10 Cara Alami Mengatasi Bercak Putih Pada Kulit

by

Dalam istilah medis, bercak putih pada kulit dikenal sebagai vitiligo. Kondisi ini dapat muncul di bagian tubuh yang berbeda termasuk tangan, kaki, lengan, wajah, bibir, dan di sekitar mata dan mulut. Penyebab pasti dari kondisi kulit ini masih belum diketahui.

10 Cara Alami Mengatasi Bercak Putih Pada Kulit
Para ahli percaya bahwa hal itu bisa menjadi gangguan autoimun di mana sistem kekebalan tubuh sendiri menyerang melanosit atau sel yang memproduksi melanin. Penyebab lain yang dapat berkontribusi untuk masalah ini adalah kecenderungan genetik, overexposure ke sinar matahari, stres yang berlebihan, dan kekurangan vitamin B12.

Bercak putih pada kulit juga bisa disebabkan oleh infeksi jamur superfisial seperti panu, eksim, psoriasis, atau kondisi kulit lainnya. Terlepas dari penyebabnya, masalah ini cenderung membuat timbulnya rasa malu dan bisa membunuh rasa percaya diri Anda.

Tapi jangan berkecil hati karena ada beberapa pengobatan alami yang bisa Anda coba di rumah untuk menangani masalah ini. Berikut adalah 10 bahan untuk menyingkirkan bercak putih pada kulit yang disebut vitiligo. Di samping itu, konsultasikan dengan dokter untuk diagnosis yang tepat dan pengobatan.

10 Bahan Alami Mengatasi Penyakit Vitiligo

  • Babchi

Babchi atau Psoralea corylifolia dianggap sebagai obat efektif untuk hipopigmentasi. komponen aktif membantu mengurangi bercak putih pada kulit. Ia juga memiliki sifat antipsoriatik yang membantu mengobati psoriasis.

  • Ginkgo biloba

Penelitian menunjukkan bahwa ginkgo biloba dapat membantu mengobati vitiligo karena antioksidan dan sifat imunomodulator. Hal ini dapat membantu mengurangi perkembangan penyakit dan juga menginduksi repigmentation.

  • Minyak kelapa 

Minyak kelapa menenangkan kulit dan menyembuhkan peradangan kronis. Ini membantu dalam pengobatan vitiligo karena mempromosikan repigmentation kulit. Plus, ia memiliki antijamur dan antibakteri manfaat.

  • Jahe

Menurut pengobatan Cina, jahe dapat digunakan sebagai obat alami yang sangat baik untuk vitiligo. Meningkatkan sirkulasi darah dan membantu dengan produksi melanin.

  • Zat tembaga

Tembaga diyakini membantu dalam produksi melanin. Hal ini diyakini bahwa tembaga diperlukan oleh tirosinase enzim yang pada gilirannya diperlukan untuk sintesis pigmen melanin dari tirosin.

  • Tanah liat

Tanah liat juga memiliki kandungan tembaga yang tinggi yang dapat membantu memulihkan pigmen kulit dan menyingkirkan bercak putih.

  • Biji lobak

Terapkan pasta dari biji lobak dan cuka pada kulot vitiligo. Biji lobak adalah salah satu obat alami yang populer untuk bercak putih pada kulit yang disebabkan oleh vitiligo atau leukoderma.

  • Cuka sari apel

Sifat antimikroba dari cuka sari apel dapat menghancurkan jamur yang dapat menyebabkan bercak putih pada kulit Anda. Hal ini juga diyakini untuk membantu dengan asam lambung rendah yang terkait dengan vitiligo.

  • Kunyit

Kunyit merupakan bahan yang dapat digunakan untuk menyingkirkan bercak kulit putih. Campuran kunyit dan mustard oil dianggap sangat bermanfaat dalam hal ini.

  • Daun nimba

Daun nimba sangat baik untuk mengobati masalah kulit. Bahan ini juga diyakini untuk membantu memulihkan pigmentasi kulit. Ketika diminum, ia juga bekerja sebagai pembersih darah yang baik dan penguat kekebalan tubuh.

Baca juga:

(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • Cara menghilangkan hipo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *