10 Manfaat Kesehatan Dari Buah Jeruk Bali

by

Jeruk bali adalah buah jeruk yang memiliki beberapa manfaat kesehatan yang kuat dan tak kalah dengan jenis jeruk-jeruk yang lain. Bahkan, di beberapa kalangan jeruk bali ini dikenal sebagai ‘buah dari surga’ karena manfaat kesehatannya yang unik dan kandungannya yang bersifat mencegah penyakit. 

10 Manfaat Kesehatan Dari Buah Jeruk Bali
Jeruk bali sangat menyegarkan dan lezat, kaya akan vitamin C dan antioksidan kuat. Mereka juga mengandung vitamin A, kalium, folat, thiamin, vitamin B6, kalsium, besi, tembaga, fosfor dan magnesium, serta beberapa fitonutrien dan flavonoid. Buah ini juga sangat rendah kalori.

Jeruk bali adalah buah yang masuk dalam jenis pembangkit tenaga dan gizi yang dapat bermanfaat bagi tubuh Anda dalam banyak cara. Berikut adalah 10 manfaat kesehatan dari buah jeruk bali.

1. Menjaga berat badan

Dikemas dengan vitamin C, serat dan air, jeruk bali baik untuk orang yang mencoba menurunkan berat badan. Kandungan vitamin C meningkatkan fungsi sistem metabolisme Anda dan juga mengatur metabolisme lemak, sehingga membantu dalam pembakaran lemak.

2. Menstabilkan gula darah

The American Diabetes Association merekomendasikan jeruk bali untuk orang yang menderita diabetes. Makanan rendah glisemik ini tidak menyebabkan lonjakan gula darah setelah konsumsi. Flavonoidnya yang dikenal sebagai naringenin dalam jeruk bali meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin dan juga membantu menjaga berat badan yang sehat.

Sebuah studi 2010 yang diterbitkan dalam Journal Cardiovascular, jeruk bali sangat kata kandungan flavonoid yang bermanfaat dalam pengelolaan penyakit degeneratif seperti diabetes dan gangguan kardiovaskular.

3. Melawan kanker

Jeruk bali membantu mengurangi risiko kanker perut, usus, kandung kemih, payudara dan esofagus. Antioksidan milik jeruk bali memerangi radikal bebas, zat-zat berbahaya yang menyebabkan kerusakan sel-sel dalam tubuh dan bertanggung jawab untuk penyakit mematikan seperti kanker.

4. Mengurangi risiko batu ginjal

Dengan minum jus jeruk bali setiap hari, Anda bahkan dapat mengurangi risiko batu ginjal kalsium oksalat. Tingginya jumlah asam sitrat dalam jeruk bali membantu dalam menghalangi pembentukan batu dan bahkan membantu memecah batu-batu kecil.

5. Melindungi kesehatan jantung

Menjadi kaya vitamin C, jeruk bali bahkan baik untuk kesehatan jantung Anda. Sebuah studi 2015 yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa mereka yang makan sebagian besar buah dan sayuran kaya Vitami C memiliki risiko 15 persen lebih rendah mengalami penyakit jantung. Mereka yang memiliki kadar vitamin C tertinggi dalam plasma darah memiliki tingkat lebih rendah untuk terkena penyakit jantung.

6. Menurunkan kolesterol jahat

Jeruk bali merupakan sumber yang kaya dari beberapa flavonoid. Hanya makan satu buah jeruk bali sehari dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL sebesar 15,5 persen dan trigliserida sebesar 27 persen, menurut sebuah studi 2006 yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry.

Serat larut dalam jeruk bali mencegah kolesterol dari memasuki aliran darah Anda selama proses pencernaan, yang pada gilirannya menghambat pengerasan arteri dan menurunkan risiko beberapa kondisi kardiovaskular dan tekanan darah tinggi.

7. Meningkatkan kekebalan

Jeruk bali membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi masalah infeksi dan masuk angin. Vitamin C dalam jeruk bali bekerja sebagai antioksidan alami yang kuat dan mencegah radikal bebas berbahaya.

Hal ini pada gilirannya membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap patogen yang menyebabkan masuk angin dan penyakit menular lainnya.

8. Meningkatkan kesehatan kulit

Seperti buah jeruk ini kaya akan vitamin C, jeruk bali juga baik untuk kesehatan kulit Anda. Vitamin C sangat penting untuk memproduksi kolagen yang sehat membantu menjaga kulit Anda lembut dan halus.

9. Menjaga kesehatan mulut, gigi, dan gusi

Vitamin C sangat penting untuk gusi yang sehat, yang membantu menjaga gigi kita tetap di tempatnya. Jeruk bali adalah sumber yang baik dari vitamin C, mereka memainkan peran kunci dalam memerangi penyakit gusi.

10. Menjaga kesehatan liver

Menjadi sumber yang baik dari vitamin C dan antioksidan lainnya, jeruk bali juga membantu membersihkan dan detoksifikasi liver. Glutathione, antioksidan kuatnya menetralkan radikal bebas dan membantu dalam detoksifikasi logam berat dari liver.

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *