10 Makanan Sehat Pembentuk Otot Secara Cepat

by

Jika Anda ingin membentuk otot tubuh, latihan kekuatan otot sangat penting. Olahraga teratur akan merangsang otot-otot Anda untuk tumbuh lebih besar dan membantu membangun jenis otot yang Anda inginkan. 

10 Makanan Sehat Pembentuk Otot Secara Cepat
Tapi latihan yang kuat saja tidak akan cukup tanpa diimbangi dengan asupan makanan bergizi. Untuk membangun otot dan kehilangan lemak, Anda perlu mengikuti rencana diet ketat. Anda harus menyertakan makanan yang mengandung protein, karbohidrat sehat dan lemak sehat.

Nutrisi lain yang Anda butuhkan untuk membangun otot adalah magnesium, kalium, tembaga, selenium, kalsium, zat besi dan vitamin. Berikut adalah 10 bahan makanan yang berfungsi untuk membangun dan membentuk otot Anda.

1. Telur

Putih telur mengandung protein, yang merupakan bahan untuk membangun otot. Bahkan, mereka mengandung protein berkualitas tinggi dengan sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan untuk pemulihan otot yang optimal, serta mineral berharga seperti kalsium, zinc dan besi.

Kuning telur merupakan sumber yang kaya vitamin, termasuk A, E, K dan berbagai vitamin B seperti B12, riboflavin dan asam folat. Semua nutrisi ini penting untuk mempercepat metabolisme dan mengubah lemak menjadi energi.

2. Dada Ayam

Makanan lain untuk mendapatkan bentuk otot adalah dada ayam. Ini adalah sumber protein tanpa lemak, yang mudah disintesis untuk memperbaiki jaringan otot dan sel-sel lainnya yang rusak selama latihan keras. Ini juga memiliki sejumlah nutrisi yang baik seperti niasin, vitamin B6, zat besi, selenium dan seng.

3. Susu

Susu memiliki dua protein berkualitas tinggi, whey dan kasein. Whey adalah protein yang cepat dipecah menjadi asam amino dan diserap ke dalam aliran darah. Kasein, di sisi lain, dicerna perlahan, memberikan tubuh pasokan jumlah yang lebih kecil dari protein untuk jangka waktu yang lama.

Susu juga sarat dengan vitamin dan mineral, karbohidrat yang baik dan lemak yang dibutuhkan tubuh Anda untuk membangun otot. Plus, menjadi elektrolit, susu membantu mengisi apa yang hilang dalam keringat selama latihan dan menjaga tubuh Anda terhidrasi.

4. Salmon

Ikan, terutama salmon, dianggap salah satu makanan terbaik untuk membangun otot. Salmon dapat membantu Anda membangun otot dan membakar lemak karena kombinasi unik dari rantai panjang omega-3 lemak EPA dan DHA, vitamin B dan protein kualitas tinggi. Salmon juga memiliki nutrisi lain seperti magnesium, selenium, kalsium dan zat besi yang membantu membangun otot, perbaikan dan pemulihan.

5. Quinoa

Quinoa tinggi protein dan rendah kalori, dan adalah makanan yang ideal untuk membangun otot. Proteinnya terdiri dari sembilan asam amino esensial, yang berarti adalah protein lengkap yang akan membantu membangun dan memperbaiki otot. Quinoa juga tinggi serat, riboflavin, kalsium, vitamin E, zat besi, kalium, fosfor, magnesium, asam folat dan beta-karoten.

6. Kacang-kacangan

Jika anda serius tentang membangun otot, Anda harus memasukkan lebih banyak kacang-kacangan dalam diet Anda. Kacang-kacangan dari berbagai jenis merupakan sumber yang sangat bergizi, kaya protein, karbohidrat kompleks dan serat.

Protein membantu membangun dan memelihara kekuatan otot. Serat sangat penting untuk respon insulin yang tepat, yang membantu dalam penyerapan dan penggunaan berbagai zat gizi.

7. Bayam

Bayam juga merupakan salah satu makanan otot terbaik yang membantu membangun otot yang kuat. Para peneliti di Rutgers University (2008) menemukan bahwa phytoecdysteroids yang ada dalam bayam membantu meningkatkan pertumbuhan hingga 20 persen. Juga, kalsium dalam bayam membantu mengendurkan otot-otot untuk mencegah kram selama latihan.

8. Biji rami

Biji rami mengandung banyak nutrisi yang penting untuk menghilangkan lemak tubuh dan membangun otot. Biji rami adalah salah satu sumber terbaik dari asam lemak esensial omega-3, yang membantu mengurangi peradangan. Ini berarti otot-otot tidak akan sakit setelah latihan yang intens dan tubuh akan mampu menyembuhkan otot lebih cepat.

9. Almond

Pilihan lain yang sehat bagi mereka yang ingin membangun otot adalah almond. Protein, serat dan vitamin E dalam kacang almond yang bermanfaat untuk otot-otot Anda. Antioksidan kuat dalam almond membantu melawan radikal bebas dan membantu Anda pulih lebih cepat dari latihan Anda.

10. Ubi Jalar

Ubi jalar juga dianggap baik untuk diet binaraga karena serat yang tinggi, potassiumm dan konten vitamin. Ubi jalar tinggi karbohidrat kompleks yang mengisi glikogen Anda setelah latihan.

Selain itu, ubi jalar dikemas dengan karotenoid, vitamin B6, C, E, D, zat besi, tembaga, magnesium, dan quercetin yang penting untuk tubuh yang sehat. Sarat dengan serat, ubi jalar juga membantu mengontrol nafsu makan, membakar lemak, dan menjaga pencernaan yang sehat.

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *