10 Cara Mengobati Vaginosis Karena Bakteri

by

Vaginosis bakteri adalah jenis yang sangat umum dari infeksi area kewanitaan atau miss V. Banyak bakteri ‘baik’ serta beberapa bakteri ‘buruk’ yang biasanya hadir dalam miss V. Infeksi ringan ini terjadi ketika keseimbangan antara bakteri baik dan buruk akan terganggu.

Gejala umum termasuk keputihan berlebihan, kadang-kadang dengan bau amis, bersama dengan gatal dan kadang-kadang nyeri saat buang air kecil. Para ahli tidak yakin apa yang menyebabkan bakteri untuk keluar dari keseimbangan, tetapi faktor-faktor tertentu dapat meningkatkan risiko infeksi. 

10 Cara Mengobati Vaginosis Karena Bakteri
Faktor-faktor tersebut antara lain memiliki pasangan lebih dari satu, pasangan baru, dan merokok berlebihan. Vaginosis bakteri biasanya tidak serius dan sering hilang dengan sendirinya. Tapi lebih baik untuk mengobati secepat mungkin gejala muncul.

Beberapa pengobatan rumah sederhana dapat membantu Anda menyingkirkan masalah yang mengganggu ini. Berikut adalah 10 bahan yang dapat digunakan untuk mengobati vaginosis karena bakteri.

1. Cuka sari apel

Obat yang sangat baik untuk vaginosis bakteri adalah cuka sari apel. Karena sifat asam, cuka sari apel membantu meningkatkan keasaman miss V. Hal ini membuat sulit bagi bakteri jahat untuk bertahan hidup dan menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi bakteri baik untuk berkembang.

2. Yogurt

Yogurt adalah salah satu pengobatan rumah yang paling umum untuk vaginosis bakteri. Yogurt mengandung bakteri menguntungkan yang dikenal sebagai lactobacillus yang membantu melawan bakteri jahat dan membantu menjaga keseimbangan pH pada miss V.

Celupkan kapas dalam yogurt dan terapkan pada daerah yang terkena. Biarkan selama setengah jam dan kemudian cuci daerah secara menyeluruh dengan air tawar. Ulangi tiga kali sehari sampai gejalanya hilang.

3. Tea Tree Oil
Tea Tree Oil mengandung antibakteri alami serta senyawa antijamur yang membantu membunuh kuman yang menyebabkan vaginosis bakteri. Hal ini juga akan memerangi bau yang mengerikan yang umum terjadi pada vaginosis bakteri.

4. Bawang putih

Bawang putih adalah antibiotik alami yang dapat membantu mengobati vaginosis bakteri. Juga, sifat antijamur akan menjaga bakteri jahat tak berkembang. Hancurkan 3-4 siung bawang putih.

Lumuri bawang putih tumbuk tersebut pada daerah yang terkena. Biarkan selama 20 menit dan kemudian bilas daerah dengan air suam-suam kuku. Ikuti obat ini sekali sehari selama beberapa bulan.

5. Fenugreek

Fenugreek sangat bermanfaat untuk mengobati vaginosis bakteri. Ini akan membantu meningkatkan tingkat pH dalam miss V dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mempercepat proses penyembuhan.

6. Susu

Susu mengandung bakteri lactobacilli yang membuatnya berguna sebagai obat alami yang sangat baik untuk vaginosis bakteri. Plus, susu membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

7. Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki antivirus alami, sifat antibakteri dan antijamur yang dapat membunuh kuman yang menyebabkan vaginosis bakteri dan mencegah dari berulangnya kembali gejala.

8. Daun mimba

Lilac India, juga dikenal sebagai mimba atau Margosa, mengandung sifat antibakteri dan antijamur yang membantu mengurangi gatal dan peradangan serta membunuh kuman yang menyebabkan infeksi ini.

9. Kantong teh celup
Tanin yang hadir dalam teh memiliki sifat antibiotik dan zat yang membantu menenangkan sensasi terbakar serta mengurangi pembengkakan dan iritasi.

10. Minyak oregano
Minyak oregano mengandung kedua sifat antibakteri dan antijamur dan dapat digunakan untuk melawan kuman yang bertanggung jawab menyebabkan vaginosis bakteri. Hal ini juga dapat secara efektif mencegah terulangnya infeksi. Untuk mengobati vaginosis bakteri, gunakan minyak oregano yang tidak mengandung alkohol.

Baca juga:

(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • mengobati vaginosis bakteri dengan bahan alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *