10 Bahan Mengatasi Bercak Kulit Coklat Melasma

by

Melasma, yang berarti hiperpigmentasi kulit, adalah kondisi kulit yang sangat umum. Menurut American Academy of Dermatology, melasma mempengaruhi sekitar enam juta orang di dunia dan lebih umum pada wanita dibandingkan pria. Melasma mengganggu warna alami kulit dan menyebabkan pembentukan bercak coklat pada wajah.

Penyebab utama melasma adalah produksi melanin berlebih pada sel kulit akibat paparan sinar matahari yang berlebihan. Namun, faktor lain juga berkontribusi terhadap masalah ini, termasuk perubahan hormon dalam tubuh, stres yang berlebihan, racun, masalah tiroid dan penggunaan pil KB. 

10 Bahan Mengatasi Bercak Kulit Coklat Melasma
Munculnya melasma dianggap sama dengan tanda-tanda penuaan. Tapi bintik-bintik coklat di wajah karena melasma biasanya akan lebih besar, lebih gelap dan memiliki bentuk yang tidak beraturan. Bintik-bintik coklat di wajah menjadi masalah kecantikan bagi banyak orang, ada banyak obat-obatan dan pilihan pengobatan yang tersedia di pasaran.

Sebaliknya, Anda dapat memeriksa lemari dapur Anda, rempah-rempah di lemari dan kulkas untuk bahan-bahan alami yang dapat digunakan di rumah untuk mengobati melasma. Solusi alami akan membantu Anda mengembalikan warna kulit Anda tanpa efek samping. Berikut adalah obat alami untuk mengatasi melasma.

1. Jus lemon

Jus lemon merupakan pencerah kulit alami dengan sifat astringent yang luar biasa. Sifat asam dari jus lemon juga membantu menghilangkan lapisan luar kulit, sehingga menghilangkan lapisan kulit hiperpigmentasi.

2. Cuka sari apel

Sekarang asam asetat dalam cuka sari apel membuat agen pemutihan yang kuat, yang membantu menghilangkan bintik-bintik dan membuat kulit lebih halus dan lebih bercahaya.

3. Kunyit

Kunyit juga bisa mengurangi melanin dan membantu memerangi melasma kulit. Bahan aktif kurkumin dalam bumbu kunyit memiliki sifat antioksidan dan pencerah kulit.

4. Jus bawang

Jus bawang adalah obat rumah yang efektif untuk mengembalikan warna kulit alami Anda. Jus bawang memiliki berbagai senyawa yang mengandung sulfur yang dapat memudarkan patch gelap atau perubahan warna pada kulit. Juga, jus bawang menyediakan makanan untuk sel-sel kulit.

5. Lidah buaya

Karena kehadiran polisakarida mucilaginous di gel lidah buaya, dapat meringankan hiperpigmentasi dan mengembalikan warna asli kulit Anda. Hal ini juga dapat mengangkat sel kulit mati dan mempromosikan regenerasi sel kulit baru.

6. Oatmeal

Oatmeal adalah agen exfoliating alami yang menakjubkan yang dapat menghilangkan bintik-bintik coklat pada wajah dan melarutkan sel-sel kulit mati untuk memberikan terang, kulit bercahaya.

7. Kacang almond

Kandungan protein yang tinggi dalam kacang almond memiliki efek pencerah kulit. Juga, almond mengandung vitamin E yang memelihara kulit dan menghilangkan perubahan warna.

8. Lobak

Lobak adalah pengobatan tradisional lain untuk melasma. Properti pemutihan lobak akan keluar dan membantu mengatasi masalah perubahan warna kulit, termasuk melasma.

9. Pepaya

Papain, enzim yang ditemukan dalam pepaya, adalah agen exfoliating alami yang dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dan rusak.

10. Bubuk cendana

Cendana adalah satu lagi bahan pencerah kulit yang efektif yang dapat meningkatkan warna kulit dan mengurangi tanda-tanda melasma serta jenis lain dari noda.

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *