10 Cara Menghilangkan Kutu Pada Anjing dan Kucing

by

Kutu disebut hama karena dapat menyebabkan sensasi gatal dan bahkan menyebabkan infeksi. Anemia adalah gejala yang jelas dari kutu di hewan peliharaan. Tidak hanya hewan peliharaan, mereka dapat menyerang Anda dan keluarga Anda. 

10 Cara Menghilangkan Kutu Pada Anjing dan Kucing
Oleh sebab itu, penting untuk menghentikan kutu sesegera mungkin. Ada banyak produk kimia di pasaran yang berfungsi sebagai pembasmi kutu. Menggunakan produk ini dapat membantu memerangi kutu. Tetapi penting untuk diingat bahwa produk tersebut umumnya memiliki efek samping, mulai dari yang ringan sampai reaksi parah.

Rupanya ada banyak obat kontrol kutu alami yang aman dapat digunakan pada hewan peliharaan dan di sekitar rumah. Berikut adalah 10 cara untuk menyingkirkan kutu dari rumah Anda, anjing dan kucing Anda.

1. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel adalah obat alami yang efektif untuk mengendalikan kutu kutu di hewan peliharaan. Ini tidak akan membunuh kutu, tetapi mereka tidak suka bau dan rasanya, sehingga mereka menghindari tempat yang berbau seperti cuka sari apel.

2. Sabun Cuci Piring

Anda juga dapat menggunakan sabun cuci piring cair untuk mengobati kutu pada hewan peliharaan Anda dan di sekitar rumah karena membantu menghancurkan exoskeleton kutu. Mandikan hewan peliharaan Anda dengan larutan air hangat dan sabun cuci piring yang ringan.

Biarkan hewan peliharaan Anda berendam di bak mandi selama 5 sampai 10 menit. Kutu akan jatuh ketika Anda akan membilas hewan peliharaan Anda. Lakukan ini beberapa kali seminggu selama 1 atau 2 minggu.

3. Garam

Garam adalah nonchemical, bahan beracun yang dapat digunakan dengan aman di dalam ruangan untuk memerangi kutu. Garam ini bahkan aman untuk hewan peliharaan. Seperti garam bersifat higroskopis, ia menarik kelembaban dan kutu tidak suka tempat-tempat yang lembab.

4. Lemon

Lemon adalah obat kutu alami dan efektif lain. Lemon ini dapat menyingkirkan setiap kutu yang ada dan membunuh telur kutu. Semprotkan larutan lemon pada hewan peliharaan Anda untuk meredam bulu, dan berhati-hatilah untuk menghindari mata, telinga dan hidung.

5. Tanah Diatom

Tanah diatom, umumnya dikenal sebagai DE, dapat membantu memerangi kutu di rumah Anda. Partikel tajam DE dapat menembus tipis, lapisan luar lilin kutu , yang pada gilirannya menyebabkan mereka mengalami dehidrasi dan mati kekurangan air.

6. Boraks

Boraks adalah insektisida alami lain yang efektif. Ia bekerja dengan desiccating (kering) kutu, larva, pupa dan telur, yang akhirnya membunuh mereka. Vakum karpet Anda dan daerah lain yang memiliki masalah kutu. Taburi bubuk boraks pada karpet Anda dan daerah lainnya.

7. Daun Nimba

Nimba juga dikenal sebagai lilac India, merupakan bahan alami yang dapat membantu mengontrol kutu-kutu di rumah Anda serta pada anjing Anda. Kucing sensitif terhadap nimba, jadi jangan menggunakannya pada kucing Anda.

Bau nimba yang membantu mengusir hama yang tidak diinginkan. Kedua daun dan minyak nimba pun juga dapat digunakan.

8. Rosemary

Rosemary bekerja sebagai pengobatan kutu alami. Kutu tidak menyukai rosemary. Tanamlah tanaman rosemary di kebun Anda untuk menjaga kutu keluar taman Anda dan mencegahnya masuk kerumah. Sama seperti rosemary, Anda dapat menggunakan lavender untuk melawan kutu-kutu tersbeut.

9. Serpihan Kayu Cedar

Untuk mengontrol dan mencegah kutu dari merajalela di halaman Anda, serpihan kayu cedar adalah solusi terbaik. Kutu benci bau serpihan kayu cedar. Plus, bahan ini alami dan tidak berbahaya bagi tanaman di dekatnya atau hewan peliharaan Anda.

10. Membersihkan Barang-barang Hewan Peliharaan

Kutu memasuki rumah Anda melalui hewan peliharaan Anda. Oleh karenanya, penting untuk tetap menjaga kebersihan hewan peliharaan Anda dan barang-barang mereka. Bahkan, selalu rajin memeriksa hewan peliharaan Anda dari kutu sebelum membawa mereka di rumah.

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *