10 Cara Alami Mengatasi Gemuk Air

by

Apakah Anda sering perut Anda kembung atau kaki Anda bengkak tanpa sebab yang jelas? Anda mungkin memiliki kondisi yang dikenal sebagai edema dalam istilah medis, atau lebih sering disebut retensi air atau gemuk air.

Kondisi ini terjadi ketika munculnya akumulasi cairan yang berlebihan di jaringan tubuh. Ini sering terjadi di kaki, tetapi dapat mempengaruhi bagian lain dari tubuh juga. Hal ini dapat disebabkan oleh faktor-faktor seperti asupan natrium tinggi, sirkulasi yang buruk, kurang olahraga, kekurangan vitamin, insufisiensi vena (masalah dengan aliran darah dari pembuluh darah di kaki kembali ke jantung).

10 Cara Alami Mengatasi Gemuk Air
Gemuk air juga bisa disebabkan oleh stres, kehamilan, menstruasi, cuaca panas, paparan ketinggian, alergi, tekanan darah tinggi, masalah jantung, masalah ginjal, penyakit paru-paru kronis, penyakit hati, gangguan tiroid, obat-obatan tertentu dan kontrasepsi oral.

Retensi air biasanya menyebabkan pembengkakan dan bengkak di bagian tubuh yang terkena. Hal ini juga dapat menyebabkan kaku sendi, perubahan berat badan, perasaan kembung, dan peningkatan tekanan darah dan denyut nadi. Berikut adalah 10 bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi gemuk air.

1. Dandelion

Sebuah studi 2009 yang diterbitkan dalam Journal of Alternative dan Complementary Medicine menunjukkan bahwa dandelion memiliki efek diuretik. Hal ini membuat dandelion merupakan solusi yang bagus untuk menghilangkan kelebihan air dari tubuh Anda. Dandelion juga sarat dengan kalium, yang membantu mengurangi kadar sodium dalam tubuh. Selain itu, kaya magnesium, yang baik untuk menghilangkan kembung pra-menstruasi.

2. Peterseli

Seperti dandelion, peterseli juga memiliki sifat diuretik yang sangat baik. Teh peterseli dalam secangkir air mendidih baik untuk mengatasi retensi cairan. Minum sampai tiga kali sehari. Anda juga bisa minum campuran jus peterseli segar dan jus lemon.

3. Garam

Mandi garam dapat membantu Anda menyingkirkan retensi air dan perut kembung melalui reverse osmosis. Garam mampu menarik keluar kelebihan cairan dan racun dari tubuh Anda. Mandi garam ini juga menenangkan sakit otot dan menenangkan saraf.

4. Jus lemon

Jus lemon membantu membuang kelebihan cairan dan racun dari tubuh Anda. Campur dua sendok makan jus lemon dalam secangkir air hangat. Anda juga dapat mempermanisnya dengan madu.

5. Biji adas

Penelitian telah menunjukkan bahwa adas bertindak sebagai diuretik dan membantu meningkatkan natrium dan output air dari ginjal. Hal ini juga mencegah penumpukan racun dalam tubuh, membantu pencernaan dan mengurangi gas.

6. Jelatang

Menjadi diuretik alami, jelatang bekerja dengan baik untuk mencegah dan mengurangi retensi air. Caranya, rebus secangkir air yang dicampur dengan satu sendok teh akar jelatang bubuk. Biarkan selama sekitar 10 menit. Minum teh ini tiga kali sehari sampai Anda merasa adanya perbaikan.

7. Jus cranberry

Jus cranberry adalah obat rumah populer lain untuk menyembuhkan retensi cairan karena sifat diuretik. Jus ini juga kaya akan mineral seperti magnesium, kalium, dan kalsium yang membantu menjaga keseimbangan cairan yang tepat.

8. Aromaterapi dari minyak esensial

Aromaterapi dapat berguna dalam mengurangi gemuk air. Ia merangsang sistem limfatik dan mendorong drainase cairan.

9. Cuka sari apel

Cuka sari apel mengurangi gemuk air dengan mengisi kalium dalam tubuh untuk membantu mengurangi kadar sodium.

10. Bawang

Bawang memiliki diuretik dan bermanfaat dalam pembersihan darah. Bawang ini juga akan mencegah pembentukan batu ginjal. Mengonsumsi bawang sangat dianjurkan jika Anda mengalami masalah gemuk air.

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *