10 Bahan Alami Merawat Kesehatan Rambut, Kulit, dan Kuku

by

Banyak dari kita mengikuti ritual kecantikan yang ketat untuk menjaga kulit kita, rambut dan kuku dalam kesehatan yang baik. Bahkan, orang di seluruh dunia menghabiskan jutaan rupiah untuk memiliki kulit indah, rambut yang luar biasa dan kuku yang kuat.

10 Bahan Alami Merawat Kesehatan Rambut, Kulit, dan Kuku
Ketika Anda datang ke salon kecantikan, bahan kimia dan racun dalam produk komersial dapat memberikan banyak kerugian dalam jangka panjang. Padahal, ada banyak bahan-bahan alami di dapur Anda yang tidak boleh diremehkan. Berikut adalah 10 bahan alami untuk rambut sehat, kulit cantik dan kuku yang kuat.

10 Bahan Alami Menjaga Kesehatan Rambut, Kulit dan Kuku

  • Minyak zaitun

Menjadi emolien kuat, minyak zaitun membuat tubuh, bersinar, kelembutan dan ketahanan untuk rambut Anda. Ini dengan mudah untuk membantu rambut mempertahankan kelembaban. Selain sebagai salah satu minyak terbaik untuk rambut, ini juga baik untuk kulit dan kuku.

Asam lemak tak jenuh tunggal yang ada di minyak zaitun melindungi kulit terhadap penuaan dari matahari berkepanjangan atau ultraviolet (UV) eksposur, menurut sebuah studi 2012 yang diterbitkan dalam PLoS ONE. Minyak zaitun juga baik untuk kuku yang lemah dan rapuh. Properti pelembab dari minyak ini membantu memperbaiki kerusakan dan melembutkan kuku dan kutikula.

  • Alpukat

Apakah itu adalah buah, biji atau minyak, alpukat harus menjadi bagian dari ritual perawatan kecantikan Anda. Dari kulit kering untuk bekas luka dan hangnails untuk rambut yang rusak, alpukat memiliki banyak kegunaan kecantikan.

Makan setengah alpukat setiap hari membantu melindungi kulit Anda. Tingginya jumlah lemak sehat, vitamin E dan protein dalam alpukat membantu melindungi kulit dari kerusakan, menjaga rambut Anda sehat dan mencegah hangnails.

  • Teh hijau

Teh hijau memiliki banyak manfaat kecantikan. Antioksidan berkualitas tinggi dalam teh ini mencegah kerusakan radikal bebas berbahaya yang memberikan kontribusi untuk penuaan kulit. Melindungi kulit terhadap kerusakan UV dan mengurangi tanda-tanda penuaan dini seperti keriput, bintik-bintik usia dan kulit kendor.

Sebuah studi tahun 2003 oleh Medical College of Georgia mencatat bahwa teh hijau bantu peremajaan kulit. Hal ini dapat digunakan untuk mengobati penyakit kulit dan luka.

  • Lemon

Lemon adalah pembangkit tenaga gizi yang sangat baik untuk rambut Anda, kulit dan kuku. Jus buah serta minyak dan kulit dapat digunakan untuk tujuan kecantikan.

Lemon kaya akan vitamin C, antioksidan yang memerangi kerusakan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan. Bahkan meningkatkan produksi kolagen, yang mengembalikan elastisitas kulit untuk membantu menjaga penampilan yang halus dan awet muda.

  • Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung banyak khasiat nutrisi yang mendukung kesehatan rambut Anda, kulit serta kuku. Properti pelembab dari minyak kelapa membantu segel kelembaban kulit Anda, yang penting untuk kulit lembut dan halus.

Hal ini bahkan efektif melindungi kulit dari kerusakan akibat matahari. Kandungan asam lemak yang membantu mengurangi peradangan dan merevitalisasi kulit.

  • Madu

Madu, terutama terdiri dari fruktosa dan glukosa, mengandung protein dan asam amino, vitamin, enzim, mineral dan komponen minor lainnya yang menawarkan banyak manfaat kecantikan.

Sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Cosmetic Dermatology menyoroti manfaat kulit madu. Studi ini mengatakan bahwa madu memberi emollient, humektan, efek menenangkan dan pendingin rambut; membuat kulit muda dan memperlambat pembentukan keriput; mengatur tingkat pH; dan mencegah infeksi patogen.

  • Cuka sari apel

Selama bertahun-tahun, cuka sari apel telah digunakan untuk berbagai keperluan rumah tangga dan memasak. Namun, bahan alami ini membantu dengan segala macam masalah kecantikan, dari jerawat, kerusakan akibat sinar matahari dan rambut rontok, serta kuku rapuh. Ia memiliki sifat antiseptik, antibakteri dan anti-inflamasi yang menjaga pori-pori kulit bebas dari bakteri, minyak dan partikel debu lainnya.

  • Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu makanan super yang yang memiliki manfaat khusus untuk kuku, rambut dan kulit. Oatmeal kaya protein, biotin dan vitamin B lainnya yang bermanfaat untuk kulit dan rambut.

  • Almond

Almond dan minyak almond dapat meningkatkan warna kulit, mengurangi intensitas kerusakan akibat sinar matahari dan membuat kulit Anda sehat dari dalam. Tinggi kandungan vitamin E dalam almond adalah kunci dalam membantu menangkal radikal bebas yang merusak dan bahkan kerusakan oksidatif, yang dapat merusak kulit, rambut, serta kuku Anda.

  • Tomat

Sayuran yang kaya air ini mengandung beberapa nutrisi penting yang mendukung kuku, rambut dan kulit juga. Tomat kaya akan lycopene, antioksidan kuat yang membantu mencegah atau memperbaiki kerusakan DNA. Hal ini juga membantu melindungi terhadap sinar matahari dan penuaan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *