini adalah salah satu cara termudah untuk menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan stres dan mengalihkan pikiran Anda.

7. Fokuskan Pikiran

Pada awalnya, akan sulit untuk fokus pada hal tertentu tanpa gangguan dari pikiran yang mengganggu. Anda perlu melatih pikiran Anda untuk fokus perlahan tapi pasti. Untuk memulai, Anda bisa fokus pada satu bagian tubuh Anda.

Misalnya, mulai fokus pada telapak kaki Anda dan kemudian perlahan-lahan bergerak ke jari-jari kaki, bagian atas kaki Anda, pergelangan kaki, semua jalan sampai tubuh Anda ke atas kepala Anda.

8. Komitmen Pada Diri

Bila Anda telah membuat pikiran Anda untuk membuat meditasi bagian dari rutinitas harian Anda, Anda harus benar-benar kuat dalam keputusan Anda. Pada awalnya, tidak peduli seberapa gelisah pikiran Anda, betapa sulitnya untuk fokus atau bagaimana tidak nyaman Anda menemukan seluruh proses, Anda setidaknya harus mencobanya.

9. Mencari Komunitas

Jika Anda ingin mempelajari seni meditasi, Anda dapat bergabung dengan kelompok atau komunitas di mana Anda dapat menemukan orang-orang seperti Anda. Bergabung kelompok tersebut memotivasi dan mendorong Anda untuk berbuat lebih baik. Selain itu, suasana tempat tersebut ideal untuk bermeditasi.

10. Praktek Bersyukur

Pada akhir sesi meditasi Anda, meskipun hanya beberapa menit, penting untuk berlatih syukur. Hal ini menunjukkan apresiasi Anda sendiri terhadap kemampuan Anda untuk berlatih dan kemampuan pikiran Anda untuk tetap fokus selama latihan itu. 

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *