10 Tips Mengurangi Berkeringat Saat Tidur di Malam Hari

by

Ada nama lain untuk Anda yang sering berkeringat di malam hari, yakni hiperhydrosis. Keringat yang berlebihan ini terutama terjadi saat Anda tidur di malam hari. Umumnya, kondisi ini bisa terjadi pada wanita yang telah mencapai fase menopause, yakni perubahan hormonal tertentu yang terjadi setelah usia tertentu dan bisa menjadi alasan di balik keringat berlebih saat tidur. 

10 Tips Mengurangi Berkeringat Saat Tidur di Malam Hari
Yang perlu Anda lakukan adalah berkonsultasi dengan dokter untuk mendeteksi apakah berkeringat di malam hari tersebut adalah karena alasan medis lainnya. Jika Anda selalu menemukan seprai yang basah dengan keringat Anda di malam hari maka lebih baik untuk mencoba tips tertentu untuk memudahkan dan meringankan kondisi tersebut. Namun, jika keringat Anda masih berlanjut, hubungi dokter sesegera mungkin.

1. Tips #1
Nikmati mandi dengan air dingin sebelum tidur. Hal ini akan mengurangi kemungkinan Anda mengalami keringat malam yang mengganggu tidur Anda.

2. Tips #2

Latihan atau berolahraga memainkan peran penting dalam mengatur aksi hormonal dan berkeringat. Lakukan olahraga secara rutin untuk mengurangi kebiasaan berkeringat di malam hari.

3. Tips #3

Jika suhu adalah masalah, coba cara lain untuk mendinginkan kamar tidur Anda sedikit. Juga, pastikan bahwa kamar tidur Anda memiliki aliran udara dan ventilasi yang tepat.

4. Tips # 4

Kondisi kasur yang nyaman dapat memainkan peran yang sangat penting dalam bagaimana nyaman dan tidkanya tidur Anda nantinya. Jadi, usahakan untuk tidur di tempat tidur yang nyaman dan bersih. Mengapa harus bersih? Karena partikel debu di tempat tidur bisa membuat tidur Anda tidak nyaman.

5. Tips #5 Hindari makanan pedas setidaknya dalam makan malam Anda. Hindari makanan yang panas dan konsumsi makanan saat mereka setidaknya sudah agak mendingin. Makan buah-buahan dan sayuran yang kaya air untuk menghidrasi tubuh Anda.

6. Tips #6
Menjaga diri terhidrasi dengan minum cukup air sepanjang hari. Hindari kopi dan soda karena mereka akan membuat tubuh Anda justru dehidrasi.

7. Tips #7

Jaga lampu kamar tidur Anda tetap gelap saat tidur. Setiap jumlah cahaya bisa membuat Anda sulit untuk tertidur. Juga, itu bisa mempengaruhi kualitas tidur Anda.

8. Tips #8

Latihan dan olahraga rutin dapat membuat banyak perbedaan dalam mencegah berkeringat di malam hari. Bermeditasi selama 10 menit sebelum tidur untuk hasil yang lebih baik juga patut Anda coba.

9. Tips #9

Memakai pakaian longgar yang terbuat dari katun sangat membantu membuat Anda tetap nyaman saat tidur. Pakaian ketat justru dapat memperburuk kondisi dan metabolisme Anda saat tidur.

10. Tips #10
Hindari minum alkohol terutama di malam hari. Minum alkohol dapat memicu keringat malam. Juga, berkonsultasi dengan dokter untuk mendiagnosa masalah sebenarnya di balik berkeringat di malam hari yang Anda alami.

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *