10 Bahan Makanan yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

by

Inovasi alat pendingin atau kulkas memang sangat bermanfaat, terutama fungsinya yang mampu mengawetkan makanan. Menyimpan makanan di lemari es mencegah makanan terhindar dari bakteri penyebab penyakit. 

10 Bahan Makanan yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas
Namun sayangnya, banyak orang yang belum paham jenis makanan apa saja yang harus disimpan di dalamnya dan makanan apa yang tidak seharusnya disimpan di kulkas.

Mendinginkan makanan yang seharusnya tidak boleh didinginkan dan menyimpan makanan di kulkas akan merusak tekstur serta rasa. Berikut adalah 10 makanan yang seharusnya tidak Anda simpan dan masukkan dalam kulkas.

1. Melon

Melon sebaiknya tidak disimpan dalam lemari es. Dalam studi tahun 2006, peneliti menemukan bahwa ketika disimpan pada suhu kamar, melon memiliki lebih banyak antioksidan (lycopene dan beta karoten) daripada ketika disimpan di lemari es.

Bahkan, studi ini menemukan bahwa dibandingkan dengan buah yang baru dipetik, melon yang disimpan pada suhu kamar memiliki 40 persen lebih lycopene dan 139 persen lebih beta karoten.

2. Tomat

Tomat akan kehilangan rasa dan teksturnya ketika didinginkan. Kerusakan karena suhu dingin di sepanjang selaput dinding buah ini, membuat tomat kehilangan rasa dan menjadi lembek.

Plus, udara dingin menghentikan proses pematangan. Salah satu tempat terbaik untuk menyimpan tomat mentah adalah di meja pada suhu kamar. Untuk mempercepat pematangan, tempatkan tomat dalam kantong kertas.

3. Kentang

Suhu dingin memecah pati dalam kentang, sehingga meningkatkan kadar gula mereka. Hal ini menyebabkan tingkat yang lebih tinggi dari akrilamida, kimia yang keluar ketika Anda memasak mereka pada suhu tinggi. Akrilamida berbahaya bagi kesehatan Anda dan meningkatkan risiko kanker.

4. Bawang

Jangan menyimpan seluruh bawang di kulkas. Karena kelembaban, seluruh bawang akan berubah lembut dan berjamur. Namun, Anda dapat menyimpan bawang cincang atau bawang iris dalam wadah tertutup di lemari es Anda selama beberapa hari.

Menjaga suhu di 40 derajat Fahrenheit atau di bawahnya. Seluruh bawang harus disimpan dalam area yang berventilasi dingin kering dalam kantong jala. Jangan menyimpannya dalam kantong plastik, karena kurangnya sirkulasi udara dapat mempengaruhi dan membuat cepat busuk.

5. Madu

Tidak perlu untuk menyimpan madu di dalam lemari es. Suhu dingin atau panas yang ekstrem dapat merusak rasa dan tekstur. Bila terkena suhu dingin, madu mungkin mulai mengkristal. Suhu kamar membantu melestarikan kebaikan alami madu Anda.

Untuk menjaga madu segar, menyimpannya dalam tempat kedap udara, seperti toples kaca. Hindari menyimpan dalam toples logam atau plastik, karena dapat menyebabkan oksidasi madu. Simpan wadah dalam tempat yang kering sejuk terhindar dari sinar matahari langsung.

6. Minyak zaitun

Jika Anda menggunakan minyak zaitun untuk memasak atau membuat salad, Jangan menyimpan botolnya dalam lemari es. Temperatur yang sangat rendah menyebabkan minyak untuk menyingkat dan mengambil konsistensi keras. Pendinginan juga dapat menyebabkan minyak zaitun untuk menjadi berawan, yang mempengaruhi kualitas dan rasa.

7. Bawang putih

Jika seluruh bawang putih atau siung bawang putih didinginkan, suhu dingin mungkin menyebabkan mereka melembut dan mulai memburuk. Bahkan akan mengubah konsistensi dan rasa. Namun, hasil dari bawang putih cincang segar dapat disimpan dalam lemari es dalam wadah tertutup untuk waktu yang singkat.

8. Kopi

Seperti biji kopi yang higroskopis di alam, mereka mudah menyerap uap air dari daerah sekitarnya. Kelembaban akan mempengaruhi aroma dan rasa dari biji kopi dan. Plus, kopi dapat mengambil bau makanan lainnya di kulkas.

9. Roti

Roti juga tidak harus disimpan dalam lemari es. Tepung terigu, bahan utama dalam roti, dikemas penuh butiran pati. Bila terkena air, pati rusak dan menjadi semakin amorf. Hal ini menyebabkan roti kering dengan cepat.

10. Buah batu

Batu buah adalah buah yang memiliki benih atau lubang di dalamnya yang relatif besar dibandingkan dengan ukuran buah. Contoh buah batu termasuk persik, aprikot, ceri dan plum. Tidak perlu untuk menjaga buah batu di dalam lemari es. Suhu dingin dan kelembaban dapat dengan cepat mempengaruhi kualitas dan rasa mereka, dan mengubahnya menjadi berjamur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *