10 Cara Alami Mengobati Bisul Kista Pilonidal

by

Kista pilonidal adalah jenis infeksi kulit kronis yang terjadi di wilayah lipatan bokong. Kista berkembang sebagai reaksi terhadap tumbunyah rambut atau rambut yang tertanam di kulit. Sedangkan penyebab pasti dari kista pilonidal tidak diketahui. Para ahli percaya bahwa mereka disebabkan oleh rambut longgar yang menembus kulit.

10 Cara Alami Mengobati Bisul Kista Pilonidal
Tubuh menganggap rambut ini zat asing dan respon kekebalan terhadap itu mengarah pada pembentukan kista di sekitar rambut. Setiap trauma pada daerah bokong juga dapat berkontribusi terhadap perkembangan kista pilonidal.

Awalnya, ada lesung, seperti depresi kecil di permukaan kulit. Namun, sekali terinfeksi, depresi akan berkembang menjadi massa bengkak. Ini bisa menjadi kantung tertutup berisi cairan atau abses di mana nanah terkumpul.

Tanda-tanda dan gejala lain termasuk rasa sakit dan ketidaknyamanan ketika duduk atau berdiri, kulit yang meradang, drainase nanah atau darah dari lubang di kulit, dan bau dari nanah. Jika infeksi parah, ada juga mungkin gejala demam, malaise atau mual. Jenis infeksi kulit ini lebih sering terjadi pada pria daripada wanita.

Risiko ini lebih tinggi pada orang gemuk dan mereka dengan rambut tubuh yang berlebihan serta rambut tubuh tebal atau kasar. Gaya hidup yang tidak aktif atau pekerjaan yang membutuhkan lama duduk juga meningkatkan risiko. Berikut adalah 10 solusi alami untuk mengatasi kista pilonidal.

10 Bahan Alami Menghilangkan Kista Pilonidal

  • Kompres hangat

Untuk mendapatkan bantuan dari sakit yang parah, kompres hangat pada daerah yang terkena sangat efektif. Kompres hangat juga akan membantu cairan dan nanah terkumpul dalam kista, agar cepat dialirkan dan proses penyembuhan akan dimulai.

  • Tea tree oil

Tea tree oil adalah obat yang sangat efektif untuk masalah yang menyakitkan ini. Minyak ini memiliki sifat penyembuhan dan kekuatan kuratif dalam bentuk antibakteri, antijamur dan anti-inflamasi, yang dapat menjaga infeksi pada kult bokong. Plus, minyak menembus jauh ke dalam kulit, mempromosikan penyembuhan lebih cepat.

  • Cuka sari apel

Menggunakan cuka sari apel juga dapat membantu mengobati kista pilonidal. Properti anti-inflamasi membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan. Selain itu, sifat antiseptik dan antibakteri dari cuka sari apel mencegah pertumbuhan bakteri yang dapat memicu infeksi lebih lanjut dan mempercepat proses penyembuhan.

  • Garam epsom

Garam epsom dapat memberikan bantuan dari penderitaan kista pilonidal. Ini memiliki beberapa sifat penyembuhan yang akan membantu mengurangi dan menyembuhkan kista sangat cepat. Magnesium sulfat di dalamnya dapat membantu pengusiran nanah dari kista.

  • Minyak jarak

Minyak jarak memiliki sifat anti-inflamasi yang tinggi yang membantu mengurangi rasa sakit dan mengurangi peradangan yang terkait dengan kista pilonidal. Hal ini juga akan mempromosikan penyembuhan lebih cepat.

  • Bawang putih

Bawang putih adalah obat alami yang efektif untuk kista pilonidal, berkat sifat antibiotik dan anti jamur ampuhnya. Ketika diambil secara internal, juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi dan mempercepat penyembuhan.

  • Lidah buaya

Untuk merangsang penyembuhan dan mengurangi rasa sakit dan pembengkakan, lidah buaya sangat efektif. Anti-inflamasi dan antibakteri dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan dan mempercepat penyembuhan kista pilonidal.

  • Kunyit

Kunyit adalah perawatan lain di rumah yang sangat efektif untuk kista pilonidal. Senyawa kurkumin dalam hal itu menunjukkan properti anti-inflamasi yang mengurangi peradangan dan nyeri. Plus, properti antiseptik kunyit membantu mencegah dan mengobati infeksi.

  • Teh hitam

Properti asam teh hitam mencegah kista ini semakin parah dan membantu menjaga infeksi di tempat terjadinya kista. Sifat anti-inflamasi teh juga memberikan bantuan dari rasa sakit dan pembengkakan.

  • Daun nimba

Anda dapat menggunakan lilac India, juga dikenal sebagai nimba, untuk mengobati masalah ini. Karena kualitas antiseptik dan antibakteri alami, nimba dapat mempromosikan penyembuhan dan menjaga infeksi di tempat terjadinya kista.

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *