10 Cara Alami Mengatasi Telapak Tangan dan Kaki Sering Berkeringat

by

Pernahkah Anda merasa takut berjabat tangan orang lain karena telapak tangan Anda berkeringat? Apakah Anda malu dengan bau kaki Anda karena kelebihan keringat?

Jika Anda saat ini sedang mengalami gejala-gejala tersebut, Anda tidak sendirian. Banyak orang mengalami kondisi dimana telapak tangan dan kaki berkeringat secara berlebihan. Keringat berlebihan terjadi ketika Anda berkeringat lebih dari yang Anda harapkan karena suhu sekitarnya atau tingkat aktivitas atau stres.

10 Cara Alami Mengatasi Telapak Tangan dan Kaki Sering Berkeringat

Dalam istilah medis, keringat berlebihan dikenal sebagai hiperhidrosis. Kondisi ini dapat mempengaruhi setiap bagian dari tubuh, tetapi daerah yang paling umum adalah telapak tangan, telapak kaki, ketiak, dan wajah.

Kondisi ini sering dikaitkan dengan kecenderungan genetik karena kebanyakan pasien memiliki saudara atau orangtua juga menderita kondisi yang sama. Penyebab yang mendasari berkeringat ekstrim adalah aktivitas yang berlebihan dari saraf yang memicu kelenjar keringat.

Banyak asumsi yang beredar kalau orang yang mengalami telapak tangan basah mengidap penyakit jantung atau jantung lemah. Padahal anggapan tersebut belum tentu benar. Telapak tangan dan kaki berkeringat bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kelainan kelenjar keringat, kelainan saraf, kelainan pembuluh darah, atau stres psikologis.

Selain itu, kondisi ini juga dapat dipicu oleh obat-obatan tertentu, menopaus, obesitas, penyalahgunaan zat, gula darah rendah, tiroid yang terlalu aktif, serangan jantung atau penyakit menular seperti malaria atau TB.

Untuk mengurangi keluarnya keringat berlebih di tangan, Anda dapat melakukannya dengan menghindari stress, menghindari konsumsi alkohol, serta menjaga pola hidup sehat, seperti berolahraga teratur, makan banyak buah dan sayur.

Kekurangan gizi serta diet yang tidak sehat dan gaya hidup yang tidak higienis dapat berkontribusi untuk berkeringat berlebihan. Berikut adalah 10 bahan yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi telapak tangan dan kaki yang berkeringat.

10 Bahan Alami Mengurangi Tangan & Kaki Berkeringat

 

  • Cuka sari apel

Salah satu pengobatan rumah yang paling efektif untuk menangani telapak tangan dan kaki berkeringat adalah cuka sari apel. Ia memiliki sifat astringent alami yang membantu mengontrol keringat berlebihan dengan menjaga pori-pori. Juga, ketika diambil secara internal, cuka sari apel membantu menyeimbangkan tingkat pH tubuh.

  • Tepung jagung

Obat lain untuk menangani hiperhidrosis adalah tepung jagung. Ia bekerja sebagai antiperspirant alami, yang membantu menyerap kelembaban dan menetralisir bau yang tidak menyenangkan.

  • Lemon

Lemon adalah satu lagi obat rumah sederhana dan tersedia untuk mengobati tangan berkeringat serta kaki. Ia bekerja sebagai deodoran alami.

  • Asam tannic

Sifat astringent dan antiperspirant di asam tannic membantu mengendalikan keringat berlebihan. Asam tannic mampu menutup pori-pori, yang menghambat keringat berlebih. Hal ini dapat dengan aman diterapkan ke seluruh area tubuh yang rentan terhadap keringat berlebihan.

  • Tomat

Sifat pendinginan tomat juga dapat membantu mengendalikan masalah tangan berkeringat dan telapak tangan. Menjadi astringent alami, tomat membantu mengecilkan pori-pori dan memblokir saluran yang mengeluarkan keringat. Bahkan minum jus tomat dapat membantu menurunkan suhu tubuh, yang pada gilirannya akan mengurangi keringat.

  • Arang aktif

Anda juga dapat mencoba arang aktif untuk menangani masalah tangan dan kaki berkeringat. Arang aktif dapat menyerap uap air dari tubuh, sehingga mencegah keringat berlebihan.

  • Teh hitam

Teh hitam biasa yang sering Anda minum di pagi hari juga merupakan obat yang efektif untuk hiperhidrosis. Teh hitam kaya tannin yang memiliki kualitas astringent. Ini berarti secara efektif dapat memblokir pori-pori dan mencegah kelebihan keringat dari merembes keluar.

  • Tea tree oil

Tea tree oil adalah obat lain yang efektif untuk hiperhidrosis. Hal ini membantu dalam mengendalikan keringat berlebihan karena properti alami zat. Plus, sifat antijamur dapat mengurangi risiko infeksi jamur yang disebabkan oleh terlalu banyak kelembaban.

  • Sage

Sage obat kuno untuk mengobati tangan berkeringat. Ini membantu mengeringkan kelebihan minyak dan mencegah keringat berlebihan. Plus, teh sage kaya akan vitamin B dan magnesium, yang membantu mengurangi aktivitas yang berlebihan pada kelenjar keringat.

  • Makan makanan yang kaya magnesium

Salah satu penyebab telapak tangan dan kaki berkeringat adalah kekurangan magnesium dalam tubuh. Magnesium membantu mengendalikan aktivitas kelenjar keringat untuk mencegah keringat berlebihan. Dan juga menetralisir bahan kimia penghasil bau.

Baca juga:

(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • cara mengatasi tangan yang sering basah
  • menekan telapak tangan untuk tekanan darah rendah
  • cara mengobati kaki basah
  • obat alami telapak tangan basah
  • obat untuk tangan berkeringat
  • PENYEBAB DAN CARA MENANGANI TANGAN BASAH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *