10 Cara Alami Mengobati Alergi Kulit Biduran

by

Urtikaria yang disebut juga sebagai gatal-gatal atau biduran, adalah gangguan kulit yang umum disebabkan oleh reaksi alergi dan non-alergi. Karena reaksi, kulit atau jaringan merilis histamin atau zat kimia ke dalam aliran darah. Urtikaria dapat akut atau kronis, menunjukkan gejala selama beberapa minggu sampai beberapa bulan.

10 Cara Alami Mengobati Alergi Kulit Biduran
Ketika Anda menekan pusat benjolan merah, ternyata isinya berwarna putih (blanching). Ada juga mungkin gatal serta terbakar atau sensasi menyengat. Meskipun tidak umum, ada gejala tambahan termasuk demam, kelelahan, masalah pencernaan dan nyeri otot. Gejala dapat muncul pada area tubuh dan biasanya muncul tiba-tiba. Namun, mereka tidak memar atau meninggalkan bekas apapun.

Beberapa pemicu umum termasuk makanan alergi (kacang, telur, kacang-kacangan dan kerang), obat-obatan tertentu, sengatan serangga atau gigitan kutu, paparan suhu panas atau dingin yang tiba-tiba, paparan sinar matahari, transfusi darah, infeksi bakteri atau virus, bulu hewan peliharaan, serbuk sari dan kontak dengan tanaman beracun.

Terlalu banyak menggaruk, minuman beralkohol, olahraga dan stres emosional dapat memperburuk gejala. Untuk mengobati dan mengelola gejala biduran atau urtikaria, Anda dapat bergantung pada beberapa solusi rumahan yang efektif. Ikuti obat sampai kondisi Anda membaik.

Namun, jika gejala berlangsung lebih dari satu bulan atau kambuh dari waktu ke waktu, maka hubungi dokter. Berikut adalah 10 bahan alami mengobati alergi kulit biduran.

10 Bahan Alami Menyembuhkan Biduran

  • Kompres dingin

Sebuah kompres dingin dapat bermanfaat dalam mengurangi gejala biduran alias urtikaria. Suhu dingin membantu mengecilkan pembuluh darah dan memblokir rilisan lanjut histamin, yang pada gilirannya mengurangi gatal, pembengkakan dan sensasi terbakar.

  • Cuka sari apel

Cuka sari apel adalah obat lain yang efektif karena antihistamin dan sifat obat lainnya. Selain itu dapat membantu melawan infeksi bakteri atau virus yang dapat menyebabkan atau memperburuk masalah.

  • Baking soda

Baking soda membantu meringankan gatal dan peradangan yang terkait dengan gatal-gatal seperti alergi biduran. Selain itu, mencegah iritasi lebih lanjut.

  • Oatmeal

Oatmeal mengandung sifat anti-iritasi, anti-inflamasi dan menenangkan yang dapat mengurangi rasa gatal dan bengkak. Ia bahkan bisa membantu menyembuhkan kulit Anda dengan cepat.

  • Lidah buaya

Lidah buaya adalah obat lain yang efektif karena sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang ada di daging buahnya tersebut, salah satunya alergi biduran. Gel lidah buaya membantu mengurangi kemerahan, bengkak dan gatal ketika dioleskan. Selain itu, sangat menenangkan pada kulit.

  • Kemangi

Properti antihistamin alami kemangi membuat ramuan ini merupakan pengobatan yang efektif untuk gatal-gatal akut seperti biduran. Hal ini dapat memerangi gatal serta mengurangi pembengkakan dan sensasi terbakar.

  • Daun mint

Tanaman ini juga berguna dalam mengurangi gejala urtikaria karena anti-inflamasi, antiseptik, analgesik dan menenangkan.

  • Licorice

Licorice juga efektif dalam mengelola gejala gatal-gatal karena biduran. Tanaman ini memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi pembengkakan dan gatal-gatal. Selain itu, memiliki sifat stimulan kekebalan yang akan membantu tubuh Anda melawan reaksi dengan cepat.

  • Kunyit

Kunyit adalah pilihan lain pengobatan yang baik untuk biduran. Rempah-rempah ini memiliki anti-inflamasi, antihistamin dan sifat antioksidan yang dapat membantu mengobati banyak gejala gatal-gatal kronis. Bahkan dapat mencegah kekambuhan.

  • Tawas

Tawas memiliki sifat astringent dan antiseptik yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Selain itu, tawas juga dapat mencegah infeksi.

Baca juga:

(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • alergi angin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *