10 Bahan Alami Menghilangkan Rambut di Wajah

by

Dalam istilah medis, pertumbuhan rambut abnormal (pada wajah serta tubuh) pada wanita disebut hirsutisme. Individu dengan rambut gelap cenderung hairier daripada mereka dengan pigmentasi lebih terang atau rambut pirang.

Orang biasanya memiliki rambut hampir di mana-mana pada tubuh, kecuali pada kuku dan bola mata. Dengan demikian, wanita juga bisa memiliki rambut wajah, tetapi biasanya hanya rambut halus atau peach fuzz.

10 Bahan Alami Menghilangkan Rambut di Wajah
Rambut di wajah yang tidak diinginkan dapat menjadi perhatian dan memalukan bagi wanita, terutama ketika mereka berada di usia dan tingkat estrogen mereka berubah karena menopause.

Isu-isu seperti sindrom polikistik ovarium (PCOS), kondisi hormonal lainnya, penggunaan obat-obatan tertentu, atau gangguan kelenjar adrenal dapat menyebabkan rambut wajah yang tidak diinginkan. 

Dalam kasus yang jarang terjadi, masalah dapat disebabkan oleh tumor atau kanker kelenjar adrenal atau ovarium. Berikut adalah 10 bahan alami untuk rambut wajah yang tidak diinginkan.

1. Homemade Sugar Wax

Cara ini adalah cara super mudah dan efektif untuk menyingkirkan rambut di wajah yang tidak diinginkan. Madu dan gula adalah dua bahan yang bisa digunakan untuk homemade sugar wax, untuk menyingkirkan rambut yang tidak diinginkan di wajah.

2. Tepung kacang panjang

Tepung kacang panjang akan membantu mengelupaskan kulit Anda untuk menghilangkan kulit mati dan rambut. Plus, dapat mencerahkan warna kulit dan rambut wajah. Anda bisa mendapatkan tepung kacang panjang di pasar atau toko makanan kesehatan.

3. Tepung gram hijau dan air mawar

Seperti tepung kacang, tepung gram hijau juga membantu hair removal alami melalui pengelupasan kulit. Selain itu, kombinasi tepung gram hijau dan air mawar baik digunakan sebagai pembersih alami untuk kulit sensitif dan berjerawat.

4. Sugaring

Sugaring bekerja sebagai pengobatan alami untuk menghilangkan wajah serta rambut di tubuh. Tidak seperti waxing, yang membutuhkan menarik rambut ke arah pertumbuhan rambut, yang menyebabkan rasa sakit dan iritasi kulit. Menariknya, teknik ini didirikan berabad yang lalu di Mesir.

5. Teh spearmint

Pertumbuhan rambut berlebih sering dikaitkan dengan produksi berlebihan dari androgen dalam tubuh. Teh spearmint dapat membantu mengatur kadar hormon. Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti Turki menunjukkan bahwa teh spearmint dapat membantu wanita dengan hirsutisme.

6. Jus lemon dan madu

Jus lemon dan madu dalam bentuk masker dapat membantu menghilangkan rambut halus dari wajah Anda. Jus lemon bekerja sebagai pembersihan dan pengelupasan agen dan madu membantu melembutkan rambut karena hydrating dan melembabkan.

7. Telur, gula dan tepung jagung

Resep ini bekerja sebagai masker alami peel off untuk menghilangkan rambut wajah dan kotoran dari kulit Anda. Kocok satu putih telur dan tambahkan satu sendok makan gula dan satu setengah sendok makan tepung jagung. Oleskan campuran tersebut ke wajah Anda, biarkan kering selama 15 sampai 20 menit dan kemudian mengupasnya.

8. Kacang merah

Kacang merah bubuk bekerja sebagai scrub wajah yang sangat baik untuk menyingkirkan rambut wajah yang tidak diinginkan. Giling dan saring satu-setengah cangkir kacang merah beberapa kali untuk mendapatkan bubuk halus.

9. Kunyit

Kunyit dapat dikombinasikan dengan sejumlah bahan untuk menyingkirkan rambut wajah yang tidak diinginkan secara alami. Campur jumlah yang sama dari kunyit dan tepung gandum. Tambahkan minyak wijen cukup untuk membuat pasta tebal. Oleskan pada wajah Anda dan biarkan duduk selama sekitar setengah jam sebelum menggosok. Ulangi proses sekali seminggu.

10. Pepaya

Pepaya bekerja sebagai pemutih alami dan membantu meringankan rambut wajah yang tidak diinginkan. Gunakan masker papaya untuk mengatasi rambut yang tidak diinginkan di wajah.

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *