10 Alasan Mengapa Telepon Seluler Buruk Bagi Kesehatan

by

Ponsel telah merevolusi komunikasi pada abad ke-21, dan penggunaan ponsel sendiri telah mengalami peningkatan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Orang zaman sekarang lebih aktif dalam menggunakan gadget terutama ponsel untuk mengecek pesan, peringatan, atau panggilan, bahkan ketika perangkat ponsel tersebut tidak berdering atau bergetar.

10 Alasan Mengapa Telepon Seluler Buruk Bagi Kesehatan
Kecanduan ponsel ini tanpa disadari dapat mengganggukesehatan Anda. Paparan jangka panjang radiasi elektromagnetik dari ponsel menghambat kesehatan Anda dalam berbagai macam cara. Bahkan, berbagai penelitian telah menyoroti sisi negatif dari ponsel. Berikut adalah 10 alasan mengapa ponsel buruk bagi kesehatan Anda.

1. Menghambat tidur
Menggunakan ponsel di malam hari dapat menghambat tidur Anda. Cahaya yang berasal dari ponsel mempengaruhi ritme sirkadian tubuh Anda dan meminta produksi hormon yang mempromosikan kewaspadaan.

Selain itu, jika Anda meletakkan ponsel Anda dekat dengan tempat tidur Anda, ada kemungkinan tinggi Anda terbangun di tengah malam karena getaran. Menurut sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam BMC Public, gangguan tidur serta stres dan gejala depresi terkait dengan penggunaan telepon seluler.

2. Menyebarkan infeksi
Jika Anda menggunakan ponsel Anda di toilet, rumah sakit, pasar atau tempat umum lainnya, ada kemungkinan tinggi bahwa perangkat Anda sangat terkontaminasi bakteri dan kuman. Dalam sebuah studi 2011 yang dilakukan di London School of Hygiene & Tropical Medicine dan Queen Mary, University of London, peneliti mengukur tingkat bakteri pada sekitar 400 ponsel. Hasilnya, 92 persen dari ponsel mengandung bakteri yang cukup tinggi.

3. Meningkatkan risiko serangan jantung
Radiasi dari ponsel tidak baik untuk kesehatan jantung Anda. Energi elektromagnetik yang dipancarkan oleh ponsel menyebabkan oksidasi dan melemahkan membran sel.

Radiasi yang dipancarkan oleh telepon nirkabel, termasuk ponsel, menyebabkan penyimpangan jantung, menurut sebuah studi 2010 yang diterbitkan dalam European Journal of Oncology.

4. Mempengaruhi kesehatan reproduksi
Radiasi ponsel juga memiliki efek negatif pada kesehatan reproduksi, terutama pada pria. Radiasi berbahaya yang dipancarkan oleh ponsel dapat menyebabkan lambat atau rusak sperma dan penurunan konsentrasi sperma. Sebuah studi 2007 yang diterbitkan dalam Reproduksi Biomedik Online menyarankan bahwa berlebihan penggunaan telepon seluler berperan dalam infertilitas pria.

Studi lain tahun 2007 diterbitkan dalam Annals of Agricultural and Environmental Medicine menganalisis pengaruh peralatan GSM pada air mani. Para peneliti menyimpulkan bahwa peningkatan persentase sel sperma morfologi normal dikaitkan dengan durasi paparan gelombang berbahaya yang dipancarkan oleh telepon.

5. Meningkatkan stres
Jika Anda memiliki kebiasaan memeriksa ponsel Anda setiap beberapa menit, itu bisa menjadi alasan di balik meningkatnya tingkat stres Anda. Plus, suara dering konstan, tanda getaran dan pengingat dapat menyebabkan lebih banyak stres.

Sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam BMC Public Health melaporkan bahwa penggunaan ekstensif ponsel memiliki koneksi langsung ke tingkat stres. Hal ini juga dapat menyebabkan gangguan tidur dan gejala depresi.

6. Gangguan pendengaran
Radiasi berbahaya yang dipancarkan oleh ponsel dapat merusak jaringan halus dari telinga bagian dalam. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pendengaran frekuensi tinggi. Sebuah studi tahun 2006 menunjukkan bahwa tingkat yang lebih tinggi dari gangguan pendengaran bisa terjadi terkait dengan paparan jangka panjang untuk medan elektromagnetik yang dihasilkan oleh ponsel.

7. Penyebab penurunan penglihatan
Mata sangat rentan terhadap efek pemanasan dari gelombang radio yang dipancarkan dari ponsel. Plus, lebih dari paparan sinar biru-violet yang dipancarkan dari layar ponsel Anda memiliki potensi untuk menempatkan Anda pada risiko yang lebih besar dari degenerasi makula, penyebab utama kebutaan.

8. Menyebabkan Spinal Misalignment
Umum bagi pengguna untuk terus miring ke bawah saat melihat ponsel mereka. Ini benar-benar buruk tulang belakang serta postur tubuh Anda. Jika Anda memiliki kebiasaan memegang ponsel Anda di antara leher dan bahu, 

Anda secara tidak langsung meletakkan beban pada leher dan punggung. Hal ini dapat menyebabkan sakit leher dan punggung, mulai dari yang kronis, nyeri, hingga kejang otot punggung bagian atas yang tajam dan bahkan parah.

9. Meningkatkan risiko kecelakaan
Banyak benda dan kegiatan dapat menimbulkan gangguan visual, pengguna dan mental saat mengemudi kendaraan dan penggunaan ponsel adalah salah satu dari mereka. Sebuah laporan tahun 2008 oleh AAA Foundation for Traffic Safety menyatakan bahwa penggunaan telepon seluler sekitar empat kali lipat berisiko kecelakaan. Ponsel dapat dengan mudah mengalihkan perhatian pengemudi, sehingga meningkatkan risiko kecelakaan.

10. Meningkatkan risiko kanker otak
Seperti dilaporkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ponsel memancarkan energi frekuensi radio (gelombang radio). Bentuk radiasi non-ionisasi bekerja sebagai kemungkinan karsinogenik. Radiasi yang dihasilkan oleh ponsel memicu pemanasan jaringan otak, yang menyerap otak Anda. Hal ini dapat meningkatkan risiko kanker otak.

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *