10 Body Hacks Keren Ini Dijamin Akan Mengubah Hidup Anda

by

Body hacks yang akan dibahas di bawah ini dapat meningkatkan kualitas tidur Anda, mempromosikan pencernaan, menahan air mata, dan bahkan menyembuhkan cegukan. Body hacks ini didapat baik berdasarkan informasi yang diperoleh melalui pengalaman pribadi atau melalui pengalaman orang lain.

10 Body Hacks Keren Ini Dijamin Akan Mengubah Hidup Anda
Selain itu, beberapa body hacks ternyata telah didukung ilmu sains, dan diakui secara ilmiah oleh dunia medis. Kuncinya adalah Anda harus mengingat body hacks ini sehingga Anda dapat menggunakannya bila diperlukan. Berikut adalah 10 body hacks mengagumkan yang akan mengubah hidup Anda.

1. Minum air secara terbalik untuk mengurangi cegukan.
Memang sangat menjengkelkan ketika Anda mendapatkan cegukan di tempat umum. Untuk mengurangi cegukan segera, Anda perlu meningkatkan tingkat karbon dioksida dalam aliran darah Anda. Minum air dengan posisi terbalik dapat membantu mengurangi cegukan yang mengganggu.

2. Minum air dingin agar Anda berhenti menguap.
Ketika Anda sedang duduk di kelas mendengarkan ceramah atau menghadiri pertemuan, menguap adalah masalah menjengkelkan. Menguap mengirimkan sinyal bahwa Anda dalam kondisi tidak tertarik atau bosan.

Untuk menekan agar tak menguap, ambil segelas air dingin dan minum perlahan-lahan. Ini akan meremajakan tubuh dan menekan perasaan menguap untuk beberapa waktu. Anda juga dapat mencoba mengambil napas dalam-dalam melalui hidung Anda dan menghembuskan napas melalui mulut Anda sampai dorongan untuk menguap telah berlalu.

3. Tahan mata Anda tetap terbuka untuk mencegah air mata.
Menangis adalah reaksi emosional yang kebanyakan dari kita harus melaluinya bila terjadi sesuatu yang menyedihkan. Tapi ada kalanya Anda semua berharap bahwa Anda dapat menahan air mata, terutama di tempat-tempat umum.

Setiap kali Anda merasa ingin menangis, terus biarkan mata Anda terbuka tanpa berkedip. Hal ini akan mencegah air mata keluar. Jika Anda sudah mulai menangis, berkedip beberapa kali dengan cepat untuk menghentikan aliran air mata. Memutar wajah Anda ke atas dan melihat ke atas juga dapat membantu mencegah menangis.

4. Tidur miring ke kiri untuk mencegah refluks asam.

Acid reflux, yang ditandai dengan mulas atau nyeri terbakar di sekitar daerah dada rendah, paling sering terjadi setelah makan berat saat makan malam. Jika Anda rentan terhadap refluks asam, cobalah tidur miring ke kiri. Ini akan menjaga perut Anda lebih rendah dari kerongkongan Anda, yang akan mencegah asam lambung meluncur ke tenggorokan Anda.

5. Gunakan Akupresur untuk meringankan mual.
Jika Anda rentan terhadap mabuk saat perjalanan, atau berurusan dengan mual karena alasan lain, cobalah akupresur untuk merasa lebih baik. Perikardium (P6) acupoint dapat membantu menyingkirkan mual dan muntah.

Titik ini terletak di antara dua tendon besar di bagian dalam pergelangan tangan Anda. Untuk menemukan titik, ukur tiga jari di bawah pangkal telapak tangan.

6. Garuk telinga Anda untuk menghentikan gatal tenggorokan.

Garuk bagian belakang telinga Anda untuk menghentikan gatal tenggorokan yang menggelitik. Hindari menggaruk terlalu keras karena dapat menyebabkan bekas goresan pada kulit di belakang telinga.

Menggaruk merangsang saraf telinga, yang pada gilirannya menciptakan refleks di tenggorokan yang menyebabkan kejang otot. Hal ini mengurangi gatal di tenggorokan Anda.

7. Letakkan pensil di mulut Anda untuk memerangi suasana hati buruk.
Suasana hati yang buruk dapat merusak hari Anda. Untuk menghilangkan mood yang buruk, tempatkan pena atau pensil di mulut dan Anda akan segera mulai merasa lebih baik. Tindakan menempatkan pensil di mulut mengaktifkan otot-otot yang sama yang digunakan saat tersenyum. Hal ini pada gilirannya melepaskan dopamine dan serotonin di otak, memicu perasaan bahagia.

8. Ikuti aturan 20-20-20 untuk mengurangi kelelahan mata.
Banyak orang bekerja di depan komputer sepanjang hari, jam demi jam. Pada akhir hari, hasil yang Anda dapatkan adalah kelelahan mata dan bahkan sakit kepala parah.

Untuk mengatasi masalah ini, terapkan aturan 20-20-20. Untuk setiap 20 menit yang Anda habiskan menatap komputer, Anda harus menghabiskan 20 detik melihat sebuah benda yang terletak sekitar 20 kaki di mana mata Anda tidak harus bekerja keras untuk fokus.

9. Sering pindahkan dan gerak-gerakkan tangan agar terhindar dari kesemutan.
Ketika tangan Anda tetap diam dalam posisi terkompresi, tangan Anda mungkin menjadi mati rasa. Hal ini sering terjadi ketika Anda beristirahat dengan menyandarkan kepala Anda di tangan Anda sambil menonton TV. Untuk menghilangkan kesemutan ini, sering pindahkan tangan Anda serta gerakkan tangan Anda untuk mengurangi mati rasa.

10. Atur jam biologis Anda melalui makanan.
Kebiasaan makan mentransfer pesan ke hipotalamus, yang membuat keputusan tentang kapan seseorang terjaga dan kapan mereka harus tidur. Oleh sebab itu, dengan mengatur jadwal makan Anda, secara tidak langsung Anda juga mengatur jam tidur biologis Anda menjadi lebih teratur.

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *