6 Manfaat Air Beras Untuk Kulit Cantik dan Rambut

by

Beras merupakan makanan pokok di berbagai negara, terutama negara-negara Asia seperti Indonesia, China dan Jepang. Karena ketersediaannya yang mudah di negara-negara ini, orang-orang telah membuatnya menjadi bagian dari asupan mereka serta bahan kecantikan.

6 Manfaat Air Beras Untuk Kulit Cantik dan Rambut
Air beras mengandung nutrisi yang dapat bermanfaat untuk kulit dan rambut. Beras memiliki vitamin B, C, dan E serta mineral dan delapan asam amino esensial yang mempromosikan kesehatan secara keseluruhan serta kecantikan.

Dalam istilah sederhana, air beras adalah air yang berwarna putih susu yang Anda dapatkan setelah merendam beras atau setelah merebus beras. Hal ini dapat terkonsentrasi, diencerkan atau bahkan difermentasi untuk membawa sebagian besar manfaatnya. Berikut adalah manfaat air beras untuk kecantikan.

1. Meningkatkan Kesehatan Rambut

Air beras membuat rambut lembut, kuat dan sehat. Rambut terdiri dari protein, maka protein dalam air beras yang baik untuk rambut Anda. Protein pada beras memperkuat batang rambut dan mengisi celah-celah, sehingga rambut berkilau dan lembut.

Plus, air beras mengandung inositol, jenis karbohidrat yang dapat mencegah kerusakan rambut dan tetap sehat dan lembut. Bahkan, bisa mengobati kerontokan rambut dengan meningkatkan tingkat pertumbuhan rambut baru dan memperkuat helai rambut mereka tumbuh.

2. Meluruskan Rambut Keriting

Ketika rambut keriting dan rambut tidak terkendali, air beras sangat bermanfaat. Jumlah protein yang baik di dalamnya dapat mengatasi kondisi rambut Anda tersebut. Hal ini juga dapat membantu mencegah kusutnya dan meningkatkan elastisitas rambut.

Dalam sebuah studi tahun 2010 yang diterbitkan dalam International Journal of Cosmetic Science, peneliti melakukan penelitian yang luas pada sejarah dari gaya rambut dan praktik perawatan rambut wanita Jepang, dan menemukan bahwa wanita-wanita ini menggunakan air beras untuk membilas rambut mereka setiap hari.

3. Mengatasi Iritasi Kulit

Pati dalam air beras efektif untuk mengobati lesi kulit kering eksim. Hal ini dapat menenangkan iritasi kulit dan peradangan. Sebuah studi tahun 2002 yang diterbitkan dalam Acta Kulit dan Venereologica menemukan bahwa paparan air mandi yang mengandung pati beras, dua kali sehari selama 15 menit, menyebabkan peningkatan 20 persen dalam kapasitas penyembuhan kulit yang rusak.

4. Memperkecil Pori

Pori-pori terbuka atau pori-pori besar pada kulit dapat berkontribusi untuk berbagai jenis masalah seperti jerawat dan komedo. Pori-pori terbuka adalah umum pada orang dengan kulit berminyak. Untuk membantu memerangi masalah ini menjengkelkan, air beras sangat efektif.

Air beras bekerja sebagai astringent alami untuk mengencangkan kulit Anda. Ini mengurangi pori-pori besar dan membantu mengembalikan keseimbangan pH kulit.

5. Meningkatkan Kompleksi Kulit

Air beras juga meningkatkan warna kulit Anda dan membuat kulit Anda sehat dan sempurna. Ini membantu menyiram racun keluar kulit, meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi peradangan. Plus, mencegah bintik-bintik penuaan dan hiperpigmentasi.

6. Membuat Kulit Lembut

Air beras sangat bagus untuk menjaga kulit Anda lembut dan lembab. Proteinnya mencegah kehilangan air untuk membantu menjaga kulit kembali lembab lagi. Juga, mengandung antioksidan yang membantu mengurangi kerusakan akibat radikal bebas yang disebabkan oleh penuaan, paparan sinar matahari dan faktor lingkungan.

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *