12 Cara Ampuh Mengatasi Telinga Tersumbat Secara Alami

by

Telinga tersumbat merupakan gangguan yang bisa dialami oleh siapapun. Anda terjebak di udara dingin atau Anda baru saja mendarat setelah beberapa jam melakukan perjalanan udara, dan hal tersebut membuat telinga Anda tersumbat?

Kondisi ini tidak hanya membuat Anda kesal tapi kadang-kadang menjadi menyakitkan juga. Jadi, jika Anda mencari solusi segera, pengobatan rumah ternyata bisa Anda lakukan untuk membersihkan telinga tersumbat. 

12 Cara Ampuh Mengatasi Telinga Tersumbat Secara Alami
Ketika telinga tersumbat, umumnya cenderung memiliki sensasi suara berangin di telinga. Hal itu akan terasa gatal atau terasa seperti lendir atau semacam air di dalam telinga. Hal ini juga mengurangi kapasitas pendengaran dan ketika itu terjadi untuk waktu yang lama, telinga akan terasa sakit pula.

Ada beberapa alasan yang mungkin menyebabkan telinga tersumbat. Ini mungkin disebabkan oleh penyumbatan tuba eustachius, perbedaan tekanan dan aliran udara di dalam telinga atau mungkin juga karena akumulasi lilin.

Apapun penyebabnya, selalu lebih baik untuk segera mengatasinya agar tak menimbulkan luka. Berikut adalah daftar bahan di rumah yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan telinga tersumbat.

1. Minyak bawang putih

Bawang putih adalah salah satu antibiotik terbaik. Ambil 3-4 siung bawang putih dan tambahkan ke satu sendok teh minyak mustard, panaskan sebentar. Saring, biarkan dan dingin untuk sementara waktu lalu tempatkan beberapa tetes pada telinga. Baik itu untuk menghilangkan rasa sakit atau untuk telinga tersumbat, minyak bawang putih ini adalah yang obat rumah terbaik yang bisa Anda gunakan.

2. Minyak zaitun

Ambil satu sendok teh minyak zaitun, panas kan sebentar. Biarkan hingga dingin dan tempatkan beberapa tetes ke telinga yang tersumbat. Ini adalah salah satu obat alami terbaik untuk telinga tersumbat.

3. Minyak lavender

Tambahkan beberapa tetes minyak lavender ke air matang yang hangat. Tarik napas dan hirup uapnya. Anda juga dapat menutupi kepala Anda dengan handuk. Ini adalah salah satu cara sederhana untuk menyingkirkan masalah telinga tersumbat.

4. Uap air panas

Panaskan air sampai mendidih. Setelah itu hirup uapnya. Lakukan selama beberapa kali. Hal ini membantu untuk melonggarkan kotoran telinga serta lendir dan memberikan bantuan instan dari telinga tersumbat.

5. Air hangat

Terapkan beberapa tetes air hangat ke dalam telinga, lalu posisikan tubuh Anda di posisi miring untuk sementara waktu. Kemudian ambil air setelah sekitar beberapa menit. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk membersihkan telinga tersumbat.

6. Menguap

Menguap membantu dalam menyingkirkan telinga tersumbat. Ketika Anda menguap, tekanan di telinga akan seimbang dan ini membantu untuk membersihkan telinga tersumbat secara alami.

7. Sup hangat

Makan sup hangat adalah salah satu cara terbaik untuk menyingkirkan telinga tersumbat secara alami. Hal tersebut akan membuat lendir melembut dan dengan demikian membersihkan telinga tersumbat.

8. Makan makanan pedas

Mengejutkan tapi benar bahwa makan makanan pedas seperti cabai dan merica membantu dalam mengurangi kemacetan di telinga. Panas yang dihasilkan oleh makanan pedas ini membantu untuk menyingkirkan telinga tersumbat.

9. Berkumur dengan air garam hangat

Tambahkan satu sendok teh garam dalam air hangat. Aduk dan kemudian berkumurlah selama beberapa detik, ulangi untuk beberapa kali. Hal ini membantu untuk memberikan bantuan dari telinga tersumbat.

10. Tea tree oil

Tambahkan beberapa tetes te tree oil ke air matang yang hangat. Hirup uapnya, atau Anda juga dapat menutupi kepala Anda dengan handuk. Hal ini terbukti efektif dalam menyingkirkan telinga tersumbat.

11. Cuka apel

Cuka apel adalah antibakteri. Tambahkan cuka sari apel dengan alkohol dan kemudian terapkan beberapa tetes ke telinga tersumbat. Setelah sekitar 10-15 menit, hapus lilin yang keluar dengan cotton bud.

12. Kompres hangat

Untuk telinga tersumbat karena dingin dan sinus, kompres hangat sangat membantu. Rendam kain bersih dalam air hangat, peras airnya dan tempelkan kain di telinga tersumbat.

Baca juga:

(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • cara agar kuping tidak budeg
  • cara agar telinga satu tidak bonge
  • cara menyembuhkan telinga bebel
  • Caraa alami menyembuh kan telinga budek sebelah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *