10 Manfaat Daun Mimba Bagi Kesehatan

by

Daun nimba, juga dikenal sebagai Azadirachta indica, Margosa atau lilac India, adalah tanaman obat terkenal yang telah digunakan bertahun-tahun. Daun nimba memiliki antibakteri, antivirus, analgesik, antipiretik, antiseptik, antimikroba, antidiabetes, antijamur, properti yang berguna untuk memurnikan darah dan properti spermisida.

Lebih dari 140 senyawa yang hadir di berbagai bagian dari ramuan. Sifat-sifat dan senyawa membantu menjaga banyak penyakit dan meringankan berbagai gejala masalah kesehatan yang berbeda. Karena memiliki khasiat obat yang beragam, pohon nimba juga dikenal sebagai ‘pohon farmasi’. Berikut adalah 10 manfaat kesehatan dari daun nimba.

1. Mengatasi ketombe

Daun nimba memiliki sifat antijamur dan antibakteri yang membuatnya sangat efektif dalam mengobati ketombe dan menjaga kulit kepala Anda sehat. Hal ini juga mengurangi kekeringan dan gatal, dua gejala umum dari ketombe.

2. Mengatasi masalah kulit

Untuk menjaga kulit Anda sehat dan sempurna, daun nimba adalah pilihan yang baik. Daun nimba memiliki antivirus, antibakteri dan antiseptik yang membantu mengobati dan mencegah berbagai masalah kulit, seperti jerawat, ruam, psoriasis dan eksim.

Selain itu, membantu menyembuhkan luka dan mencegah infeksi atau kondisi septik. Obat ini juga mengandung tingkat tinggi antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan lingkungan dan menunda tanda-tanda penuaan.

3. Membasmi kutu

Ekstrak biji nimba dapat menghilangkan kutu dengan pengobatan tunggal, berkat properti insektisida alami. Plus, daun nimba efektif dalam memberikan bantuan dari kulit kepala gatal dan iritasi.

4. Menjaga kesehatan mulut

Daun nimba juga membantu menjaga kesehatan mulut dan mengatasi berbagai jenis penyakit gusi. Sifat antibakteri dan antiseptiknya membantu membunuh bakteri yang menyebabkan gigi berlubang, plak, gingivitis dan penyakit gusi lainnya. Ia juga menawarkan nafas segar yang tahan lama.

5. Memurnikan darah

Daun nimba bekerja sebagai pembersih darah. Pemurnian darah membantu tubuh dalam menyingkirkan racun berbahaya dan membantu darah membawa nutrisi yang diperlukan dan oksigen ke seluruh bagian tubuh.

6. Kontrol diabetes

Menurut sebuah studi tahun 2000 yang diterbitkan dalam Indian Journal of Physiology, daun nimba dapat bermanfaat dalam mengendalikan gula darah atau membantu dalam mencegah atau menunda timbulnya diabetes.

Ekstrak daun nimba mengandung beberapa senyawa yang dapat mengurangi kebutuhan insulin antara orang-orang diabetes tanpa efek jelas pada kadar glukosa darah.

7. Membasmi cacing di usus

Daun nimba memiliki efek kuratif dan preventif pada cacingan karena sifat antiparasit nya. Beberapa senyawa dalam daun nimba menghambat kemampuan parasit ‘untuk memberi makan’, sehingga mengganggu siklus hidup mereka dan mencegah parasit baru menetas. Daun nimba juga menghilangkan racun yang ditinggalkan parasit saat mereka mati.

8. Meredakan arthritis

Daun nimba adalah pengobatan herbal yang populer untuk arthritis, terutama osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Obat ini mengurangi peradangan dan dapat mengurangi rasa sakit, dan pembengkakan pada sendi.

9. Mengobati masalah kuku

Daun nimba dapat digunakan untuk mengobati segala macam masalah yang berkaitan dengan kuku seperti pecah dan mengelupas serta kuku rapuh. Sifat antiseptik dan antijamur dapat membantu mengobati dan mencegah berbagai jenis infeksi kuku, termasuk jamur kuku.

10. Mengobati kanker

Menurut sebuah studi 2014 oleh para peneliti di Roswell Park Cancer Institute, ekstrak biji nimba, daun, bunga dan buah telah menunjukkan efek kemopreventif dan antitumor dalam berbagai jenis kanker, termasuk kanker leher rahim dan prostat.

Beberapa komponen serta antioksidan dalam daun nimba bermanfaat dalam pengobatan kanker. Daun nimba dapat membantu mencegah atau mengobati kanker dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi peradangan, menghilangkan radikal bebas, memblokir aktivitas hormonal dan menghambat pembelahan sel.

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *