10 Bahan Alami Untuk Mengatasi Gigi Berlubang

by

Kerusakan gigi dan rongga mulut adalah masalah kesehatan mulut yang paling umum di dunia. Masalah-masalah ini paling sering terlihat pada anak-anak, remaja dan orang dewasa yang lebih tua. Namun, siapapun bisa mengalami gigi berlubang.

Gigi berlubang, juga disebut sebagai karies, lubang di gigi yang disebabkan oleh kerusakan gigi. Pembusukan biasanya terjadi karena infeksi bakteri yang menyebabkan demineralisasi dan kerusakan jaringan keras pada gigi.

10 Bahan Alami Untuk Mengatasi Gigi Berlubang
Faktor-faktor tertentu dapat meningkatkan risiko terkena gigi berlubang, termasuk makanan yang menempel pada gigi Anda untuk waktu yang lama, sering ngemil, kebersihan mulut yang buruk, tidak mendapatkan cukup fluoride, mulut kering, tambalan aus atau perangkat gigi. gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia makan juga dapat berkontribusi untuk masalah gigi yang serius karena pembersihan berulang.

Tanda-tanda dan gejala gigi berlubang bervariasi, tergantung pada jenis dan tingkat keparahan masalah. Beberapa gejala umum termasuk sakit gigi, sensitivitas gigi, ringan sampai nyeri saat makan atau minum, lubang terlihat atau lubang di gigi yang terinfeksi, dan hitam, coklat atau putih noda pada permukaan gigi. Berikut adalah 10 bahan alami untuk mengatasi gigi berlubang.

10 Cara Alami Mengatasi Gigi Berlubang

  • Cengkeh

Cengkeh adalah salah satu bahan yang paling penting untuk mengobati segala jenis masalah gigi, termasuk gigi berlubang. Karena anti-inflamasi, analgesik dan sifat antibakteri, cengkeh dapat membantu meringankan rasa sakit dan mencegah rongga menyebar.

  • Garam

Garam juga dapat digunakan untuk mengobati gigi berlubang karena sifat antiseptik dan antibakteri. Hal ini dapat mengurangi peradangan, mengurangi rasa sakit, menarik keluar setiap infeksi dan mencegah pertumbuhan bakteri di dalam mulut.

  • Minyak wijen

Minyak wijen adalah obat kuno yang dapat mengurangi gigi berlubang serta gusi berdarah dan bau mulut. Ini membantu membersihkan mulut bakteri berbahaya yang bertanggung jawab untuk berbagai jenis masalah gigi.

  • Bawang putih

Menjadi kaya antibakteri serta sifat antibiotik, bawang putih sering dianjurkan untuk kerusakan gigi dan gigi berlubang. Hal ini juga dapat memberikan jeda dari rasa sakit dan mempromosikan gusi dan gigi sehat.

  • Licorice

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Chemical Society Journal of Natural Products, akar licorice dapat membantu menjaga kesehatan gigi. Ada dua senyawa yang efektif antibakteri di akar licorice kering, licoricidin dan licorisoflavan A yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang. Plus, ramuan ini juga dapat mengurangi plak.

  • Kunyit

Kunyit sering digunakan untuk memberikan jeda dari rasa sakit karena gigi berlubang. Ini memiliki antibakteri serta sifat anti-inflamasi yang membantu menjaga gusi sehat dan mencegah kerusakan gigi akibat infeksi bakteri.

  • Daun nimba 

Nimba, adalah obat lain yang populer untuk mengobati gigi berlubang. Sifat antibakteri dapat dengan mudah menghancurkan bakteri penyebab gigi berlubang. Plus, itu membantu menjaga gigi dan gusi sehat dan kuat.

  • Amla

Ramuan lain terkenal yang dapat membantu mengurangi gigi berlubang adalah amla. Menjadi tinggi antioksidan dan vitamin C, amla membantu memerangi bakteri dan melawan infeksi.

Amla juga mempromosikan penyembuhan dan pengembangan jaringan ikat yang menguntungkan gusi. Selain itu, membersihkan mulut dan membantu menyingkirkan bau mulut.

  • Pala

Menurut sebuah studi yang dilakukan di University Yonsei di Korea, sifat antikariogenik ekstrak pala dapat digunakan untuk mencegah gigi berlubang dan kerusakan gigi disebabkan oleh bakteri mulut kariogenik.

  • Gandum

Sifat antibakteri alami di gandum memberi bantuan melawan gigi dan rongga yang terkena bakteri dan infeksi serta mengurangi rasa sakit akibat gigi berlubang. Plus, gandum merupakan sumber yang sangat terkonsentrasi vitamin A dan E bersama dengan mineral seperti zat besi, kalsium dan magnesium, yang penting untuk kesehatan gigi.

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *