7 Tips Ampuh Meningkatkan Hormon Testosteron Pada Pria

by

Testosteron adalah hormon steroid terutama disekresi oleh testis pria. Perempuan memiliki testosteron, juga, tapi dalam jumlah yang sangat kecil. Hormon ini bertanggung jawab untuk pengembangan karakteristik se/ksual laki-laki.

Testosteron juga penting untuk menjaga massa otot, tingkat yang memadai dari sel darah merah, rasa tenang, dan fungsi se/ksual. Biasanya setelah usia 30, jumlah testosteron dalam tubuh menurun. 

7 Tips Ampuh Meningkatkan Hormon Testosteron Pada Pria
Penyebab lain dari kadar testosteron rendah termasuk cedera atau infeksi, diabetes, penyakit hati atau ginjal kronis, kemoterapi atau radiasi, kelainan genetik, hemochromatosis (kelebihan zat besi), disfungsi kelenjar hipofisis, penyakit inflamasi yang mempengaruhi kelenjar pituitari, stres, alkohol dan obesitas dan obat-obatan tertentu. Hal ini juga terkait dengan kekurangan nutrisi tertentu.

Tingkat testosteron rendah dapat mempengaruhi baik kualitas hidup Anda dan kesehatan Anda. Hal ini dapat menyebabkan kelelahan, disfungsi ere/ksi, depresi dan masalah emosional lainnya, insomnia, kurang konsentrasi, penurunan kepadatan tulang, dan peningkatan lemak tubuh.

Untuk mengetahui kadar testosteron mereka, pria dapat memilih untuk tes darah. Nantinya, bila menunjukkan tingkat testosteron yang rendah dan Anda mengalami tanda-tanda dan gejala yang sama, jangan khawatir.

Beberapa gaya hidup dan perubahan pola makan sederhana bisa membantu meningkatkan level testosteron Anda secara alami. Berikut adalah 10 cara untuk meningkatkan tingkat testosteron Anda secara alami.

1. Menurunkan berat badan

Ada hubungan kuat antara berat badan dan ketidakseimbangan hormon. kadar testosteron yang rendah cenderung meningkatkan lemak tubuh yang pada gilirannya menciptakan ketidakseimbangan hormon berupa peningkatan konversi testosteron menjadi estrogen.

2. Latihan dan olahraga

Olahraga teratur membantu meningkatkan testosteron pada pria dengan tingkat rendah. Hal ini juga meningkatkan energi dan daya tahan dan akan membantu Anda tidur lebih baik.

Selain itu, itu mengurangi kesempatan Anda kelebihan berat badan, yang memberikan kontribusi untuk testosteron rendah. Angkat besi adalah bentuk paling efektif dari latihan untuk meningkatkan tingkat testosteron. Untuk hasil terbaik, mengangkat beban lebih berat dengan lebih sedikit pengulangan.

3. Tidur cukup

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association pada tahun 2011, mengurangi jumlah jam tidur secara drastis mengurangi tingkat testosteron seorang pria.

Studi ini menemukan bahwa kadar testosteron pada pria muda yang tidur kurang dari 5 jam setiap malam selama seminggu mengalami penurunan 10 hingga 15% kadar testosteron mereka dibandingkan dengan mereka yang memiliki tidur malam penuh.

4. Mengurangi stres

Stress yang tinggi juga dikaitkan dengan kadar testosteron rendah. Hal ini juga mempengaruhi tidur Anda yang pada gilirannya mempengaruhi kadar testosteron Anda. Plus, hormon stres kortisol yang membuat Anda mendapatkan lemak perut dan kelebihan berat badan menjadikan lebih sedikit testosteron.

5. Makan lemak sehat

Sama seperti vitamin dan mineral lainnya, tubuh Anda membutuhkan lemak sehat untuk berfungsi optimal. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Steroid Biochemistry menemukan bahwa diet dengan kurang dari 40 persen dari energi sebagai lemak menyebabkan penurunan testosteron.

6. Optimalkan tingkat vitamin D

Orang dengan testosteron rendah sering memiliki kekurangan vitamin D. Paparan sinar matahari secara teratur adalah cara terbaik untuk mengoptimalkan tingkat vitamin D Anda.

7. Mengonsumsi banyak zat besi

Mineral zinc penting untuk produksi testosteron. Kekurangan zinc dapat menyebabkan penurunan kadar testosteron. Makan makanan yang sehat adalah cara terbaik untuk meningkatkan asupan zinc Anda. Makan makanan seperti daging merah, ikan, tiram, kepiting, susu, keju, kacang-kacangan, dan yogurt. 


Baca juga:
(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *