10 Cara Agar Wajah Terlihat Lebih Muda Dari Usia Sebenarnya

by

Sebagin besar orang pasti memiliki keinginan agar terlihat awet muda. Tidak peduli seberapa sehat dan bugar kondisi tubuh Anda, tidak ada yang dapat dilakukan untuk mencegah kulit keriput dan menghentikan proses penuaan.

10 Cara Agar Wajah Terlihat Lebih Muda Dari Usia Sebenarnya

Namun, Anda dapat memperlambat penuaan tubuh dengan menerapkan kebiasaan sehat tertentu sedini mungkin. Kebiasaan baik hari ini akan berpengaruh terhadap kondisi kesehatan Anda di masa tua.
Terlepas dari faktor genetika, sebagian besar penyebab penuaan dini dipengaruhi oleh pola makan, gaya hidup, olahraga, stres dan pengaruh luar lainnya. Menerapkan kebiasaan yang sehat adalah salah satu cara aman yang tidak berisiko untuk mencegah penuaan dini. Berikut adalah 10 kebiasaan orang dulu agar mereka terlihat lebih muda dari usia sebenanrnya.

10 Kebiasaan Orang Zaman Dulu Agar Tampak Awet Muda

  • Melakukan perawatan kulit secara rutin

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2012 mengatakan bahwa penuaan ekstrinsik dapat dicegah dengan melakukan perawatan kulit secara rutin. Dengan perawatan kulit yang tepat, kulit Anda akan tetap lembab, terhidrasi dan lembut. Pada gilirannya, kondisi kulit Anda tetap sehat dalam waktu yang lama.

  • Perlindungan dari sinar matahari

Terlalu banyak waktu di bawah sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan pada kulit dan menyebabkan bintik-bintik hitam, kulit kendur dan keriput. Kelebihan paparan sinar matahari juga menyebabkan risiko lebih tinggi terkena kanker kulit. Usahakan memakai pakaian lengan panjang atau menggunakan sunblock saat berada di bawah terik matahari.

  • Tidur yang cukup

Menurut National Sleep Foundation, orang dewasa harus tidur selama tujuh sampai sembilan jam setiap malam. Kebiasaan ini dapat menurunkan risiko obesitas, penyakit jantung dan diabetes. Plus, tidur dapat membantu meningkatkan memori.

Sebuah studi 2010 yang diterbitkan di Annals of Epidemiology melaporkan bahwa orang yang tidur kurang dari enam jam semalam mungkin tiga kali lebih mungkin untuk mengembangkan kondisi yang mengarah ke diabetes dan penyakit jantung.

  • Ikuti Diet Mediterania

Nutrisi memainkan peran utama dalam bagaimana kulit Anda terlihat. Diet Mediterania menekankan asupan makanan terutama berbasis tanaman, seperti buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Diet ini juga mengharuskan makan ikan dua kali seminggu dan tak mengonsumsi garam. Dalam diet ini, daging merah tidak dianjurkan. Sebagian besar lemak dalam diet ini adalah tak jenuh dan berasal dari minyak zaitun dan kacang-kacangan yang sehat.

  • Jalan-jalan pagi 

Tetap aktif dengan rajin berolahraga adalah langkah penting mencegah penuaan. Jika Anda tidak punya waktu untuk pergi ke gym atau merencanakan latihan rutin, jalan kaki bisa menjadi pilihan yang bagus. Berjalan kaki adalah salah satu bentuk latihan yang paling efektif untuk meningkatkan kebugaran.

Kebiasaan ini membantu Anda tetap fit, yang pada gilirannya dapat membantu menetralisir radikal bebas, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan bahkan meningkatkan pertumbuhan sel-sel otak baru.

  • Menahan diri dari minum minuman beralkohol dan merokok

Minum alkohol secara berlebihan itu tidak baik untuk kulit Anda serta kesehatan secara keseluruhan. Bahkan, asupan alkohol yang tinggi terkait dengan penuaan dini karena menghabiskan tingkat vitamin A, antioksidan dalam tubuh yang diperlukan untuk produksi kolagen. Sama seperti minum, merokok adalah kebiasaan buruk lain yang memicu penuaan pada usia dini.

  • Jauhkan stres 

Stres berlebih dapat menyebabkan penuaan kulit pada tingkat sel, karena dapat menyebabkan kerusakan kolagen, kerusakan DNA dan mempromosikan pelepasan faktor pro-inflamasi yang dapat mempercepat proses penuaan.

  • Punya kehidupan sosial yang baik 

Sebuah studi 2010 yang diterbitkan dalam PLoS Medicine menemukan bahwa orang yang memiliki hubungan sosial yang kuat memiliki kesempatan 50 persen lebih tinggi dari hidup lebih lama dibandingkan dengan hubungan yang buruk dengan lingkungannya.

  • Mempunyai hobi 

Dalam sebuah studi 2012 yang diterbitkan dalam Journal of Epidemiology, sekitar 2.000 orang usia 65-84 di Jepang dianalisis. Para peneliti menemukan orang yang aktif dalam sebuah hobi tertentu memiliki angka kematian lebih rendah dan kemungkinan lebih rendah mengalami sakit-sakitan di usia senja.

  • Selalu berpikiram positif 

Sebuah studi tahun 2004 oleh Royal Society menunjukkan bahwa emosi positif memperluas lingkup perhatian, kognisi dan tindakan, dan membangun sumber daya fisik, intelektual dan sosial. Di sisi lain, pikiran-pikiran negatif dapat menyebabkan stres dan emosi yang menyakitkan lainnya.

Baca juga:

(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • agar terlihat lebih muda dari usia sebenarnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *