10 Nutrisi Pokok yang Dibutuhkan Tubuh Anda

by

Kekurangan gizi saat ini masih menjadi masalah kesehatan di dunia, terutama di negara-negara berkembang. Dietary Guidelines pemerintah federal AS untuk Amerika melaporkan dan menyatakan bahwa banyak orang dewasa kekurangan nutrisi penting, termasuk beberapa vitamin dan mineral. 

10 Nutrisi Pokok yang Dibutuhkan Tubuh Anda
Gaya hidup yang sibuk, kurangnya pengetahuan dan diet yang buruk sering menjadi penyebabnya. Jumlah yang cukup dari berbagai jenis nutrisi yang penting bagi setiap organisme hidup sering terabaikan. Ada banyak jenis nutrisi dan masing-masing memiliki tujuan tertentu.

Belajar tentang nutrisi, ini adalah salah satu kunci yang dibutuhkan tubuh Anda, yang menjadi langkah pertama menuju peningkatan kesehatan Anda secara keseluruhan dan sebagai pencegahan penyakit. Berikut adalah 10 nutrisi penting untuk tubuh Anda yang tak boleh Anda abaikan begitu saja.

1. Vitamin A

Vitamin penting ini memainkan peran penting dalam pertumbuhan umum dan pengembangan, termasuk penglihatan yang tepat, gigi sehat, kulit bercahaya, tulang yang kuat dan banyak lagi. Vitamin A juga melindungi tubuh dari berbagai jenis infeksi dan mempromosikan kesehatan dan pertumbuhan sel dan jaringan dalam tubuh. Vitamin A datang dalam dua bentuk, retinoid dan karotenoid.

2. Vitamin C

Vitamin yang larut dalam air ini adalah antioksidan yang membantu melindungi sel dari kerusakan radikal bebas, menurunkan risiko berbagai jenis kanker, meregenerasi pasokan vitamin E Anda, dan meningkatkan penyerapan zat besi. Vitamin ini juga membuat gusi yang sehat, membantu dalam penyembuhan luka, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menjaga dari terjadinya infeksi.

3. Vitamin E

Vitamin E adalah nama kolektif delapan senyawa yang larut dalam lemak dengan aktivitas antioksidan yang khas. Vitamin ini adalah vitamin tertentu yang melindungi kulit dari sinar ultraviolet yang berbahaya, mencegah kerusakan sel dari radikal bebas, meningkatkan komunikasi antar sel-sel, dan melindungi terhadap kanker prostat dan penyakit Alzheimer.

4. Serat

American Dietetic Association mendefinisikan serat sebagai karbohidrat kompleks yang tubuh tidak dapat mencerna atau menyerapnya. Sebaliknya serat akan melewati secara utuh perut, usus kecil, dan usus besar dan keluar dari tubuh Anda.

Diet tinggi serat menormalkan buang air besar, membantu menjaga kesehatan usus, menurunkan kadar kolesterol, membantu mengontrol kadar gula darah, dan membantu dalam mencapai berat badan yang sehat. Serat juga menurunkan risiko pengembangan penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, kanker, dan diabetes tipe 2.

5. Asam Folat (Vitamin B9)

Asam folat, juga dikenal sebagai folat, adalah bentuk dari yang larut dalam air. Asam folat mendukung produksi sel darah merah untuk mencegah anemia, mencegah penumpukan homosistein dalam darah Anda, dan membantu fungsi saraf dengan benar. Folat juga mencegah patah tulang dan demensia tulang karena osteoporosis, termasuk penyakit Alzheimer.

6. Zat Besi

Zat besi membantu membuat sel-sel darah merah, yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Zat ini juga diperlukan untuk mendukung metabolisme yang tepat untuk otot dan organ aktif lainnya. Kurangnya zat besi dalam tubuh dapat menyebabkan anemia defisiensi besi yang dapat menyebabkan kelelahan, kelemahan, dan mudah tersinggung.

7. Magnesium

Magnesium memberikan kontribusi untuk kekuatan tulang, memungkinkan produksi energi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menormalkan otot, saraf, dan fungsi jantung. Bahkan, mineral ini sangat penting untuk detak jantung normal. Makanan yang tinggi serat umumnya juga tinggi magnesium.

8. Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 dianggap asam lemak esensial (ALA, DHA dan EPA) yang membantu membangun sel, mengatur sistem saraf, memperkuat sistem kardiovaskular, membangun kekebalan, dan membantu tubuh menyerap nutrisi. Dan juga mengurangi risiko menjadi gemuk dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk merespon insulin, bahkan membantu mencegah pertumbuhan sel kanker.

9. Kalsium

Kalsium memainkan peran kunci dalam menjaga kesehatan gigi dan tulang. Zat ini juga mempromosikan saraf yang sehat dan fungsi otot, membantu mempertahankan keseimbangan pH dalam darah, dan membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi. Telah ditemukan bahwa asupan kalsium yang cukup juga menurunkan tekanan darah, serta kontrol berat badan.

10. Protein

Protein membantu fungsi sistem kekebalan tubuh dengan benar, menjaga kesehatan kulit, rambut dan kuku, dan membantu tubuh dalam memproduksi enzim. Protein ini penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan masa kanak-kanak, remaja, dan kehamilan.

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *