10 Bahan Alami Untuk Mengatasi Bau Mulut

by

Bau mulut, juga dikenal sebagai halitosis, adalah kondisi munculnya bau tidak sedap dari mulut yang dapat mengurangi tingkat kepercayaan diri Anda. Bau mulut dapat disebabkan oleh beberapa alasan seperti makan makanan berbau, merokok, mulut kering, kondisi medis, penyakit gusi, dan kondisi sinus.

Namun, penyebab utama bau mulut adalah bakteri yang ada dan hidup pada bagian belakang lidah atau di antara gigi Anda. Oleh karena itu, menjaga kesehatan mulut yang baik sangat penting untuk mengendalikan bau mulut. Ini termasuk menyikat gigi secara teratur, flossing dan menggosok lidah.

10 Bahan Alami Mengatasi Bau Mulut
Minum jumlah air yang cukup sepanjang hari juga penting untuk menjaga napas Anda tetap segar. Plus, setelah makan makanan, kumur dengan air di sekitar mulut Anda selama beberapa detik. Ini akan melonggarkan partikel makanan yang terjebak di antara gigi dan membersihkan mulut Anda.

Selain dengan menggosok gigi dan berkumur dengan air, Anda juga dapat mengobati bau mulut dengan bantuan beberapa bahan sudah tersedia dari lemari dapur Anda. Berikut adalah 10 solusi rumah untuk bau mulut.

1. Adas

Adas bertindak sebagai penyegar mulut yang sangat baik yang membantu mengontrol bau mulut. Adas ini juga mengandung sifat antimikroba yang melawan bakteri dalam mulut.

2. Kayu manis

Kayu manis mengandung aldehida sinamat, minyak esensial yang tidak hanya menutupi bau mulut, tetapi juga mengurangi jumlah bakteri di mulut Anda. Untuk mengobati bau mulut ikuti obat ini dua kali sehari.

3. Fenugreek

Teh fenugreek sangat efektif bila bau mulut disebabkan oleh infeksi catarrhal. Rebus satu sendok teh biji fenugreek dalam secangkir air. Saring dan minum teh ini sekali sehari.

4. Cengkeh

Cengkeh membantu menyegarkan nafas Anda dan juga memiliki sifat antibakteri yang sangat membantu dalam menyingkirkan bau mulut. Metode termudah adalah dengan memasukkan beberapa potong cengkeh ke dalam mulut Anda dan mengunyah mereka secara menyeluruh. Hal ini akan menghilangkan bau mulut dalam beberapa menit.

5. Peterseli

Peterseli mengandung klorofil yang dapat membantu menetralkan bau mulut. Cukup mengunyah setangkai peterseli segar untuk menyegarkan napas Anda. Anda juga bisa mencelupkan ramuan ini dalam cuka dan kemudian mengunyahnya secara menyeluruh.

6. Lemon

Menyembuhkan bau mulut dengan bilas lemon telah digunakan selama beberapa generasi. Kandungan asam dalam lemon mencegah pertumbuhan bakteri di mulut Anda. Plus, bau yang menyenangkan yang kuat membantu menutupi bau.

7. Cuka sari apel

Karena efek balancing pH-nya, cuka sari apel menjadi obat yang baik untuk bau mulut. Anda dapat mencoba salah satu obat ini tergantung pada preferensi Anda.

8. Baking soda

Baking soda, juga dikenal sebagai soda bikarbonat, adalah solusi yang bagus lain untuk menyingkirkan dan mencegah bau mulut. Ini membantu menyeimbangkan kadar asam yang berkontribusi terhadap bau mulut. Plus, perkelahian bakteri mulut yang menyebabkan bau mulut.

9. Tea Tree Oil

Tea tree oil memiliki sifat antiseptik yang bertindak seperti disinfektan yang kuat untuk mulut Anda. Anda bisa mendapatkan manfaat dari tea tree oil dalam berbagai cara.

10. Teh

Teh juga dapat membantu memerangi bau mulut. Antioksidan polifenol hadir di kedua teh baik teh hijau dan teh hitam, yang dapat menghentikan pertumbuhan bakteri yang bertanggung jawab untuk mengatasi bau mulut. 


Baca juga:
(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *