10 Cara Alami Memutihkan Siku dan Lutut Hitam

by

Kulit di sekitar siku dan lutut biasanya lebih tebal dan memiliki lebih lipatan dari kulit sekitarnya. Selain itu, karena tidak ada kelenjar minyak di wilayah ini, kulit ini cenderung lebih kering. Jadi, ketika perawatan yang tepat dan kebersihan tidak dijaga, kulit di siku dan lutut menjadi lebih gelap daripada bagian lain dari tubuh Anda.

10 Cara Alami Memutihkan Siku dan Lutut Hitam
Beberapa faktor lain yang berkontribusi terhadap siku dan lutut gelap adalah sering menggosok, overexposure ke matahari, faktor genetik, kulit kering, ketidakseimbangan hormon, obesitas, penumpukan kulit mati dan peningkatkan pigmen melanin.

Beberapa solusi alami dan teknik perawatan kulit yang sederhana dapat membantu memecahkan masalah ini. Berikut adalah 10 bahan rumahan untuk mencerahkan siku dan lutut yang gelap.

10 Bahan Alami Memutihkan Siku dan Lutut Gelap

  • Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan obat yang baik untuk meringankan siku dan lutut yang gelap. Minyak ini memiliki vitamin E yang dapat membantu meringankan warna kulit dan mencegah kekeringan dengan menjaga kulit terhidrasi dan lembab. Ia bahkan bisa memperbaiki kulit gelap dan rusak.

  • Lemon

Lemon memiliki bleaching alami serta sifat exfoliating. Juga, buah ini memiliki jumlah tinggi vitamin C yang membantu menghilangkan sel-sel mati dan mencerahkan warna kulit. Hal ini juga dapat mempromosikan regenerasi sel-sel kulit yang sehat, terutama di area siku dan lutut.

  • Yogurt

Yogurt mengandung asam laktat yang membantu mencerahkan warna kulit. Bahan ini juga membersihkan dan melembabkan kulit. Campurkan 1 sendok teh setiap yogurt polos dan cuka putih untuk mendapatkan pasta halus.

Terapkan pada daerah yang diinginkan seperti siku dan lutut, lalu biarkan kering. Bilas dengan air hangat, keringkan dan oleskan pelembab. Lakukan setiap hari ini selama beberapa minggu.

  • Gula

Untuk mencerahkan warna kulit di siku dan lutut, Anda juga dapat menggunakan scrub gula buatan sendiri. butiran gula membantu pengelupasan sel-sel kulit mati dan melembutkan kulit.

  • Baking soda

Baking soda bertindak sebagai pembersih yang lembut, karena itu bahan ini efektif untuk mengobati siku dan lutut yang menggelap. Baking soda juga dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan mengurangi hiper-pigmentasi terbentuk di sekitar siku dan lutut.

  • Lidah buaya

Lidah buaya merupakan pecerah kulit alami yang juga akan menjaga kulit terhidrasi dan lembab. Tanaman ini juga dapat membantu menjaga warna kulit dan mempromosikan perbaikan sel-sel kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari.

  • Almond

Almond dan minyak almond baik untuk kulit Anda. Almond kaya akan sifat kulit bergizi yang dapat membantu mempertahankan warna kulit dan menjaga kulit Anda sehat dan bercahaya. Pijat daerah yang terkena dengan minyak almond hangat selama sekitar 5 menit setiap hari sebelum tidur. Dalam beberapa hari, Anda akan melihat perubahannya.

  • Mint

Mint berisi beberapa minyak atsiri yang mempromosikan kolagen dalam tubuh. Bahan ini juga membantu mempertahankan warna kulit dan membuat kulit bersinar. Rebus ½ cangkir air dengan segenggam daun mint selama 2 sampai 3 menit. Rendam bola kapas dalam larutan ini dan gosokkan pada siku dan lutut.

  • Kunyit

Kunyit juga sangat dianjurkan untuk siku dan lutut yang gelap. Tanaman ini dapat membantu menjaga dan menambahkan cahaya bagus untuk kulit. Campur bubuk kunyit kecil dengan 1 sendok teh krim susu. Oleskan pada siku dan pijat selama beberapa menit. Biarkan hingga kering, kemudian cuci dengan air hangat.

  • Mentimun

Mentimun memiliki sifat pemutihan alami yang membantu meringankan siku dan lutut yang gelap. Juga, mentimun akan membantu menjaga kulit lembab dan menghilangkan kotoran dari lapisan kulit luar.

Baca juga:

(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • tips memutihkan siku dan lutut yang menggelap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *