10 Cara Alami Mencerahkan Ketiak yang Menghitam

by

Warna gelap dari kulit di daerah ketiak biasanya bukan penyakit atau kondisi medis. Ketiak gelap dapat dianggap sebagai respon kulit untuk paparan unsur-unsur tertentu, mirip dengan berjemur yang dihasilkan dari paparan sinar ultraviolet matahari.

Beberapa penyebab utama ketiak gelap adalah karena cukur, penggunaan rutin krim penghilang bulu, keringat berlebihan, ventilasi yang buruk dari ketiak, akumulasi sel-sel kulit mati, dan penggunaan deodoran berbasis alkohol dan antiperspirant.

10 Cara Alami Mencerahkan Ketiak yang Menghitam
Anda dapat dengan mudah menyingkirkan masalah ketiak yang gelap menggunakan pengobatan rumah sederhana yang aman, efektif, alami dan terjangkau. Namun, ketiak gelap juga mungkin sebagai akibat dari kondisi medis yang dikenal sebagai nigricans acanthosis yang sering dikaitkan dengan resistensi insulin, obesitas, gangguan hormonal, obat-obatan tertentu, dan kanker.

Jika ketiak gelap Anda disebabkan oleh kondisi ini maka Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk diagnosa yang tepat dan pengobatan. Berikut adalah 10 cara untuk menyingkirkan masalah ketiak gelap dan menghitam.

1. Kentang
Kentang hadir dengan properti asam sebagai agen pemutihan. Tidak seperti zat pemutih yang kuat, kentang ini tidak akan menyebabkan iritasi kulit. Cukup menggosok sepotong tipis kentang pada ketiak Anda. Anda juga dapat memarut kentang dan menerapkannya ke daerah ketiak, biarkan hingga kering selama 15 sampai 20 menit dan kemudian cuci dengan air hangat.

2. Mentimun
Sama seperti kentang, mentimun juga memiliki sifat pemutihan alami untuk membantu mencerahkan kulit berubah warna. Cukup gosokkan sepotong mentimun tipis di ketiak atau parut mentimun dan terapkan di bawah lengan Anda. Lakukan ini sekali atau dua kali sehari sampai Anda puas dengan hasilnya.

3. Lemon
Lemon bekerja sebagai pemutih alami dan agen antibakteri dan antiseptik yang kuat. Inilah sebabnya mengapa lemon digunakan dalam pengobatan berbagai masalah yang berhubungan dengan kulit termasuk ketiak gelap dan menghitam. Lemon dapat mengeringkan kulit Anda, sehingga menerapkan pelembab setelah menggunakan lemon jika diperlukan.

4. Baking soda
Baking soda bisa digunakan untuk membuat scrub pengelupasan untuk menyingkirkan ketiak gelap. Ini akan membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, yang merupakan salah satu penyebab utama ketiak gelap. Ini juga akan membantu pori-pori kulit terbuka.

5. Kulit jeruk

Kulit jeruk dapat digunakan untuk mencerahkan kulit di bawah lengan Anda, berkat sifat exfoliating. Taruh beberapa kulit jeruk di bawah sinar matahari selama beberapa hari sampai mereka kering sepenuhnya. Menggiling kulit kering ke bentuk bubuk. 

Campur dua sendok teh kulit jeruk bubuk dengan air dan susu yang cukup naik untuk membuat pasta tebal. Dengan lembut. gosok ketiak Anda dengan pasta dan kemudian biarkan selama sekitar 10 sampai 15 menit.

6. Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan pilihan yang baik untuk menyingkirkan ketiak gelap. Minyak kelapa mengandung vitamin E yang dapat membantu mencerahkan warna kulit di ketiak. Pada saat yang sama, juga akan bekerja sebagai deodorant alami yang efektif.

7. Susu
Vitamin dan asam lemak hadir dalam susu dapat membantu meminimalkan gelap pada ketiak. Ini akan melembutkan kulit dan membuat warna kulit lebih terang.

8. Cuka
Cuka tidak hanya akan mecerahkan warna kulit, tetapi juga akan membunuh kuman dan bakteri yang memakan sel-sel kulit mati yang menyebabkan bau ketiak.

9. Bubuk cendana
Cendana merupakan bahan yang berguna untuk menyingkirkan ketiak gelap karena sifat pencerah kulitnya. Gunakan air untuk membuat pasta akan menambahkan efek pendinginan dan melembutkan pada kulit. Aroma cendana juga akan membantu menyingkirkan bau badan karena keringat berlebihan.

10. Tepung terigu
Bahan lain untuk menyingkirkan ketiak gelap adalah tepung terigu. Anda dapat menggunakan tepung terigu untuk membuat paket pemutih buatan sendiri.

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *