10 Cara Alami Mengobati Kudis Pada Anjing Peliharaan

by

Kudis adalah penyakit kulit yang umum yang mempengaruhi anjing serta hewan peliharaan lainnya, seperti burung dan kucing. Ada dua jenis utama kudis, yakni kudis sarcoptic (kudis anjing) dan kudis demodectic (demodicosis atau kudis merah).

Kudis sarcoptic disebabkan oleh tungau mikroskopis yang oval berbentuk dan berwarna terang. Jenis kudis adalah menular ke anjing dan manusia. Sedangkan kudis demodectic disebabkan oleh canis demodex, tungau kecil lain yang tidak dapat dilihat tanpa bantuan mikroskop. Kudis ini menyerang anak-anak anjing dari 3 hingga 12 bulan dan tidak dapat menular ke manusia.

10 Cara Alami Mengobati Kudis Pada Anjing Peliharaan

Anak anjing cepat sembuh dari kudis, tetapi anjing dewasa sering memerlukan perawatan lebih lama untuk mengendalikan penyakit ini. Anjing Anda dapat mengembangkan kudis karena paparan hewan yang terinfeksi, bulu kotor, kurangnya kebersihan yang layak, infeksi dari ibu ke anak anjing dalam kondisi peternakan yang tidak higienis, sering berkunjung ke tempat tinggal atau rumah kos, dan penggunaan gunting yang kotor saat pemangkasan dan handuk kotor di salon hewan peliharaan.

Beberapa gejala umum yang dapat Anda lihat pada anjing dengan kudis adalah gatal parah, rambut rontok, berat badan, debit berkerak dari telinga, perasaan lesu umum, luka akibat menggaruk konstan dan koreng yang terbentuk di daerah lokal seperti ketiak, siku, telinga , dada atau perut.

Intensitas ketidaknyamanan akibat kudis dapat menyebabkan perilaku gugup, gelisah di anjing Anda. Ada banyak salep dan krim yang dapat membantu mengobati masalah ini. Anda juga dapat mencoba beberapa pengobatan rumah.

Juga, langkah pertama ketika anjing Anda memiliki kudis adalah untuk mengisolasi dia untuk mencegah kondisi menyebar ke hewan peliharaan lain dan manusia. Berikut adalah 10 cara untuk mengatasi kudis pada anjing peliharaan Anda.

1. Hidrogen Peroksida dan Boraks

Bila digunakan dengan benar, kombinasi hidrogen peroksida dan boraks bekerja sebagai salah satu yang terbaik dan efektif disinfektan untuk anjing Anda. Hidrogen peroksida adalah disinfektan alami dan pembersih yang membantu menciptakan lingkungan di mana tungau tidak dapat bertahan hidup. Boraks, desinfektan alami lain, juga efektif dalam membunuh serangga dan jamur.

2. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel adalah obat lain yang dapat diterapkan topikal untuk mengobati dan mengendalikan infeksi kudis. Cuka sari apel terutama efektif karena sifat antiseptik dan antimikroba tersebut.

3. Sabun Sulfur

Sifat alkali dari sabun sulfur akan terus membawa kudis di bawah kontrol dan mengurangi peradangan. Plus, itu akan membunuh parasit yang bertanggung jawab menjadikan kondisi tersebut.

4. Daun Nimba

Nimba, atau lilac India, telah dikenal memberikan manfaat dermatologi bagi manusia serta hewan peliharaan. Sifat antiseptiknya membantu mengobati kudis dan mengatasi infeksi di kulit. Bahkan memelihara dan menenangkan kulit dan memastikan pertumbuhan kembali lebih cepat dari bulu.

5. Minyak Sayur

Setiap jenis minyak sayur juga dapat membantu menyingkirkan tungau dan mengobati kudis. Sifat lengket minyak nabati akan membantu memotong pasokan udara tungau, yang akhirnya membunuh mereka. Hal ini juga akan melunakkan deposito seperti lilin dan koreng yang ditinggalkan oleh tungau.

6. Madu

Madu merupakan produk alami lain yang dapat membantu meringankan ketidaknyamanan hewan peliharaan Anda untuk sebagian besar. Antioksidan kuat ini membuat sulit bagi tungau untuk bertahan lama di kulit. Plus, sifat antiseptik alami membantu menyembuhkan kulit dan mencegah infeksi lebih lanjut.

7. Lemon

Lemon umumnya digunakan untuk mengobati beberapa masalah kulit pada manusia, tapi apa yang orang tidak sadari adalah bahwa hal itu sangat bagus untuk hewan juga. Menjadi sangat asam, lemon berhasil membunuh parasit mikroskopis. Bahkan membantu menyembuhkan kulit yang rusak.

8. Tanah Diatom

Sebuah infestasi kudis dapat dikontrol dengan memberikan tanah diatom. Untuk anjing berukuran sedang, tambahkan 1 sendok makan per hari tanah diatom di makanan mereka. Untuk anjing kecil dan anak anjing, dosis untuk 1 sendok teh per hari saja. Lakukan ini selama sekitar satu bulan.

9. Yogurt

Untuk mengobati masalah krusta debit dari telinga anjing Anda karena kudis, yogurt sangat membantu. Bakteri acidophilus ditemukan dalam yogurt dapat membantu menghilangkan gejala ini dan meringankan ketidaknyamanan tertentu yang dialami oleh anjing Anda.

10. Lidah Buaya

Lidah buaya adalah obat untuk gangguan kulit pada manusia, juga cocok untuk anjing. Karena sifat antiseptik dan antiparasit alami, lidah buaya adalah obat yang tepat untuk kudis pada anjing.

Baca juga:

(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • obat kudis anjing
  • cara mengobati penyakit kulit pada anjing secara alami
  • cara mengobati kudis anjing
  • obat kudis pada anjing
  • obat alami untuk anjing kudisan
  • mengatasi kudis pada anjing
  • cara mengobati koreng anjing
  • cara alami mengobati kudis pada anjing
  • obat kurap anjing tradisional
  • cara menghilangkan gatal pada anjing secara alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *