10 Rahasia Agar Tubuh Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

by

Anda tidak harus benar-benar mengubah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat. Namun, dengan memasukkan beberapa perubahan dalam rutinitas harian Anda, Anda dapat tetap menjaga kesehatan serta menjaga kebugaran. 

10 Rahasia Agar Tubuh Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit
Ada banyak health hacks atau trik kesehatan sederhana yang dapat membuat perubahan besar dari waktu ke waktu, dan ini sangat mudah dan efektif, serta sudah terbukti secara ilmiah.

Dengan memulai dari hal kecil, Anda dapat membangun fondasi yang akhirnya mengarah pada kesehatan yang tentunya lebih baik. Berikut adalah 10 health hacks mudah yang harus Anda ketahui.

1. Pilih naik tangga dari pada lift atau eskalator.
Lift dan eskalator memang membantu menghemat waktu. Namun sayangnya, mereka juga berkontribusi untuk membuat kita lebih banyak duduk. Coba naik tangga, bukan naik eskalator atau lift untuk tetap sehat secara fisik.

Naik tangga lebih sering adalah latihan insidental kuat bagi orang-orang segala usia. Memanjat tangga adalah cara yang bagus untuk memperkuat otot-otot Anda, meningkatkan tingkat energi Anda, membakar lemak, dan meningkatkan kesehatan jantung Anda. Kebiasaan ini bahkan bisa menurunkan resiko diabetes, tekanan darah tinggi, osteoporosis dan penyakit jantung.

2. Gunakan kayu manis daripada gula untuk pemanis teh atau kopi.
Daripada menggunakan krim dan gula, coba gunakan bubuk kayu manis untuk menambah rasa manis untuk teh atau kopi. Tidak hanya kayu manis memiliki kalori lebih sedikit daripada krim dan gula, kayu manis juga memiliki banyak manfaat kesehatan.

Sebuah studi tahun 2003 yang diterbitkan dalam Diabetes Care melaporkan bahwa asupan 1, 3 atau 6 gram kayu manis per hari mengurangi glukosa serum, trigliserida, low-density lipoprotein (LDL atau kolesterol ‘buruk’) dan kadar kolesterol total di orang dengan diabetes tipe 2.

3. Menjaga kesehatan mulut.
Menurut Academy of General Dentistry, kesehatan mulut memiliki dampak langsung pada kesehatan Anda secara keseluruhan. Kesehatan mulut yang baik bahkan mengurangi risiko masalah kesehatan seperti stroke dan penyakit jantung. Caranya, bersihkan mulut Anda dengan menggosok gigi secara rutin 30 menit setelah makan atau sebelum tidur.

4. Mandi air dingin sebelum tidur.
Suhu tubuh yang tepat sangat penting dalam mendapatkan istirahat malam yang baik. Ketika Anda mandi air dingin sebelum tidur, suhu tubuh Anda akan membantu Anda tertidur lebih cepat dan menikmati kualitas lebih baik secara keseluruhan.

Mandi air dingin di malam hari juga meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi stres dan bahkan mengurangi gejala depresi. Sebuah studi 2008 yang diterbitkan dalam Medical Hypotheses menemukan bahwa mandi air dingin bekerja sebagai pengobatan yang potensial untuk depresi.

5. Menjaga kesehatan mata.
Banyak dari kita menghabiskan banyak waktu menatap layar pada laptop, komputer, ponsel, game dan televisi. Ini menempatkan banyak ketegangan pada mata dan dapat menyebabkan kelelahan mata. Ketegangan mata dapat menyebabkan mata gatal, mata kering, penglihatan kabur, sakit kepala, peningkatan kepekaan terhadap cahaya dan konsentrasi yang buruk.

Untuk menjaga kesehatan mata, usahakan untuk member waktu mata istirahat setelah 30 menit menatap layar monitor. Mengonsumsi makanan yang kaya vitamin A juga sangat dianjurkan guna menunjang nutrisi yang dibutuhkan mata.

6. Meditasi.
Meditasi merupakan praktik kuno yang setiap orang harus mencoba setidaknya 10 menit setiap hari. Meditasi menghasilkan keadaan relaksasi dan pikiran yang tenang, yang meningkatkan kesehatan fisik dan kesejahteraan emosional. Meditasi juga membantu mengurangi stres.

7. Rajin minum air.
Dua hal yang menghambat kesehatan Anda adalah tidak minum cukup air dan mengunyah makanan ringan yang tidak sehat. Untuk mengatasi masalah ini, mulailah membawa botol air besar dan beberapa makanan ringan yang sehat dengan Anda kemana-mana Anda pergi.

8. Minum air lemon di pagi hari.
Untuk sehat, bukan minum air putih, kopi atau teh di pagi hari, namun minum air lemon. Air lemon memiliki sifat detoksifikais yang baik untuk tubuh Anda. Tidak hanya pagi, minum air lemon sepanjang hari dapat membantu alkalisasi, atau menetralisir asam di dalam tubuh.

9. Pilih produk organik.
Selalu coba untuk makan produk segar dan menghindari versi kalengan untuk tetap sehat. Buah-buahan dan sayuran segar mempertahankan lebih nilai gizi mereka daripada produk kalengan.

10. Makan di piring yang lebih kecil.
Asupan kalori tinggi adalah penyebab utama obesitas, kolesterol tinggi dan penyakit jantung. Karena tidak mungkin untuk selalu menghitung kalori yang Anda makan, apa yang dapat Anda lakukan adalah mengurangi asupan kalori Anda dengan beralih ke piring yang lebih kecil.

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *