10 Bahan Alami Mengatasi Taji Tumit

by

Penumpukan kalsium yang abnormal di bawah telapak kaki menyebabkan permukaan kaki melengkung atau disebut taji tumit. Kondisi yang disebut juga dengan plantar fasia ini lazim dialami orang-orang yang memiliki kaki datar. Kendati demikian, mereka yang juga mempunyai lengkungan telapak kaki yang sangat tinggi juga dapat terkena masalah ini.

Masalah ini umum diderita oleh atlet yang melakukan banyak berlari dan melompat. Selain itu, wanita yang memakai sepatu hak tinggi memiliki risiko lebih tinggi terkena kondisi ini. Intinya, hal tersebut bisa terjadi pada siapa saja.

Faktor risiko meliputi berjalan tanpa alas kaki di permukaan keras, berjalan atau jogging di permukaan keras, mengenakan sepatu yang buruk dan tak sesuai bentuk kaki, otot betis yang ketat, menghabiskan sebagian besar waktu menumpu di satu kaki, obesitas, usia dan diabetes.

Dengan latihan peregangan dan perubahan gaya hidup tertentu, masalah ini sebenarnya dapat dengan mudah diobati. Di samping itu, Anda juga dapat menggunakan perawatan alami untuk menghilangkan rasa sakit yang disebabkan oleh taji tumit. Berikut adalah 10 bahan yang dapat digunakan untuk mengobati taji tumit.

1. Cuka sari apel

Cuka sari apel adalah obat yang bagus untuk mengobati taji tumit. Ini membantu menarik keluar kelebihan kalsium dari daerah yang memacu tumit untuk memberikan rasa sakit dan mengurangi peradangan.

2. Kompres es batu

Es dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan mengontrol peradangan dan pembengkakan berhubungan dengan taji tumit. Ini juga akan membantu mengendurkan otot-otot yang tegang di area kaki.

3. Baking soda

Baking soda adalah satu lagi obat rumah yang baik untuk taji tumit. Kristal dalam baking soda akan membantu mengurangi endapan kalsium yang dibangun di bagian bawah tulang tumit. Plus, itu akan membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan.

4. Garam

Garam dapat membantu menenangkan tumit Anda, memberikan Anda bantuan instan dari rasa sakit. Garam ini juga dapat mengurangi peradangan.

5. Minyak kelapa

Minyak kelapa juga baik untuk perawatan tumit yang terkena taji tumit. Minyak kelapa juga menjadi agen pelembab alami, membantu melembutkan tumit, memacu penyembuhan dan mengurangi rasa sakit. Minyak kelapa juga mengandung kalsium yang diperlukan untuk pembentukan tulang yang sehat.

6. Minyak biji rami

Minyak biji rami mengandung asam alpha-linolenic, sebuah bentuk asam lemak omega-3, yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan. Hal ini juga dapat mengurangi kekakuan otot terkait dengan taji tumit.

7. Kunyit

Kunyit memiliki kurkumin yang bekerja sebagai obat penghilang rasa sakit yang kuat dan agen anti-inflamasi. Jadi, konsumsi secara teratur kunyit dapat membantu meringankan rasa sakit dan peradangan yang terjadi karena taji tumit.

8. Alfalfa

Alternatif pengobatan lain yang populer untuk taji tumit adalah alfalfa. Tanaman ini mengandung banyak mineral seperti selenium dan kalsium yang diperlukan untuk pembentukan tulang yang sehat. Selain itu, dapat membantu meringankan rasa sakit dan peradangan.

9. Boraks

Senyawa alkali, boraks juga efektif untuk mengobati taji tumit. Ini membantu menjaga kadar hormon dan mineral yang diperlukan untuk kesehatan tulang.

10. Latihan atau berolahraga

Latihan dan berolahraga dapat membantu memperkuat plantar fasia. Anda melakukan olahraga dan latihan rutin sehingga Anda dapat mengurangi ketidaknyamanan yang berhubungan dengan taji tumit. Anda dapat melakukan latihan seperti peregangan betis dan plantar fasia membentang dua kali sehari, di pagi dan sore hari.

Baca juga:

(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • garam apa yg untuk menhilangksn taji tumit
  • mengobati tulang tumbuh dengan cuka sari apel
  • Taji tu
  • taji tumit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *